Tempatnya Ilmu Internet

Cara Memasang Plugin di WordPress

Plugin wordpress merupakan salah satu komponen yang harus ada dalam website maupun blog wordpress anda. Hal ini penting mengingat dari sinilah kita bisa melakukan banyak hal yang ada pada blog / website. Cara memasang plugin di wordpress sendiri cukup mudah, yang terpenting disini anda ingin melakukan seperti apa dengan plugin wordpress tersebut. Sebab setiap plugin mempunyai fungsi yang relatif berbeda dengan plugin lainnya.

Jika anda merupakan salah satu pengguna wordpress yang baru, ada banyak sekali plugin gratis yang bisa anda install di blog maupun website anda. Namun supaya tidak membebani kinerja hosting / website anda, saya menyarankan sebisa mungkin untuk efisien dalam menggunakannya. Saya pribadi biasanya menggunakan 10 sampai 15 plugin saja disetiap blog maupun website online. Hal ini untuk menghindari penggunaan plugin yang over yang bisa saja berakibat buruk pada website yang kita kelola.

Pada umumnya ada dua cara yang bisa anda lakukan, untuk cara instal plugin wordpress di website / blog anda. Anda tinggal memilih cara yang mana, yang menurut anda paling mudah dilakukan.

Baca Juga : Cara Membuat Daftar Isi di Artikel WordPress Secara Otomatis

Cara Instal Plugin di Web WordPress

Plugin populer seperti Yoast SEO, Contact Form 7, Akismet Anti-Spam, Classic Editor, Really Simple SSL, dan plugin lainnya bisa anda instal di website yang anda kelola. Adapun cara install plugin wordpress bisa anda ikuti step by stepnya pada penjelasan berikut ini.

Cara Memasang Plugin di WordPress dengan Upload Plugin

Cara ini bisa anda lakukan, bila anda sudah mempunyai file master plugin yang siap untuk di install pada website anda. Adapun detail langkahnya silahkan simak pada penjelasan berikut ini.

  1. Masuk ke dasboard blog wordpress sebagai admin
  2. Kemudian, klik menu Plugins lalu klik Add New atau Tambah Baru
  3. Maka anda akan dibawa ke halaman tambah baru plugin, klik Upload Plugin (Unggah Plugin)
  4. Kemudian klik Choose File lalu cari file plugin yang anda miliki, lalu Install Now (Pasang Sekarang) dan tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai
  5. Jika proses install plugin selesai, maka ada pilihan untuk aktifasi plugin, maka dari itu klik Aktifkan.
  6. Sampai sini proses instalasi plugin wordpress sudah selesai, setelah itu anda bisa mengatur plugin sesuai kebutuhan.

Cara Memasang Plugin di WordPress dengan Upload Plugin

Baca Juga : Cara Membuat Push Notifikasi di Blog

Cara Memasang Plugin di WordPress dengan Menggunakan Fitur Search

Jika cara pertama kita harus menyimpan file plugin wordpress di komputer maupun laptop kita, namun untuk cara kedua ini kita tidak perlu report-report melakukannya. Sebab, untuk menginstall plugin di wordpress ini anda hanya memanfaatkan fitur search saja. Adapun step by stepnya, akan dijelaskan dibawah ini

  • Pertama, silahkan login ke dasboard web wordpress sebagai admin
  • Kemudian, klik menu Plugins lalu klik Add New atau Tambah Baru
  • Anda bisa menambahkan plugin dengan cara mengetikan nama plugin pada kolom cari plugin, atau bisa saja memilih salah satu plugin populer yang ada pada tab menu Populer
  • Jika sudah ketemu plugin yang cocok, silahkan klik tombol Install Now (Instal Sekarang), seperti ini
  • Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi selesai, dan jika sudah selesai klik Aktifkan
  • Sampai disini proses instalasi selesai, proses selanjutnya anda bisa melakukan setting jika diperlukan.

Cara Memasang Plugin di WordPress dengan Menggunakan Fitur Search

Perlu diketahui bersama bahwa, tidak semua plugin harus di setting setelah proses instalasi. Dengan kata lain, ada plugin yang membutuhkan settingan sendiri, ada yang tidak perlu disetting setelah proses instalasi selesai. Plugin-plugin yang biasanya membutuhkan settingan ialah plugin seputar SEO, mempercepat loading web, AMP, pemasangan iklan, dan masih banyak plugin lain yang perlu di setting lebih lanjut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.