Tempatnya Ilmu Internet

Kelebihan dan Kekurangan, Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan Di Masa Kini

Jika kamu berminat kuliah di Fakultas Ekonomi, pilihanmu bukan hanya Akuntansi dan Manajemen saja, loh. Ada jurusan Ekonomi Pembangunan yang tidak kalah menarik dan menantang. Prospek kerja jurusan Ekonomi Pembangunan juga tidak kalah gengsi dibandingkan dua jurusan lainnya.

prospek kerja Ekonomi Pembangunan, sumber: Pexels

 

Mengenal Jurusan Ekonomi Pembangunan

Di jurusan Ekonomi Pembangunan yang merupakan salah satu cabang ilmu Ekonomi, kamu akan belajar banyak hal tentang ekonomi negara dan masalah keuangan lainnya. Jurusan ini secara spesifik mempelajari tentang pembangunan industri, perbankan, bisnis dan keuangan.

Jika kamu berminat untuk masuk ke Ekonomi Pembangunan maka kamu harus suka menganalisa berbagai isu perekonomian dan data-data keuangan dan pembangunan. Tujuannya adalah untuk menemukan solusi yang kritis, inovatif, kreatif dan efektif dari berbagai persoalan ekonomi. Kamu juga harus menyukai pelajaran ekonomi umum, matematika dan bahasa Inggris.

Baca Juga: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Manajemen

Prospek kerja Ekonomi Pembangunan secara garis besar sama seperti jurusan Akuntansi dan Manajemen. Yaitu di instansi pemerintahan, sektor swasta, maupun menjadi akademisi dan tenaga pendidikan.

Mata Kuliah Yang Diajarkan Di Ekonomi Pembangunan

Mahasiswa di jurusan ini akan memperoleh mata kuliah berikut:

  • Pengantar Bisnis
  • Matematika Ekonomi dan Keuangan
  • Ekonomi Pembangunan
  • Ekonometrika
  • Sistem keuangan
  • Perekonomian Indonesia
  • Manajemen Perbankan
  • Valuasi Korporat
  • Etika Ekonomi
  • Manajemen Risiko dan Analisis Kredit Perbankan
  • Pengantar Akuntansi
  • Teori Ekonomi Makro
  • Teori Ekonomi Mikro
  • Sejarah Pemikiran Ekonomi
  • Ekonomi Internasional
  • Ekonomi Pertanian
  • Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan
  • Ekonomi Publik
  • Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan
  • Ekonomi Regional
  • Ekonomi Moneter
  • Ekonomi Kependudukan
  • Ekonomi Transportasi
  • Evaluasi Proyek Pembangunan
  • Ekonomi Perencanaan
  • Ekonomi Maritim.

Perguruan Tinggi Jurusan Ekonomi Pembangunan Terbaik di Indonesia

Bagi kalian yang sekarang ingin tau daftar universitas atau perguruan tinggi dengan jurusan ekonomi pembangunan terbaik di Indonesia untuk strata Sarjana (S1), yang sudah dibuktikan dengan mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT tahun 2021 ini, adalah sebagai berikut.

Perguruan Tinggi Peringkat Akreditasi Tanggal Berakhir Akreditasi
Universitas Sumatera Utara A 2025-12-30
Universitas Bengkulu A 2026-01-12
Universitas Tidar A 2026-02-16
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya A 2026-02-19
Universitas Terbuka A 2026-04-10
Universitas Airlangga A 2026-05-28
Universitas Udayana A 2026-06-03
Universitas Lampung A 2025-04-01
Universitas Hasanuddin A 2025-08-25
Universitas Kristen Satya Wacana A 2025-05-05
Universitas Jenderal Soedirman A 2025-08-16
Universitas Negeri Semarang A 2025-09-20
Universitas Pasundan A 2025-11-08
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya A 2024-07-24
Universitas Sebelas Maret A 2024-07-23
Universitas Surabaya A 2024-07-09
Institut Pertanian Bogor A 2024-04-09
Universitas Muhammadiyah Malang A 2024-04-30
Universitas Negeri Malang A 2024-04-30
Universitas Riau A 2024-05-14
Universitas Trisakti A 2024-06-25
Universitas Diponegoro A 2024-07-02
Universitas Merdeka Malang A 2024-09-04
Universitas Brawijaya A 2024-09-11
Universitas Islam Indonesia A 2023-05-30
Universitas Katolik Parahyangan A 2023-07-10
Universitas Pembangunan Panca Budi A 2023-07-24
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara A 2023-09-18
Universitas Syiah Kuala A 2023-12-19
Universitas Sriwijaya A 2023-12-20
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur A 2022-05-23
Universitas Jambi A 2022-05-23
Universitas Jember A 2022-06-20
Universitas Padjadjaran A 2022-06-20
Universitas Islam Bandung A 2022-07-04
Universitas Andalas A 2022-08-15
Universitas Halu Oleo A 2022-08-15
Universitas Negeri Padang A 2022-10-10
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta A 2022-10-10
Universitas Muhammadiyah Surakarta A 2022-12-27
Universitas Tanjungpura A 2021-07-01
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta A 2021-08-18
Universitas Muslim Indonesia A 2021-08-26
Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah A 2021-10-20
Universitas Atma Jaya Yogyakarta A 2021-10-20
Universitas Sam Ratulangi A 2021-12-01

Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan Dan Peluang Karirnya

Lulusan Ekonomi Pembangunan akan bergelar Sarjana Ekonomi. Berbagai bidang kerja dan instansi juga bisa menerima jurusan ini sebagai pekerja. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah prospek kerja ekonomi pembangunan.

Instansi Pemerintahan

Sebagai analis ekonomi, tentu saja kamu bisa bekerja di instansi pemerintahan. Berbagai kementerian dan kedinasan dapat menerima lulusan Ekonomi Pembangunan. Di sana kamu akan bertugas merumuskan persoalan pembangunan, industri, perbankan dan pembiayaan, keuangan dan bisnis. Kamu juga akan terlibat dalam penyusunan anggaran, rencana dan evaluasi terhadap anggaran, penyusunan rencana pembangunan nasional/daerah, dll.

Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Pajak, BPK, Bappenas dan Bappeda adalah beberapa instansi pemerintahan yang dapat menerima lulusan Ekonomi Pembangunan.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Yayasan Dan Lembaga Pendidikan

Prospek kerja Ekonomi Pembangunan juga bisa merambah ke bidang pendidikan. Kamu bisa berkarir sebagai guru di SMA atau SMK dengan menjadi pengajar bidang studi Ekonomi. Jika kamu bisa melanjutkan ke jenjang S2 atau S3, karir sebagai dosen juga bisa dijalani.

BUMN Dan Perusahaan Swasta

BUMN dan perusahaan swasta juga memerlukan lulusan Ekonomi Pembangunan untuk ditempatkan di bagian anggaran dan perencanaan. Semua bidang usaha dan industri pasti memerlukan departemen anggaran dan perencanaan agar operasional perusahaan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu kamu juga bertugas untuk menganalisa kebijakan ekonomi pemerintah dan pergerakan ekonomi global. Hasil analisa ini akan sangat penting bagi pengambilan keputusan di tingkat manajerial perusahaan. Biasanya hal ini dilakukan oleh bagian Riset dan Pengembangan. Prospek kerja Ekonomi Pembangunan juga terbuka lebar di bidang pembiayaan dan perbankan. Kemampuan analisa para lulusannya diperlukan pada bidang survey dan analis kredit.

Lembaga Penelitian Dan Lembaga Survey

Berbagai lembaga penelitian dan survey seperti LIPI memerlukan lulusan Ekonomi Pembangunan. Prospek kerja Ekonomi Pembangunan di bidang ini sangat besar. Mengingat berbagai penelitian tentang ekonomi sangat penting bagi pengambilan keputusan dan pengembangan ilmu pengetahuan. Kamu bisa menjadi analis data, peneliti, dan surveyor yang andal di lembaga-lembaga ini.

Non-Government Organization

NGO atau LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) berusaha meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat umum. Biasanya dengan memberikan pelatihan, memperjuangkan hak rakyat, dll. Di lembaga ini prospek kerja Ekonomi Pembangunan berkisar pada analisa sektor ekonomi dan bisnis untuk diaplikasikan pada sistem kerja LSM tersebut.

Kamu juga bisa menjadi konsultan, konselor dan mentor pada lembaga yang memfokuskan diri pada masalah-masalah ekonomi, bisnis, pembangunan dan keuangan.

Wirausaha

Jika kamu lebih berminat menjadi wirausahawan dan membuka lapangan kerja sendiri, kamu juga bisa melakukannya sebagai lulusan Ekonomi Pembangunan. Kamu bisa menjadi penulis dan kolomnis di bidang keuangan dan ekonomi, pengamat ekonomi, konsultan ekonomi dan keuangan, dll. Prospek kerja Ekonomi Pembangunan di bidang ini sangat luas.

Baca Juga: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Prospek Kerja Agroteknologi, dari ASN Hingga Peneliti

Faktor Yang Mempengaruhi Prospek Kerja Ekonomi Pembangunan

Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan tidak sedikit di Indonesia. Kepiawaianmu dalam mengaplikasikan ilmu akan sangat berpengaruh pada prospek kerja yang bisa kamu dapatkan. Selain itu, kecermatan dalam memilih lapangan kerja juga penting.

Seperti halnya jurusan yang lain, jurusan Ekonomi Pembangunan juga memiliki kelebihan dan kekurangan.  Kamu bisa mencermatinya dalam pemaparan di bawah ini, agar bisa mempertimbangkan jika ingin masuk ke Jurusan Ekonomi Pembangunan dan memproyeksikan jenis pekerjaan yang akan kamu pilih nanti.

Kelebihan Jurusan Ekonomi Pembangunan

  • Ilmu pengetahuan yang luas dan fleksibel. Jangkauan ilmu yang dipelajari di Ekonomi Pembangunan memang luas sehingga dapat diaplikasikan di banyak bidang.
  • Lulusannya dapat bekerja di berbagai bidang usaha. Tidak hanya sebagai ASN, namun prospek kerja jurusan Ekonomi Pembangunan juga terbuka lebar sebagai wirausaha. Di perusahaan swasta pun lulusan jurusan ini dapat bekerja di bagian riset dan pengembangan atau divisi anggaran.
  • Biaya kuliah yang terjangkau. Karena tidak banyak praktikum dan tugas-tugas yang diberikan juga lebih sering berbentuk makalah atau laporan, sehingga biaya kuliah juga tidak terlalu besar.
  • Jurusan yang umum dijumpai di setiap perguruan tinggi. Hampir di semua perguruan tinggi yang memiliki Fakultas Ekonomi, jurusan ini ada. Sehingga tidak sulit jika ingin masuk ke jurusan ini.
  • Adanya jenjang pendidikan yang berkelanjutan. Jika kamu mengambil S1 di jurusan Ekonomi Pembangunan, maka kamu bisa melanjutkan S2 hingga S3 di jurusan yang sama. Hal ini akan sangat membantu terutama jika kamu memilih profesi sebagai akademisi dan peneliti.

Baca Juga: Kelebihan, Kekurangan, Serta Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Kekurangan Jurusan Ekonomi Pembangunan

  • Memerlukan kemampuan analisis dan matematis yang tinggi. Bagi kamu yang masuk ke jurusan ini, bersiaplah untuk menghadapi data, angka dan menganalisanya. Proses ini memerlukan konsentrasi dan ketekunan tersendiri, terutama jika data yang dianalisa sangat dinamis.
  • Mahasiswanya harus disiplin. Karena tugas-tugas lebih sering berbentuk laporan dan bisa dikerjakan secara individu, kedisiplinan dan manajemen waktu sangat diperlukan. Jangan sampai kam terlena dan menunda-nunda kemudian malah terlambat mengumpulkan tugas.
  • Cakupan ilmu yang terlalu luas menyebabkan mahasiswanya tidak memiliki keahlian yang mendalam . Kamu akan mempelajari banyak hal tentang ekonomi dan keuangan, bahkan juga bisnis. Hal ini akan membuatmu memiliki banyak pengetahuan namun kurang mendalam. Hal ini dapat kamu atasi dengan memilih salah satu ceruk ilmu untuk diperdalam saat terjun ke dunia kerja. Atau saat melanjutkan ke strata pendidikan yang lebih tinggi.

Demikian penjelasan mengenai jurusan Ekonomi Pembangunan. Termasuk definisi, penjelasan mata kuliah yang didapat, kelebihan dan kekurangan serta prospek kerja jurusan Ekonomi Pembangunan. Semoga penjelasan tersebut dapat membantumu untuk menyiapkan diri saat membidik jurusan ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.