Tempatnya Ilmu Internet

10 Cara Hemat baterai iPhone yang Boros Untuk Semua Jenis iPhone !

Sebagai salah satu smartphone populer, terkadang iPhone memiliki keluhan dari para penggunanya karena baterainya yang boros. Padahal borosnya baterai bukan semata – mata karena faktor perangkat saja, namun juga faktor penggunaan. Maka dari itu perlu tahu cara menggunakan iphone yang baik agar bisa hemat baterai iPhone yang dinilai boros tersebut. Adapun cara hemat baterai iphone yang boros bisa anda lakukan sendiri dengan menggunakan fitur iphone “sesuai dengan porsinya”.

Melalui tulisan ini kami akan membahas mengenai beberapa cara hemat baterai iPhone yang boros. Perlu diketahui anda tidak harus melakukan semua cara yang kami berikan. Anda hanya perlu menggunakan cara yang dirasa perlu dan tidak mengganggu penggunaan iPhone anda seperti biasanya.

Cara Hemat baterai iPhone yang Boros Untuk Semua Jenis iPhone

Berikut adalah beberapa cara hemat baterai iphone boros yang dapat anda lakukan sendiri.

  1. Matikan WiFi iPhone

Anda dapat mematikan WiFi bila tidak diperlukan. Misalnya saja anda sedang menggunakan paket data seluler tanpa Wifi, tujuannya agar hemat baterai.

  1. Sesuaikan atau Matikan Penggunaan Data Seluler

Anda bisa mematikan data seluler pada beberapa aplikasi yang menggunakan data seluler. Contohnya pada aplikasi photos  dan iTunes. Anda bisa matikan fasilitas Photo Stream atau posisikan data seluler dalam posisi  off, agar hanya download foto lewat jaringan Wifi Saja. Hal ini juga berlaku untuk iTune, anda juga bisa atur data selular dalam posisi off bila tidak digunakan.

  1. Matikan Mode Jaringan 4G/LTE (Bila diperlukan)

Sesuaikan jaringan anda baik tempat maupun paket data untuk tidak dalam posisi 4G terus menerus. Caranya adalah dengan mematikan LTE di iPhone anda apabila tidak ada sinyal 4G atau tidak sedang memiliki paket 4G. Penghematan baterai bisa dilakukan dengan menonaktifkan 4G yang dikenal boros baterai. Namun jika di tempat anda mundukung sinyal 4G dan tidak masalah dengan efek baterai yang agak cepat habis, maka membiarkan fitur ini berfungsipun ndak masalah.

Adapun cara untuk mematikan 4G di iphone, anda perlu buka Settings, Pilih Cellular -> Cellular Data Options -> Voice & Data Kemudian pilih mode 3G.

  1. Sesuaikan Penggunaan GPS Pada Aplikasi

Anda bisa mengatur penggunaan GPS dengan mengatur melalui Settings -> Privacy -> Location Services. Lihat pada daftar aplikasi dan pilih mode While Using. Dengan mode tersebut iPhone hanya menggunakan GPS saat aplikasi tersebut dibuka.

cara hemat baterai iphone yang boros

Anda memang terkadang harus mengatur aplikasi ini karena secara default beberapa aplikasi menggunakan GPS secara aktif terus menerus. Biasanya pada pengaturan aplikasi, mode GPS yang dipakai adalah mode always, maka anda perlu mengubahnya ke While Using. Hal ini agar GPS tidak dipakai secara background dan memboroskan baterai.

  1. Mematikan Fungsi Auto Brightness

Anda bisa mematikan fungsi ini sebagai cara hemat baterai iPhone. Hal ini karena auto brightness terkadang memberikan level cahaya layar yang berlebihan dari yang diperlukan dan tidak sesuai kondisi.

Anda bisa mematikan fungsi auto brightness dengan memilih menu Settings, pilih General –> accessibility –> Display accomodations –> kemudian buka Auto Brightness dan lakukan switch off. Setelah itu anda bisa mengatur brightness melalui control center secara manual.

Meski anda telah mematikan fungsi autor brightness tidak menjamin baterai iPhone anda menjadi lebih hemat, hal ini juga kembali tergantung pada anda dalam mengatur manual brightness dari perangkat iPhone anda.

  1. Nonaktifkan Personal Hotspot Bila Tidak Diperlukan Lagi

Selain WiFi iphone yang perlu dinonaktifkan ketika tidak perlu, anda juga bisa mematikan personal hotspot bila sudah tidak digunakan. Terkadang pengguna iPhone lupa mematikan personal hotspot ini setelah digunakan yang membuat baterai iPhone menjadi boros.

Untuk mematikan personal hotspot anda bisa buka Settings –> pilih Personal hotspot  lalu lakukan switch off untuk mematikannya.

  1. Matikan Getar (Vibrate)

Anda bisa mematikan getar atau vibrate yang dirasa tidak penting untuk digunakan. Untuk mematikannya anda buka Settings –> Sound & Haptic, lalu anda dapat matikan getar dengan pilihan Vibrate on ring. Dengan menggunakan mode ini, anda bisa mengetahui telepon atau notifikasi melalui peringatan suara saja. Dengan mengurangi atau mematikan vibrate  bisa membuat hemat baterai iPhone anda yang boros.

  1. Matikan Siri Bila Tidak Digunakan

Matikan Siri bila tidak  digunakan, hal ini perlu dilakukan untuk hemat baterai. Mematikan Siri bermanfaat bagi pengguna iPhone yang jarang membutuhkan asistensi dari Siri.

Untuk Mematikan Siri, buka  Settings > Siri and Search > matikan fitur Hey Siri. Selain itu anda perlu nonaktifkan Press home for Siri jika jarang sekali memakai Siri dalam penggunaan harian iPhone anda.

  1. Matikan Airdrop Saat Tidak Digunakan

Anda bisa mematikan airdrop bila tidak gunakan. Airdrop yang aktif memaksa  iPhone mencari perangkat Apple lainnya agar terkoneksi terhubung, tentu hal ini bisa memboroskan baterai bila tidak diperlukan.

Untuk mematikan Airdrop, buka Action Center, kemudaian pilih Receiving Off pada Airdrop untuk mematikan fungsi tersebut.

  1. Nonaktifkan Background App Refresh

Background App refresh adalah salah satu fitur iPhone yang mengatur otomatis refresh pada  konten aplikasi dengan metode background. Meski tujuan dan fungsi dari Background App refresh ini  bermanfaat untuk membuat konten baru di aplikasi terus terupdate dan siap digunakan, namun akan memboroskan baterai.

Fitur ini memang tidak disarankan bagi pengguna yang mencari keawetan baterai pada iPhone. Maka dari itu sebaiknya  anda nonaktifkan Background App Refresh, atau diatur untuk beberapa aplikasi yang dibutuhkan saat itu.

Untuk menonaktifkan fitur ini, anda hanya perlu buka Settings, pilih General -> Background App Refresh, Pilih pilihan Off untuk mematikan fitur secara penuh. Anda juga bisa mematikan hanya untuk beberapa aplikasi yang jarang kamu gunakan.

  1. Mengurangi Notifikasi (Bila diperlukan)

Anda bisa mengurangi penggunaan notifikasi dengan cara mematikan notif untuk tiap aplikasi di iphone yang tidak perlu.  Caranya adalah pada menu Settings –> Notifications kemudian pilih untuk  nonaktifkan notifikasi bagi aplikasi yang tidak perlu misalnya Home, Cloud, dll.

  1. Nonaktifkan Analytics

Analytics merupakan fungsi dari iPhone yang akan mengirimkan data analytics ke Apple ataupun Developer dengan tujuan peningkatan pelayanan. Tentu karena terus menerus mengirim data, maka akan membuat baterai iPhone anda boros.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menonaktifkan analytics dengan membuka Settings –> Privacy –> kemudian pilih analytics. Lakukan switch off untuk seluruh data analytics agar mengurangi aktivitas transfer data dan tentunya untuk menghemat baterai.

  1. Aktifkan Low-Power Mode (Bila diperlukan)

Bila sekiranya anda membutuhkan baterai yang super hemat dan tidak memungkinkan untuk bisa mengisi daya baterai (ngecas) anda bisa mengaktifkan low-power mode. Tentunya dengan aktifnya mode ini akan membuat iPhone akan mematikan beberapa fungsi utama namun secara langsung akan menghemat baterai agar tidak boros.

Anda bisa mengaktifkan mode ini dengan membuka Settings –> pilih Battery lalu  aktifkan Low-power mode.

Sebenarnya masih banyak tips-tips dan cara hemat baterai iphone lain yang bisa anda lakukan untuk menghemat baterai iPhone. Namun kami rasa cara di atas sudah cukup untuk membuat hemat baterai iPhone anda. Semoga tulisan kami bermanfaat, sekian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.