Tempatnya Ilmu Internet

Cara Masuk Bios Laptop HP Paling Mudah

Laptop HP merupakan satu diantara brand laptop yang ada di Indonesia, bagi kalian pengguna baru laptop hp mungkin ingin tahu cara masuk bios laptop hp untuk keperluan instalasi sistem operasi, baik yang windows, maupun linux, maupun untuk keperluan setting lainnya yang anda memerlukannya agar bisa masuk ke bios laptop hp anda.

Sama seperti laptop jenis lainnya, laptop hp juga mempunyai standart penggunaan keyboard sendiri untuk melakukan perintah-perintah dasar, seperti misalnya tombol untuk masuk ke bios laptop. Berbeda misalnya jika anda sebelumnya pengguna laptop asus yang rata-rata menggunakan perintah F2 untuk bisa masuk ke sistem bios laptop. Di laptop merk hp caranya berbeda.

Saking banyaknya seri laptop dan merk laptop, setiap brand biasanya mempunyai cara /standart tersendiri dalam pengoperasiannya. Salah satunya ialah cara masuk bios di laptop hp. Adapun merk laptop hp yang sekarang ada di pasaran Indonesia sudah banyak sekali, seri hp pavilion merupakan seri pertama yang juga masih banyak kita temui di outlet-outlet toko komputer. Dari sekian banyak merk, cara untuk masuk ke bios laptop hp bisa anda lakukan pada laptop hp pada umumnya, dan merk-merk laptop hp seperti berikut :

  1. HP Pavilion x360
  2. HP Pavilion 15-P229AX
  3. HP Pavilion 10-F001AU
  4. HP 14-AC186TU
  5. HP 14-CK0004TX
  6. HP 431
  7. HP ProBook 430 G3
  8. HP Pavilion G4-1004TU
  9. HP 240 G6 Notebook PC – 4RK07PA
  10. HP Envy 13-AD00-TX
  11. HP Pavilion 15-ak035tx
  12. HP OMEN 15-5117tx
  13. HP ProBook 440 G3
  14. OMEN by HP – 15-dc0035tx
  15. HP Pavilion Gaming Laptop 15-cx0056tx

Meskipun merk laptop hp tak sefamiliar laptop asus, laptop lenovo, laptop toshiba, laptop acer, tapi laptop hp mempunyai penikmat tersendiri yang tentunya tidak sedikit.

Cara Masuk Bios Laptop HP

Adapun cara untuk masuk ke bios di laptop hp, disemua seri laptop hp umumnya menggunakan perintah pada tombol F10, atau Esc, atau F9. Adapun penjelasan dan penggunaan dari masing-masing tombol, anda bisa membaca penjelasan berikut ini.

1. Dengan Menggunakan Perintah Tombol F10

Adapun cara masuknya, sama seperti biasa. Anda diminta menekan tombol F10 ketika proses boating laptop. Mengenai cara detailnya bisa anda simak pada penjelasan berikut ini:

  • Silahkan hidupkan laptop hp anda, dengan menekan tombol power.
  • Pada proses boating sebelum muncul icon sistem operasi (logo windows / linux), tekan beberapa kali tombol F10 pada keyboard laptop hp anda. Untuk menghindari anda telat dalam menekan tombol F10, segera tekan tombol F10 setelah 1, 2 detik setelah anda menekan tombol power.
  • Maka anda akan dibawa ke halaman utama bios di laptop hp anda.

2. Dengan Menggunakan Perintah Tombol F9

Cara lain yang bisa anda lakukan ialah dengan menekan tombol F9, pada proses boating laptop hp anda. Adapun caranya sebagai berikut :

  • Tekan tombol power pada laptop hp anda, untuk menghidupkan laptop.
  • Setelah 1, 2 detik setelah menekan tombol power, segera tekan tombol F9 pada laptop.
  • Kemudian pilih opsi masuk BIOS yang tertera pada layar laptop.

3. Dengan Menggunakan Perintah Tombol Esc

Selain tombol F10, anda juga bisa menggunakan perintah tombol Esc yang ada pada keyboard laptop hp anda. Caranya pun hampir sama dengan cara pertama yang sudah dijelaskan diatas. Yakni menekan tombol Esc secara berulang ketika proses boating sebelum masuk ke sistem operasi laptop.

  • Silahkan hidupkan laptop anda, dengan menekan tombol power
  • Setelah itu, segeralah tekan tombol ESC beberapa kali, sebelum laptop loading sistem operasi.
  • Maka akan tampil pilihan menu boot, termasuk menu untuk ke BIOS laptop hp
  • Selanjutnya, silahkan pilih opsi masuk ke menu BIOS dengan memilih menu BIOS.

Itu tadi cara masuk bios laptop hp yang bisa anda lakukan, bagaimana mudah bukan caranya? anda bisa memilih salah satu cara diatas, agar bisa masuk ke bios di laptop hp yang mungkin baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.