Tempatnya Ilmu Internet

7 Cara Menghilangkan Iklan Pop Up di Hp Android

Kebanyakan hp android saat ini menggunakan internet sebagai salah satu elemen penting dalam perangkatnya. Dalam android, internet berfungsi banyak untuk melakukan browsing, mengakses aplikasi, game, dan kegiatan lainnya. Disinilah terkadang dengan keberadaan internet dan beberapa aplikasi membuat hal buruk sering terjadi pada pengguna android. Salah satunya adalah munculnya iklan pop up di hp android tiba – tiba tanpa pemberitahuan. Jika sudah seperti itu untuk mengatasinya, maka anda harus tahu cara menghilangkan iklan pop up di hp android yang anda punya.

Tentunya dengan kemunculan iklan pop up di hp android akan sangat mengganggu anda. Meski secara normal iklan akan muncul ketika memasang aplikasi bersifat freeware, namun terkadang ada yang tetap muncul bahkan tanpa kita menginstall aplikasi apapun. Hal ini tentu mengganggu anda.

Penyeyab Iklan Pop Up Muncul di Hp Android

penyebab munculnya iklan pop up iklan di hp android

Iklan Pop Up atau memiliki nama lain bernama adware merupakan satu program atau aplikasi yang mengganggu keseharian anda. Tentu saja munculnya iklan Pop Up ini bukan karena kesengajaan, namun karena ada serangan dari luar handphone anda yang tak sengaja masuk. Kami telah merangkum beberapa kejadian iklan popup muncul di hp android ada pada beberapa kejadian berikut.

  • Ketika membuka aplikasi biasa seperti WhatsApp, Instagram, Facebook, SMS dan sejenisnya
  • Muncul iklan PopUp saat berada di home-screen Android
  • Saat Android sedang mode sleep
  • Ketika  membuka Android Gallery atau music
  • Saat browsing, dll.

Jika anda pernah mengalami hal tersebut, bisa dipastikan itu berasal dari adware yang menyerang android anda, dan anda perlu melakukan tindakan segera.

Lihat juga : 

Cara Menghilangkan Iklan Pop Up di Hp Android

cara menghilangkan iklan pop up iklan di hp android

Jika keberadaan iklan Pop Up sudah meresahkan android anda, anda perlu melakukan beberapa cara untuk menghilangkan iklan pop up di hp android anda. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan iklan pop up di hp android dan juga mencegah agar kedepannya tidak terjadi hal yang sama pada android anda. Kami sudah merangkum dalam 7 cara berikut.

  1. Menggunakan Aplikasi Dr. Web Security Space.

Anda bisa menghilangkan iklan pop-up di hp android dengan memasang aplikasi kemudian melakukan scanning dengan bantuan anti virus bernama Dr.Web Security Space. Aplikasi ini memiliki bisa didownload secara gratis melalui Google Play Store. Dengan menggunakan aplikasi ini, iklan pop-up di hp Android bisa dibersihkan dengan cepat, meski menggunakan versi gratisnya saja.

  1. Aktifkan fitur Google Play Protect.

Play Protect merupakan salah satu fitur perlindungan dari Google yang terpasang untuk melindungi dan memindai tiap aplikasi yang terdaftar di Google Play Store sebelum aplikasi tersebut terpasang di hp Android pengguna. Biasanya dengan Play Protect saja, berbagai jenis malware bisa ditangani bahkan sebelum menyerang.

Play Protect memiliki sistem perlindungan yang hampir sama dengan anti virus hp pada umumnya. Yang membedakan adalah jika antivirus bekerja melindungi perangkat,  sementara Play Protect bekerja melindungi aplikasi dengan memindainya sebelum terinstall pada hp Android anda.

Untuk proses aktivasi cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke Google Play Store dan kemudian pilih menu Play Protect. Lalu anda bisa aktifkan pilihan “Scan device for security threats” dan “Improve harmful app detection”. Biasanya secara default fitur ini sudah aktif tanpa pengaturan khusus dari pengguna.

  1. Matikan Notfifikasi Pada Google Chrome.

Google Chrome sebagai browser bawaan android juga bisa menjadi celah bagi iklan Pop Up muncul di hp android anda. Agar tidak terjadi, anda bisa mematikan notifkasi, terutama pop up di Google Chrome yang dapat menghilangkan iklan pop up di android, terutama pada saat anda sedang Browsing.

Untuk mematikan notifikasi, anda hanya perlu buka aplikasi Chrome.  Lalu anda pilih menu Settings atau pengaturan. Pada menu settings pilih Site settings, kemudian pilih bagian Notifications, lalu nonaktifkan Notifications.

  1. Hapus Aplikasi Yang Berpotensi Mengandung Iklan Pop Up

Anda bisa menyeleksi dan menghapus beberapa aplikasi android yang sekiranya dapat membuat anda mendapatkan banyak iklan pop up yang mengganggu. Anda harus melakukan cek pada aplikasi yang telah dipasang. Jika memang aplikasi tersebut tidak diperlukan ada baiknya dihapus.

Untuk menghapus aplikasi anda bisa membuka Google Play Store, lalu pilih My apps & games. Pilih tab tab Library, lalu sortir aplikasi berdasarkan Recent atau kondisi baru terpasang. 

Setelah aplikasi terlihat, anda bisa melihat dan memastikan aplikasi mana yang dapat memunculkan iklan pop up di hp android, bisa aplikasi biasa atau game. Bila memang aplikasi tersebut memang berpotensi, anda dapat lakukan uninstall aplikasi.

  1. Lakukan Factory Reset Pada Hp Android Anda

Anda bisa melakukan cara ini apabila keberadaan iklan pop up sudah tidak bisa ditanggulangi lagi. Namun melakukan tindakan ini bisa mengakibatkan beberapa hal yang beresiko, seperti gagal booting atau data yang terhapus. Sebaiknya lakukan backup data dan cara yang benar dalam melakukan factory reset.

Untuk melakukan factory reset, buka android anda lalu pergi ke Settings, pilih Backup & reset. Lalu anda bisa pilih Factory data reset, lalu ikuti petunjuk selanjutnya. Dalam beberapa saat, hp android anda akan reboot dan selesai melakukan reset.

6. Menggunakan UC Browser

Anda juga bisa menghilangkan iklan pop up melalui aplikasi lain, terutama sat browsing. UC browser juga menyediakan cara untuk menghilangkan iklan pop up android, caranya pun mudah karena aplikasi ini bebas didownload di playstore.

Untuk menghilangkan Pop Up, anda bisa atur UC Web Browser dengan langkah berikut.

  • Buka Menu Pada UC Browser, biasanya berada di pojok kanan bawah.
  • Pilih Menu Pengaturan
  • Lalu pilih aktifkan Adblock dengan cek opsi adblocker & Adblocker.

Setelah proses tersebut selesai, biasanya iklan pop up akan hilang karena telah diblokir oleh UC Browser.

7.  Menggunakan Adblock Plus (ABP)

Adblock Plus memang sudah dikenal sebagai aplikasi pemblokir iklan. Untuk di android ABP dapat menghilangkan iklan pop up pada aplikasi dan game. Adblock plus dapat diakses siapa saja dan terdapat pilihan untuk mengaktifkan iklan pada sumber terntentu. ABP dapat menghilangkan iklan di android yang bisa dilakukan di hp android yang belum di root maupun hp yang sudah di root.

Untuk melakukan pengaturan, pastikan anda melakukan hal berikut.

  1. Buka Pengaturan Android -> pilih aplikasi (Atau Keamanan di Android 4.0 dan terbaru)
  2. Pilih Opsi Unknown Source
  3. Centang opsi lalu konfirmasi.
  4. Anda Bisa download dan install ABP dari website resmi
  5. Install ABP secara manual, lalu gunakan secara biasa

Biasanya jika sudah melewati tahap tersebut, android anda akan bebas dari iklan pop up android.

Demikianlah 7 cara menghilangkan iklan pop up iklan di hp android anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda yang membacanya. Sekian dan terimakasih.

Leave A Reply

Your email address will not be published.