Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Daftar isi Blog dan Sitemap di WordPress

Dalam membuat sebuah blog ntah itu blogspot maupun wordpress akan kelihatan lebih menarik jika kita menambahkan / membuat daftar isi blog. beberapa waktu lalu saya sudah pernah sharing cara membuat daftar isi blog di blogspot, nah sekarang saya akan coba share cara membuat daftar isi blog di wordpress. Daftar isi dan sitemap sebenarnya hampir sama cumak yang membedakan adalah jika daftar isi di buat untuk memudahkan pengunjung dalam membaca isi blog “seperti daftar isi buku” tetapi kalau sitemap biasanya di gunakan untuk mesin pencari agar memudahkan dan mengindexs kontent dari blog.

Jika sobat sudah tahu perbedaanya masing-masing, selanjutnya mari kita mecoba untuk menambahkan daftar isi dan sitemap blog di wordpress.

Membuat Daftar Isi Blog

  • Terlebih dulu dapatkan plugin dagon designnya disini, kemudian Silahkan buka dasboard (wp-admin) blog sobat, kemudian klik menu Plugin >> Add New, kemudian Upload plugin tadi dan atifkan /install ke dalam blog.
  • Klik plugin Dagon Design yang sudah terinstall di bagian “Settings – DDSitemapGen“ dan konfigurasikan plugin sesuai keinginan lalu klik tombol Update Option.
  • Kemudian silahkan buat halaman baru dengan nama Daftar Isi atau sesuai dengan keinginan sobat. Selanjutnya copy & paste kode berikut di bagian isi halaman dan yakinkan mode penulisan adalah HTML bukan mode Visual

<!– ddsitemapgen –>

  • terakhir klik Publish untuk melihat hasilnya.

Membuat Sitemap Blog

  • Selanjutnya untuk membuat sitemap di wordpress saya sarankan menggunakan Google XML Sitemaps  dari Arny Brachhold dengan mencari plugin ini di bagian “Plugin – search“ seperti gambar berikut.

daftar isi blog

 

  • Setelah proses instalasi, langsung aktifkan plugin “Google XML-Sitemaps” ini dengan klik “activate plugin” di halaman setelah instalasi
  • lakukan konfigurasi plugin di menu Settings >> XML-Sitemap kemudian konfigurasikan plugin sesuai keinginan lalu klik Update Option
  • Maka otomatis plugin ini akan mendaftarkan sitemap blog kita ke berbagai mesin pencari yang ada.
4 Comments
  1. Walter Pinem says

    ada ga cara yang bisa digunakan tanpa menggunakan plugin?
    kalo cara manual dengan menggunakan page atributes tidak disupport oleh theme saya. terima kasih

    1. Pengelola says

      @Walter Pinem : Naah itu juga sy belum tau sob, mungkin temen2 lain ada yg tau caranya bisa share dimari.. 😀
      btw thanks udah mampir.

  2. samawa says

    Baru saja saya nyari-nyari cara bikin daftar isi tanpa plugin, dan memang banyak tutornya, Sayangnya agak ribet kalo menurut saya, jadinya saya mampir disini karena sepertinya lebih praktisan pake plugin. Tq infonya.

  3. ibrahim says

    ternyata dengan menggunakan plugin sangat mudah membuatnya ya mas, salam kenal

Leave A Reply

Your email address will not be published.