Tempatnya Ilmu Internet

Cara Menampilkan Iklan /Widget di Halaman Tertentu pada Blog WordPress

Kadangkalanya kita perlu menampilkan iklan /widget blog kita di halaman-halaman tertentu sesuai dengan keinginan kita, dimana menampilkan iklan ataupun widget blog di halaman-halaman tertentu saja perlu dilakukan terutama buat blog yang menampilkan iklan dari google ads, karena mempunyai kebijakan tidak boleh menampilkan iklan dihalaman/page, menampilkan di category ataupun di tempat-tempat tertentu sesuai dengan keinginan.

Cara menampilkan ataupun menyembunyikan iklan ataupun widget di blog wordpress caranya cukup simple dan ndak banyak maen script kode-kode yang njelimet, namun untuk memastikan plugin ini tidak membebani loading ataupun kecepatan akses blog sobat maka sebaiknya plugin yang digunakan tidak melebihi 10biji, karena itu sedikit banyak akan mempengaruhi visitor dalam kurun waktu yang cukup lama.

Untuk menampilkan ataupun menyembunyikan iklan/widget di blog wordpress caranya sobat bisa menambahkan/menginstall plugin Widget-Logic yang bisa sobat peroleh secara free di penyedia plugin wordpress (saya yakin temen2 blogger yg sudah master IM sudah banyak yg tahu, jadi tinggal dilewatin aja :D).

Cara Menampilkan /Menyembunyikan Iklan (Widget) di Halaman Tertentu pada blog wordpress :

1. Pertama sobat harus install terlebih dahulu plugin widget logic dengan cara di dasboard wordpress, klik menu Plugins >> Add New, pada kotak pencarian “search” ketikkan Widget Logic seperti ini

menampilkan atau menyembunyikan iklan di halaman tertentu

2. Kemudian Saya biasanya menggunakan Widget Logic yg bikinannya OM Alan Threewartha pilih Install Now, untuk menginstall plugin WP Logic

3. Jika sudah berhasil proses instalasinya, selanjutnya sobat tinggal mengatur widget/iklan yang ada di menu Appearance >> Widget, selanjutnya pada kolom Widget logic sobat isikan script (pilih salah satu) seperti berikut :

is_home() : hanya tampil di homepage

!is_home() : ditampilkan di semua halaman kecuali pada homepage

is_single() : hanya tampil di single post

is_single (‘judul-post’) : hanya tampil di posting dengan judul ini saja

!is_page(‘privacy’) : ditampilkan di semua halaman kecuali page privacy

is_single() && in_category (‘nama-kategori’) : ditampilkan di single post yang terletak di kategori dengan nama kategori yang di inginkan

in_category(‘judul-pertama’) || in_category(‘judul-kedua’) : ditampilan di semua postingan yang termasuk di dalam kategori-kategori yang disebutkan judulnya (judul-pertama dan judul-kedua)

is_home() || is_single() : menampilkan iklan/widget hanya di posting blog dan homepage/halaman depan saja, selain post dan homepage itu tidak tampil.

Misal seperti gambar ini

menampilkan iklan pada halaman tertentu

4. Kemudian tinggal di save dan lihat hasilnya.

7 Comments
  1. […] kita perlu menampilkan iklan /widget blog kita di halaman-halaman tertentu sesuai dengan keinginan kita, dimana menampilkan iklan ataupun widget blog di halaman-halaman […]

  2. erickvand blog says

    Kalau untuk blogger bgaman?
    ada tutorialnya diblog mas?

    1. IlmuOnline says

      @erickvand : ada sob, tapi ndk saya bahas diblog ini melainkan di blog saya yg satunya http://hasanaji.blogspot.com

  3. Taphoneplus says

    Gan is_single() && in_category (‘nama-kategori’) di blogq kok gak jalan,

    1. IlmuOnline says

      Taphoneplus : pastiin nama categorinya sesuai dgn yg anda ketik & jangan lupa dikasih tanda petik(‘ ‘), saya test di blog ini work.

  4. zandi says

    kalau terlihat hanya di kategori post pada wordpress gimana gan? pilihannya ? yg ditulis nama kategorinya apa id categorinya? saya coba error gan?

    1. IlmuOnline says

      di tulis saja in_category(‘judul-pertama’), misal mau menampilkannya hanya di kategori WordPress maka penulisannya seperti ini
      in_category(‘WordPress’)

      Note : jangan copas dr code diatas, krn di blog ini tanda petikknya ndak fungsi, jadi tulis langsung saja seperti diatas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.