Tempatnya Ilmu Internet

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak bisa anda praktekkan sendiri, seperti misalnya belajar dari youtube, google search, maupun aplikasi. Di  jaman revolusi industri sekarang ini, sangat banyak produk dari luar negeri yang beredar di negara kita. Dari komestik, obat, handphone, aksesoris, buku dan lain-lain. Bila kita ingin memakainya, tentu butuh memahami cara pakai, fungsi dan manfaat produk tersebut. Inilah salah satu hal penting belajar bahasa Inggris. Belum lagi bila kita kedatangan orang asing yang berkunjung Indonesia untuk berwisata, bila kita tidak dapat berkomunikasi dengan mereka bagaimana bisa kita menceritakan tentang indahnya bumi pertiwi kepada mereka. Padahal bila mereka datang ke Indonesia, otomatis akan meramaikan pariwisata di tempat kita, yang berimbas pada pendapatan negara. Bisa dibayangkan kan, bila banyak warga negara Indonesia yang bisa berbahasa inggris, mereka bisa menjadi duta wisata bagi daerah lokalnya.

Namun ada sebagian masyarakat yang beranggapan, bahwa bisa berbahasa Inggris hanya untuk menggugurkan kewajibannya menyelesaikan jenjang pendidikan. Atau karena faktor mendapatkan nilai layak sehingga bisa mendapatkan ijasah. Alhasil, setelah dites dan bertemu dengan orang luar negeri, tidak bisa berkata apa-apa. Bibir rasanya kaku, lidah rasanya kelu. Ingin mengatakan sesuatu tapi tidak bisa karena tidak tahu bagaimana cara mengucapkannya. Bila ingin praktik di sekolah atau di lingkungannya, khawatir kalau dianggap blagu, nah trus bagaimana ? Ini dia, berikut akan disampaikan cara cepat belajar Bahasa Inggris otodidak.

Ketrampilan berbahasa Inggris, adalah terdiri dari mendengar (listening), berbicara (speaking), membaca(reading), dan menulis (writing). Maka tips belajar otodidak bahasa inggris yang akan disampaikan berikut mencakup empat ketrampilan tersebut.

  1. Belajar Secara Otodidak (Listening)

Belajar otodidak / mandiri listening dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  • Menggunakan Lagu

Lagu berbahasa Inggris adalah sarana yang tepat untuk belajar bahasa Inggris karena penyanyinya adalah native speaker (orang asli pengguna bahasa inggris). Tentu pengucapannya (pronunciation) dari si native speaker ini tidak diragukan ketepatannya. Pastikan lagunya dari penyanyi inggris atau amerika. Anda dengarkan liriknya dan lihat lirik lagunya. Anda bisa ikut menyanyikan dengan melihat lirik lagunya sampai berulang-ulang.

  • Menggunakan Film

Belajar bahasa Inggris dengan melihat film-film favorit anda, juga sangat mempercepat dalam pembelajaran listening. Tontonlah film yang menyediakan 2 subtitle. Pertama putarlah film dengan memakai subtitle berbahasa Inggris, kemudian untuk mengecek artinya anda memakai subtitle bahasa Indonesia. Maka dari itu dengan menggunakan dua bahasa subtitle yang salin bergantian anda bisa mengetahui cara pengucapan native speaker dan arti ucapan tersebut.

  • Menggunakan Berita

Menggunakan berita berbahasa Inggris, bisa juga digunakan pula untuk belajar mendengarkan bahasa inggris. Yang perlu diingat harus ada dua versi text penerjemah (subtitle), yaitu bahasa inggris dan bahasa Indonesia, untuk saling cek antara pengucapan dan artinya.

  • Menggunakan Radio

Menggunakan radio, bisa dijadikan sarana untuk belajar bahsa Inggris pula, namun media ini untuk anda yang sudah cukup mahir mendengarkan bahasa Inggris. Sebelum menggunakan media ini, sebaiknya menggunakan media lagu, film dan berita dulu. Karena dalam radio tidak ada subtitle. Yang bisa anda lakukan hanya mendengar dan mengidentifikasi artinya saja. Dan kalau anda belum faham dengan bahasa yang digunakan oleh penyiar, sarana mendengarkan radio belum cocok untuk anda.

  • Menggunakan Internet.

Ada banyak media belajar di internet yang menawarkan cara cepat belajar listening. Mereka biasanya menyediakan suara berbahasa Inggris disertai soal atau worksheet yang perlu anda jawab, sesuai dengan soal listening dari situs tersebut.

  • Menggunakan Telepon Genggam.

Telepon genggam di jaman sekarang mempunyai banyak fitur dan fungsi. Dari aplikasi untuk belajar bahasa inggris, internet, whatsapp, penayangan film, lagu, informasi dan lain-lain. Dalam genggaman anda, semua media bisa digunakan. Maka dari itu dengan telefon genggam, anda bisa memilih sarana belajar yang anda inginkan. Bisa menonton film dari hp, mendengarkan musik, browsing internet, dan lain-lain. Sarana ini terbilang cukup lengkap dan bisa anda gunakan sesuai dengan keinginan anda di manapn dan kapanpun.

  • Menggunakan Google Translate.

Dalam fitur google translate ada gambar speaker, yang berfungsi  untuk mengecek cara pengucapan sebuah kata. Gunakanlah itu untuk mendengar kata-kata tertentu sekaligus mengetahui artinya.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli, Fungsi, Tujuannya

  1. Belajar otodidak Berbicara (Speaking)

Ketrampilan selanjutnya adalah berbicara bahasa Inggris. Untuk bisa trampil berbahasa inggris, anda perlu melakukan hal sebagai berikut :

  • Kamu bisa mencoba mendownload aplikasi belajar bahasa inggris di playstore, untuk bisa belajar bahasa inggris secara otodidak.
  • Carilah komunitas yang bisa berbicara bahasa Inggris, agar anda bisa praktik berbicara bahasa inggris dengan mereka tanpa malu atau sungkan.
  • Menggunakan MP3 Recorder. Ucapkan segala kegiatan yang anda lakukan dalam MP3 recorder atau fitur rekam dalam hp anda dengan menggunakan bahasa Inggris. Mulailah untuk menceritakan segala kegiatan yang anda lakukan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Kemudian putar berulang-ulang apa yang anda ucapkan, lalu koreksi sendiri, adakah pronunciation yang kurang pas, kemudian lakukan perbaikan pada rekaman kegiatan yang anda buat selanjutnya.
  • Menggunakan Video Recorder. Di sini anda bisa berperan sebagai presenter, pembaca berita, penyanyi, atau story telling untuk dokumen anda sendiri. Hal ini bisa memupuk keberanian anda dalam berbicara bahasa inggris
  • Menggunakan Youtube. Kalau anda seorang youtuber, anda bisa mengunggah cerita aktifitas berbahasa inggris anda dalam channel you tube anda sendiri. Namun anda harus siap mental bila menerima kritik dan saran dari para penonton channel anda.
  • Gunakanlah Media Jejaring Sosial untuk mengasah kemampuan bahasa Inggris anda. anda bisa melakukannya dengan fitur video atau audio di media jejaring sosial anda tersebut.
  1. Belajar Membaca (Reading)

Belajar membaca Bahasa Inggris, sangat perlu dilakukan untuk mengasah kekayaan perbendaharaan kata anda. Bacalah semua bacaan dengan seksama, begitu ada kata yang sulit, langsung dicek artinya di kamus online. Dengan begitu perbendaharaan kata anda akan semakin banyak. Membaca artikel bisa dilakukan melalui Website, media Jejaring Sosial atau melalui surat kabar dan majalah berbahasa inggris, atau kamu juga bisa melalui aplikasi belajar bahasa inggris di hp android.

  1. Belajar Menulis (Writing)

Tuliskanlah pendapat, pengalaman, dan aktifitas anda di Buku Harian (Diary), Blog Pribadi, dan media jejaring sosial dalam bentuk bahasa inggris. Hal ini akan semakin mengasah kemampuan anda menulis dan memperkaya pengunaan kata dalam kalimat bahasa Inggris yang anda tulis.

Baca Juga : Contoh Pidato Bahasa Inggris Singkat dan Artinya

Demikian cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak, mudah-mudahan cukup membantu anda untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris anda. Memang butuh tekat yang kuat dan konsisten dalam melakukannya. Cara-cara di atas cukup ampuh untuk menambah kemampuan anda berbahasa inggris, jadi jangan ragu-ragu untuk mencobanya. Salam semangat belajar !

Leave A Reply

Your email address will not be published.