Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Daftar Isi di Artikel WordPress Secara Otomatis

Blog wordpress merupakan salah satu CMS yang paling sering digunakan untuk engine blog. Hal ini sangtlah wajar, mengingat ada banyak fitur yang bisa anda manfaatkan untuk mengoptimalkan kinerja, mempercantik blog maupun website anda. Bagi sahabat blogger, mungkin pernah atau malah sering ya melihat artikel blog yang panjang, dan bagian paragraf awal ada daftar isi (table of contents) disetiap artikel blog wordpress. Jika anda ingin mengalikasikan di blog wordpress, maka cara membuat daftar isi di artikel wordpress secara otomatis ini bisa anda coba aplikasikan.

Salah satu cara untuk mempercantik tampilan blog, ialah dengan menambahkan daftar isi di setiap posting secara otomatis. Cara ini sangat efektif buat blog maupun website yang mempunyai panjang artikel lebih dari 1000 (seribu) kata. Karena dengan adanya fitur ini, pembaca bisa mengetahui point-point sub bahasan dari artikel yang sedang dibaca.

Jika dulu saya pernah membahas mengenai cara membuat sitemap atau daftar isi di blog wordpress, maka sudah saatnya juga saya berbagi kepada temen-temen blogger pemula, yang merasa sudah expert, maaf lewat dulu ya, jika dirasa terlalu mudah. Karena memang artikel ini ditujukan buat temen-temen yang masih belajar banyak mengenai blog yang sedang dibuat.

Cara Membuat Daftar Isi di Artikel WordPress Secara Otomatis

Berikut ini adalah cara mudah untuk menambahkan daftar isi di wordpress, yang bisa otomatis muncul dengan bantuan plugin.

  1. Pertama silahkan masuk ke dasboard wordpress.
  2. Kemudian klik Plugin, dan Tambah Baru
  3. Pada bagian search Kata Kunci, silahkan ketikkan Table of Contents
  4. Ada banyak plugin sejenis yang bisa anda pilih, namun kalau saya menggunakan Plugin Easy Table of Contents oleh Steven A. Sham.
  5. Klik pada pilihan Install Now atau Pasang Sekarang, tunggu beberapa saat hingga proses instal plugin selesai.
  6. Klik aktifkan, dan setting sesuai keinginan Anda.

cara membuat daftar isi di artikel wordpress

Adapun untuk mensetting plugin easy table of contents, saya biasanya menggunakan settingan yang seperti ini :

  • Klik Pengaturan atau Setting, lalu Table of Contents
  • Pada bagian General, seperti ini

  • Sedangkan pada bagian Appearence, tampilannya seperti ini

  • Kemudian pada bagian Advanced, kurang lebih tampilannya seperti ini

  • Jika sudah, silahkan klik Save Changes untuk menyimpan hasilnya.

Demikian penjelasan cara membuat daftar isi di artikel wordpress, maka dengan menginstall plugin table of contents ini anda bisa mempunyai blog /website disetiap artikelnya otomatis terdapat daftar isi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.