Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Ciri – Ciri Baterai iPhone Yang Bocor dan Harus Segera Diganti

ciri - ciri baterai iphone yang bocor

Bagi para pengguna iphone tentu menginginkan iPhone dengan daya baterai yang awet agar sesuai dengan harga yang dibayarkan. Tentu dengan baterai iphone yang tidaklah murah akan sebanding dengan daya baterai yang dimiliki. Namun tidak sedikit kasus mengenai baterai iPhone bocor dalam hal ini kapasitas baterai iphone yang berkurang dan rusak karena beberapa faktor yang terjadi. Jika sudah rusak, terpaksa harus diperbaiki dan tidak mengeluarkan biaya yang sedikit. Lalu bagaimana ciri – ciri baterai iphone yang bocor dan harus segera diganti ? apa solusi termudahnya untuk mengatasi kasus seperti ini.

Agar anda terhindar dari hal tersebut, anda juga harus tahu mengenai ciri – ciri baterai iphone yang bocor, terlebih mencari tahu penyebab dari kondisi tersebut. Biasanya jika sudah bocor iPhone anda akan terasa lama saat charge lama namun daya tidak terisi. Ada juga ciri lain yang menyebabkan hal ini terjadi, tentu anda harus menghindari sebelum terjadi kerusakan.

Selain mengetahui mengenai ciri – ciri baterai iPhone yang bocor, anda juga perlu mencari tahu beberapa penyebab kerusakan pada baterai iphone anda agar tidak terhindar dari kerusakan. Hal ini karena perangkat baru atau sebuah baterai baru tidak mengalami kerusakan bagi pemiliknya. Selain itu langkah – langkah apa yang harus diambil apabila terjadi hal tersebut anda juga harus mengetahuinya.

Maka dari itu, melalui tulisan ini kami memberikan informasi mengenai ciri – ciri baterai iPhone bocor dan juga sebab terjadinya hal tersebut. Hal ini agar iPhone anda terhindar dari kerusakan dan membuat anda harus keluar uang untuk membayar kerusakan baterainya.

Ciri – Ciri Baterai iPhone Bocor dan Harus di Ganti

Pada beberapa kasus atau masalah pada iPhone, terutama baterainya yang mengalami masalah sering terjadi disebabkan penggunaan yang sudah lama dan faktor lainnya. Maka tidak ada salahnya jika anda mengetahui ciri – ciri dari baterai iPhone yang bocor ini.

Akan tetapi memahami ciri – ciri tersebut hanya secara umum karena kita sebagai orang awam tentu kesulitan untuk mengidentifikasi menengai kerusakan baterai iPhone secara expert. Meski begitu, bagi anda pemilik iPhone bisa memahami beberapa ciri baterai iphone yang bocor dan harus di ganti dari beberapa hal berikut ini :

1. Presentase Baterai iPhone Mudah Habis

Untuk memahami ciri – ciri baterai iPhone bocor atau tidak anda perlu untuk memeriksa  presentase atau level baterai iPhone yang dimiliki. Bila didapati tingkat baterai yang normal baik saat digunakan atau tidak maka dipastikan aman.

ciri - ciri baterai iphone yang bocor

Namun jika presentase baterai berkurang drastis dalam waktu yang tidak normal padahal pemakaian wajar dapat disimpulkan bahwa itu merupakan ciri-ciri baterai iPhone yang bocor dan mengalami kerusakan. Anda selaku pengguna tentu harus waspada terhadap hal ini apabila tidak ingin hal buruk menimpa baterai iPhone anda.

2. Indikator Baterai Berubah Tidak Normal

Hal ini masih berhubungan dengan poin pertama. Baterai habis pada iPhone memang merupakan hal normal karena beragam faktor. Jadi anda tidak bisa melihat secara pasti apakah baterai habis karena rusak atau memang kondisi normal.

Apabila kerusakan pada baterai telah terjadi, anda bisa cek kerusakan langsung dengan melihat indikator baterai iPhone. Jika terlihat indikator mengalami kenaikan / penurunan presentase baterai yang aneh, dapat dipastikan baterai iPhone anda mengalami kebocoran.

Anda bisa mengatasi hal ini sementara dengan melakukan kalibrasi baterai, namun hanya untuk melihat akurasi presentase baterai bukan untuk memperbaiki baterai. Bila sudah dikalibrasi tidak ada perubaham, bisa dipastikan baterai iPhone anda bermasalah.

3. Baterai iPhone Yang Mengembang

Setiap orang pasti memiliki kebiasan buruk dalam menggunakan iPhone. Misalnya saja mengisi daya ponsel atau mencharge iphone selama semalam penuh atau menggunakan saat dicharge. Dengan melakukan tindakan tersebut bisa menjadi faktor yang bisa membuat baterai iPhone anda mengembang dan akhirnya bocor dan rusak.

Sangat tidak disarankan mengisi daya baterai sampai penuh namun tidak dilepas chargernya. Hal ini karena baterai yang sudah penuh namun tidak dicabut chargernya akan membahayakan ponsel itu sendiri dan juga para pemiliknya. Hal ini karena selain akan membuat kebocoran pada baterai juga bisa mengakibatkan hal lain yang berbahaya misalnya saja meledak tiba – tiba. Bila anda sudah melihat hal ini sebaiknya lakukan tindakan pencegahan secepatnya.

Lihat juga :

4. Baterai Tidak Bisa Dicharge

Bila sekiranya pada iPhone anda tidak bisa di charge atau not charging kemungkinan besar sudah terjadi bocor pada baterai iPhone anda. Hal ini sebenarnya terjadi karena  baterai iPhone sudah tidak dapat menampung daya dan tak bisa digunakan lagi.

Meski begitu, hal ini jangan langsung dilihat sebagai kerusakan baterai.  Ada faktor lain yang bisa membuat hal itu terjadi, misalnya charger bermasalah sehingga membuat baterai tidak di-charge secara benar, yaitu dibawah normal. Anda bisa mengganti charger bila ini terjadi. Namun jika sudah ganti charger tidak ada perubahan, maka dipastikan ini merupakan baterai iPhone yang bocor.

5. iPhone Sering Mati Tiba – Tiba

Kejadian ini sebenarnya terjadi bukan hanya di iPhone saja, melainkan di perangkat elektronik yang memakai baterai seperti laptop, android, dsb.  Untuk  iPhone yang tiba – tiba mati mendadak karena kehabisan daya baterai padahal sudah dicharge dengan benar dan digunakan secara normal anda harus mewaspadai karena bisa dibilang itu salah satu ciri baterai iPhone yang bocor.

Ketika smartphone atau iPhone tiba – tiba mati mendadak sudah dipastikan itu bisa merupakan masalah baterai, karena kalau normal pasti akan ada pemberitahuan terlebih dulu. Anda harus segera cek ponsel anda atau membawanya ke service center bila hal ini terjadi terus menerus.

6. Kondisi Voltase Baterai dan Arus Listrik yang Tidak Normal

Ciri dari baterai yang iPhone baik adalah tegangan dan arus listrik pada baterai iPhone yang normal tiap harinya. Biasanya di baterai iPhone memiliki tegangan listrik sekitar 4 hingga 5 Volt.

Apabila terjadi baterai bocor pada iPhone tentu  tegangan biasanya di atas normal atau dibawahnya. Jika tegangan baterai sudah tidak normal, maka dipastikan baterai iPhone bocor dan harus diganti. Untuk yang satu ini sebaiknya anda membawanya ke service center terdekat untuk memeriksa kondisi ini.

Demikian tulisan kami mengenai ciri – ciri baterai iphone yang bocor dan harus diganti. Semoga informasi dari kami bisa bermanfaat, menambah wawasan dan ilmu anda. dan bagi anda selaku pengguna dari iPhone agar dapat merawat perangkat anda dengan benar. Sekian dan terima kasih.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *