Tempatnya Ilmu Internet

2 Cara Copy File Besar ke Flashdisk Dengan Mudah

Terkadang saat ingin mengcopy file berukuran besar ke flashdisk seringkali gagal. Karena itu banyak yang mencari cara copy file besar ke flashdisk karena kebutuhan. Flashdisk sendiri merupakan sebuah media penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data apapun baik itu foto, video, dokumen, dan lain-lain.

Meskipun kehadiran flashdisk sudah mulai tersaingi karena adanya media penyimpanan online, masih banyak yang memutuskan untuk menggunakan flashdisk dibandingkan penyimpanan online karena lebih mudah dan juga aman.

Kapasitas flashdisk juga lebih besar mulai dari 1 GB hingga 64 GB. Kapasitas penyimpanan ini sudah cukup untuk menyimpan data yang dibutuhkan sehari-hari. Hanya saja salah satu masalah yang sering dialami banyak orang yaitu tidak bisa copy file berukuran besar ke flashdisk. Tapi sebelumnya pastikan dahulu tidak ada masalah flashdisk write protected pada USB kita.

Cara Copy File 4 GB ke Flashdisk

Setiap orang pasti pernah copy file ke flashdisk namun terkadang seringkali gagal saat memindahkan file besar atau yang biasanya lebih dari 4 GB. Jika gagal akan muncul notifikasi error “is too large for the destination file system” padahal kapasitas memori masih cukup bahkan tidak ada masalah jika memindahkan 4 file dengan masing-masing berukuran 1 GB.

Agar anda bisa memindahkan atau menyalin file berukuran besar ke flashdisk, anda bisa mengikuti 2 cara di bawah ini untuk mengatasi error saat mengcopy file berukuran 4 GB yaitu dengan cara membagi file atau menggunakan mengubah format.

  1. Membagi file ke bagian kecil menggunakan Winrar

Cara ini sering diterapkan bagi yang ingin mengupload file di internet. Dengan membagi-bagi file menjadi ukuran yang lebih kecil akan meminimalisir kegagalan upload file dan juga meningkatkan kecepatan upload dibandingkan jika upload satu file dengan ukuran yang besar secara langsung. Hal ini juga dapat mencegah file corrupt saat di upload ke internet dan juga tidak harus khawatir dengan koneksi internet yang lambat.

Karena inilah maka kemudian juga dijadikan sebagai ide dalam mengcopy file berukuran besar ke flashdisk yaitu dengan membagi file berukuran besar yang akan dipindahkan ke flashdisk menjadi bagian-bagian kecil. Cara ini menjadi salah satu cara yang efektif dalam mengcopy file besar untuk mengatasi masalah error.

Sebelum mulai membagi-bagi file, anda dapat mendownload aplikasi Winrar terlebih dahulu ke laptop atau komputer anda. Aplikasi ini nantinya akan membantu anda dalam membagi file ke ukuran yang lebih kecil. Setelah mendownload aplikasi, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Pertama-tama, buka folder yang berisi file yang akan dibagi kemudian klik kanan pada file tersebut. Setelah itu pilih Add to archive yang kemudian akan memunculkan window atau jendela baru.
  2. Setelah itu, pada bagian Archive name anda bisa mengatur nama file yang akan dibagi. Setelah itu pada bagian Split to volumes, size, anda bisa mengatur ukuran file setelah dibagi misalnya jika file anda lebih dari 3 GB, anda bisa memilih 500 Mb per bagian atau sesuai keinginan anda. Setelah itu klik OK.
  3. Setelah klik OK, proses pembagian akan mulai dijalankan. Anda dapat menunggu beberapa menit hingga file selesai dibagi. Semakin besar ukuran file yang akan dibagi biasanya dibutuhkan semakin banyak waktu.
  4. Setelah proses pembagian selesai, maka di dalam folder file tadi akan terlihat file yang telah dibagi-bagi menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang lebih kecil dengan nama yang sudah ditentukan tadi dengan tambahan part1, part2, part3, dst sesuai jumlah file yang dibagi.
  5. Kemudian anda bisa mengcopy file yang sudah dibagi tersebut ke dalam flashdisk. Lalu jika anda ingin membuka file tersebut, anda hanya perlu mengekstrak file .rar tersebut dengan menggunakan aplikasi Winrar yang sama. Setelah itu file akan otomatis kembali seperti semula sebelum dibagi-bagi.

Membagi file ke bagian kecil menggunakan Winrar

  1. Mengganti format ke NTFS

Cara kedua yang juga cukup efektif yang dapat dicoba yaitu dengan mengubah format file system flashdisk anda ke NTFS. Cara ini juga lebih mudah dibandingkan dengan membagi-bagi file. Namun ingat untuk membackup data-data penting di dalam flashdisk tersebut sebelum mengubah format agar tidak kehilangan data penting anda. setelah membackup data-data di flashdisk, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengubah format flashdisk :

  • Buka This PC / My Computer yang ada di desktop komputer anda kemudian klik kanan pada drive flashdisk / USB Drive / USB Storage kemudian klik Format.
  • Setelah itu akan muncul window atau jendela format sebagai pengaturan untuk mengubah format file sistem flashdisk ke NTFS. Pada bagian File system pilih NTFS dan pada Format options centang Quick Format. Setelah selesai, klik Start

Akan muncul peringatan, jika ingin dilanjutkan, klik OK. Jangan lupa untuk backup data di flashdisk karena format flashdisk akan membuat seluruh data di dalam flashdisk akan hilang atau terhapus. Apabila sudah selesai, klik Yes.

  • Tunggu hingga proses selesai dan format berhasil diubah ke NTFS.
  • Setelah selesai, anda tinggal mengcopy atau memindahkan file berukuran besar bahkan lebih dari 4 GB ke dalam flashdisk anda.

Inilah 2 cara copy file besar ke flashdisk. Anda bisa menggunakan cara yang mana saja sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan ini maka tidak ada lagi tulisan error “file is too large” dan file jadi gagal copy. Apabila ingin lebih praktis, anda bisa menggunakan cara kedua namun jika ingin format flashdisk tetap seperti aslinya maka bisa menggunakan cara pertama.

Leave A Reply

Your email address will not be published.