Tempatnya Ilmu Internet

Kelebihan, Kekurangan, Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Jurusan Administrasi Bisnis merupakan satu dari tiga jurusan Administrasi yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik. Pada beberapa perguruan tinggi jurusan ini bernama Administrasi Niaga. Prospek kerja Administrasi Bisnis ternyata cukup luas, tidak terbatas hanya di bidang bisnis saja.

prospek kerja administrasi bisnis. sumber: Pexels

Administrasi Bisnis adalah jurusan yang mempelajari tidak hanya ilmu niaga, tapi juga sumber daya manusia hingga strategi promosi. Di jurusan ini kamu akan belajar tentang pengelolaan keuangan, pengelolaan SDM, manajemen produksi dan strategi promosi.

Kamu juga akan diajarkan bagaimana meningkatkan nilai tambah sebuah bisnis dan memasarkannya hingga menjadi unggulan di bidangnya. Tidak heran jika prospek kerja Administrasi Bisnis sangat banyak, mengingat hal yang didalami juga cukup beragam.

Uniknya, masih banyak calon mahasiswa yang memandang sebelah mata jurusan ini. anggapan yang umum beredar adalah hal yang dipelajari di dalamnya mudah dan lulusannya hanya akan berada di level bawah pada pasar tenaga kerja. Benarkah demikian? Tahan dulu, kita bahas satu persatu agar kamu lebih mengenal jurusan ini, ya.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis Di Berbagai Bidang

Walaupun nama jurusannya adalah Administrasi Bisnis bukan berarti lulusannya hanya akan bekerja sebagai staf administrasi di perkantoran. Peluang kerjanya juga tidak hanya di bidang perdagangan dan usaha umum saja. Prospek kerja Administrasi Bisnis bahkan bisa merambah ke bidang-bidang lainnya dan bayaran yang diterima lulusannya bisa dikatakan cukup besar.

1. Staf HRD atau Personalia

Di jurusan Administrasi Bisnis kamu juga akan belajar tentang manajemen sumber daya manusia. Ilmu ini akan menjadi modalmu untuk bekerja sebagai staf HRD atau bagian personalia. Di divisi ini kamu akan merekrut, menyeleksi dan menilai calon karyawan perusahaan. Kamu juga akan mengurus semua hal dan masalah yang menyangkut karyawan di perusahaan tempatmu bekerja.

2. Staf Pemasaran

Prospek kerja Administrasi Bisnis berikutnya adalah bekerja di divisi pemasaran. Ilmu marketing, strategi bisnis dan promosi yang kamu pelajari di bangku kuliah akan kamu terapkan di sini. Divisi pemasaran bukan hanya bertugas untuk menjual produk saja. tugasnya juga mencakup meningkatkan value atau nilai tambah produk dan merk perusahaan, branding, membangun keterikatan dengan konsumen, dll.

Jika kamu berminat di bidang ini namun tidak ingin terikat dalam jangka waktu lama dengan satu perusahaan, kamu bisa menjadi affliliate marketing. Kamu mungkin harus memperdalam bidang digital marketing dan SEO mengingat affiliate marketing lebih banyak bekerja secara online. Namun tidak masalah, karena pada dasarnya kamu sudah menguasai ilmu marketing secara umum.

3. Konsultan Bisnis

Sebagai lulusan Administrasi Bisnis, kamu bisa bekerja di konsultan bisnis. Jika pengalaman dan pengetahuanmu sudah semakin expert, kamu bisa mengambil sertifikasi sebagai konsultan bisnis profesional dan membuka biro konsultanmu sendiri.

Sebagai konsultan tugasmu adalah memberikan saran, masukan, solusi dan ide-ide segar terkait bisnis klienmu. Peranmu sangat penting sebagai pertimbangan bagi klien dalam mengambil keputusan bisnis.

4. Dosen/Tenaga Pengajar

Nah, jika kamu tidak tertarik untuk bekerja kantoran namun ingin menyebarkan ilmu yang kamu dapat, profesi pengajar tepat untukmu. Kamu bisa mengajar akuntansi, ekonomi atau administrasi dasar di SMA atau SMK.

Jika kamu bisa melanjutkan ke strata 2 atau bahkan doktoral, kamu juga berpeluang menjadi dosen di perguruan tinggi negeri dan swasta. Jika bisa, ambil jurusan magister dan doktoral yang linear dengan jurusan S1, ya. Agar peluangmu untuk menjadi dosen lebih besar.

5. Pengusaha

Pengetahuan yang kamu dapatkan di bangku kuliah adalah bekal wawasan yang cukup jika kamu ingin menjadi pengusaha. Sebagai lulusan Administrasi Bisnis, kamu memiliki hampir semua dasar ilmu dalam menjalankan sebuah usaha. Mulai dari keuangan, strategi hingga SDM.

6. Staf Administrasi

Kamu bisa menjadi staf administrasi di perusahaan jenis apapun. Kemampuan manajerial dan administratif yang kamu dapat di jurusan Administrasi Bisnis akan sangat berguna di posisi ini.

7. Pegawai Negeri Sipil

Karena merupakan jurusan yang mempelajari berbagai hal umum di dunia bisnis dan korporasi, akan selalu ada posisi yang tersedia di kantor pemerintah untuk lulusan Administrasi Bisnis.

Prospek kerja Administrasi Bisnis sebagai PNS adalah pada kantor-kantor pemerintahan seperti kantor walikota. Juga pada dinas-dinas daerah dan lembaga pemerintahan lainnya.

8. Pegawai Bank Atau Perusahaan Pembiayaan

Posisi yang dapat diisi oleh para lulusan Administrasi Bisnis di bank dan perusahaan pembiayaan cukup beragam. Bukan hanya pada level staf, namun bisa hingga ke level manajer. Divisi HRD, data entry, operasional dan umum adalah beberapa bagian yang membutuhkan kecakapan para lulusan Administrasi Bisnis.

Perkuliahan Di Jurusan Administrasi Bisnis

Setelah mengetahui prospek kerja Administrasi Bisnis, tentu kamu penasaran dong bagaimana proses perkuliahan di jurusan ini. Di jurusan Administrasi Bisnis kamu akan mempelajari suatu usaha baik secara operasional maupun fisiknya.

Secara operasional, seperti yang dijelaskan di atas. Kamu akan mempelajari berbagai bidang di dalam perusahaan mulai dari SDM hingga pemasaran. Keuangan hingga strategi promosi. Sedangkan secara fisik maksudnya kamu akan belajar bagaimana mengelola optimalisasi sarana dan prasarana kantor. Mengelola informasi dan data dan memprosesnya hingga lebih mudah digunakan.

Mata kuliah yang akan kamu dapati di jurusan ini meliputi kepemimpinan, kewirausahaan, perencanaan bisnis dan simulasinya, serta teori pengambilan keputusan. Setelah lulus nanti kamu akan bergelar Sarjana Administrasi Bisnis. Beberapa nama mata kuliah yang akan kamu dapatkan di antaranya:

  • Pemasaran
  • Manajemen sumber daya manusia
  • Keuangan bisnis
  • Operasi bisnis
  • Teori dan perilaku organisasi
  • Akuntansi
  • Statistik
  • Aplikasi komputer bisnis
  • English for business practice
  • Public speaking
  • Perpajakan
  • Pasar uang dan modal

Sedangkan mata kuliah praktikum yang dilaksanakan meliputi:

  • Akuntansi
  • Bahasa Inggris
  • Perpajakan
  • Public speaking
  • Pasar uang dan modal
  • Training motivasi bisnis
  • Magang kewirausahaan
  • Praktik bisnis 1 dan 2
  • Kebijakan strategi bisnis

Baca Juga: Pengertian, Kelebihan, Kekurangan, Prospek Kerja Agroteknologi, dari ASN Hingga Peneliti

Daftar Perguruan Tinggi Jurusan Administrasi Bisnis Terbaik di Indonesia

Berikut ini adalah daftar universitas atau perguruan tinggi dengan jurusan administrasi bisnis terbaik, yang sudah dibuktikan dengan mendapatkan akreditasi A oleh BAN-PT baru-baru ini.

Perguruan Tinggi Strata Peringkat Akreditasi Berlaku Hingga
Institut Ilmu Sosial Dan Manajemen STIAMI S1 A 2021-06-10
Politeknik Negeri Batam D-IV A 2026-03-09
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta S1 A 2026-03-06
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur S1 A 2026-05-21
Politeknik Negeri Sriwijaya D-III A 2025-03-15
Universitas Brawijaya S1 A 2025-03-29
Politeknik Negeri Malang D-III A 2025-04-01
Institut Teknologi Bandung S2 A 2025-05-10
Universitas Riau S1 A 2025-07-28
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya S1 A 2024-04-16
Universitas Katolik Parahyangan S1 A 2024-10-16
Politeknik Negeri Bandung D-III A 2023-01-03
Universitas Muhammadiyah Sukabumi S1 A 2023-07-24
Universitas Diponegoro S1 A 2023-11-06
Politeknik Negeri Semarang D-III A 2023-12-20
Universitas Padjadjaran S1 A 2022-01-26
Politeknik LP3I Bandung D-III A 2022-05-23
Universitas Telkom S1 A 2022-10-10
Universitas Sumatera Utara S1 A 2022-12-27
Universitas Terbuka S1 A 2021-06-10
Universitas Lampung S1 A 2021-09-29
Universitas Pasundan S1 A 2021-09-29
Institut Teknologi Bandung S2 A 2021-09-29
Politeknik Negeri Bandung D-IV A 2021-12-01

Kelebihan Dan Kekurangan Jurusan Administrasi Bisnis

Seperti halnya jurusan lain, jurusan Administrasi Bisnis juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut adalah penjabarannya secara lengkap sebagai bahan pertimbanganmu sebelum mengambil jurusan ini.

Kelebihan yang ada pada jurusan Administrasi Bisnis adalah:

Ilmu yang dipelajari luas sehingga kamu akan memiliki banyak bekal untuk terjun ke persaingan kerja kelak.

  • Prospek kerja Administrasi Bisnis yang menarik dan mencakup berbagai bidang.
  • Dapat diterapkan saat bekerja di perkantoran maupun saat membuka usaha sendiri. termasuk jika kamu memilih untuk bekerja di bidang yang agak berbeda. Seperti berkarir di LSM, menjadi manajer investasi, dll.
  • Biaya perkuliahan yang terjangkau dan tidak memberatkanmu.
  • Jika berkompetensi dan pintar memilih profesi, penghasilan yang besar menunggumu.

Baca Juga: Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Manajemen

Sedangkan kekurangan yang mungkin akan kamu dapatkan di jurusan ini meliputi:

  • Persaingan yang ketat di dunia kerja. Saat sudah lulus nanti kamu akan menghadapi persaingan ketat di dunia kerja. Bidang bisnis dan wirausaha bukan hanya lahan untuk Administrasi Bisnis. Namun juga untuk mereka yang lulus dari jurusan Manajemen dan Akuntansi. Namun jika kamu memiliki kompetensi yang bagus kamu bisa kok memenangkan persaingan.
  • Banyak teori sehingga monoton. Ritme perkuliahan yang cenderung stagnan akan terasa membosankan bagi mereka yang suka tantangan dan praktik langsung.
  • Range ilmu yang diajarkan luas namun terkesan dangkal. Kamu harus pintar-pintar meng-upgrade pengetahuanmu dari berbagai sumber. Jurnal, seminar, pelatihan dan terjun langsung ke lapangan kerja.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Kesehatan Masyarakat

Nah, itu tadi pembahasan singkat mengenai prospek kerja Administrasi Bisnis. Termasuk sisi lebih dan kurangnya serta gambaran singkat perkuliahan di jurusan tersebut. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliah di Administrasi Bisnis?

Leave A Reply

Your email address will not be published.