Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Efek Kota Melingkar di Photoshop

Halo para pencari ilmu desain dimanapun kalian berada. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu teknik desain yang cukup populer akhir-akhir ini, yakni cara membuat efek kota melingkar di photoshop. Ilmu yang akan kita pelajari kali ini. Tutorial ini cocok banget untuk kamu yang sedang belajar desain khususnya photoshop karena nanti kita akan menggunakan banyak tool, sehingga akan membuatmu terbiasa dengan tools yang ada di photoshop.

Kamu tentu sudah pernah melihat efek kota melingkar ini sebelumnya bukan? Efek kota melingkar ini memang cukup menarik perhatian. Bagaimana tidak? Foto sebuah landscape bisa terlihat seperti planet mini yang memiliki gedung layaknya kota biasa. Unik bukan? Mungkin ketika pertama melihatnya, efek kota melingkar ini terlihat sulit untuk dibuat ya. Tapi jangan pesimis dulu karena kita tidak akan pernah tahu jika tidak mencobanya.

Cara Membuat Efek Kota Melingkar di Photoshop

Nah, berikut ini akan saya terangkan bagaimana cara membuat efek kota melingkar di photoshop. Pastikan kamu perhatikan langkah-langkahnya dengan seksama dan langsung praktek ya guys. Chect it out!

Langkah 1

Mula-mula siapkan foto landscape kota terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan koleksi pribadi atau bisa juga dengan mengunduhnya di situs penyedia stok foto gratis. Usahakan foto memiliki kualitas yang bagus sehingga hasilnya akan memuaskan. Siapkan juga laptop yang sudah terinstall photoshop didalamnya. Nah, sekarang buka photoshop seperti biasa, kemudian buka foto yang sudah kamu siapkan tadi dengan klik File > Open.

Langkah 2

Langkah selanjutnya yaitu mengubah ukuran foto agar panjang dan lebar menjadi sama. Caranya klik Image > Image Size.

Kemudian akan muncul dialog seperti gambar berikut. Sesuaikan ukuran dan pengaturannya sesuai gambar lalu klik OK.

Nah, hasilnya foto akan menjadi berbentuk persegi seperti ini guys.

Langkah 3

Langkah selanjutnya adalah membuat gambar seakan-akan menyatu jika diberi efek melingkar nantinya. Pertama-tama pada menu bar klik Filter > Other > Offset.

Lalu akan muncul dialog seperti ini. Isi Horizontal 1464 pixels right lalu klik OK.

Hasilnya akan ada perpotongan gambar seperti ini.

potongan efek kota melingkarLangkah 4

Langkah keempat yaitu membuat potongan tadi menjadi seolah-oleh tersambung. Caranya pada toolbox klik Clone Stamp Tool.

Kemudian klik area yang ingin dicopy sambil menekan tombol ALT.

Kemudian klik pada bagian yang ingin disamarkan sehingga foto tampak menyatu.

Lakukan terus langkah tadi hingga foto tampak menyatu seperti gambar dibawah ini. Sudah terlihat menyatu bukan? Dengan begitu hasil efek kota melingkarnya akan tampak lebih bagus dan realistis.

cara mbuat efek kota melingkar di photoshopLangkah 5

Langkah selanjutnya yaitu membuat foto menjadi melingkar. Pertama-tama putar terlebih dahulu foto 180 derajat. Caranya klik Image > Image Rotation > 180º.

Hasilnya foto akan terbalik seperti ini.

Kini kita memasuki langkah terakhir yaitu membuat gambar seakan-akan melingkar. Caranya sangat mudah yaitu klik Filter > Distort > Polar Coordinates.

proses membuat efek kota melingkar di photoshopKemudian akan muncul dialog seperti gambar dibawah ini. Klik Rectangular to Polar, lalu klik OK.

finishing cara membuat efek kota melingkar di photoshopDan hasil akhirnya akan seperti ini sob.

hasil cara membuat efek kota melingkar di photoshopBaca Juga : Cara Membuat Lipatan Kertas Foto dengan Photoshop

Itulah tadi cara buat efek foto melingkar di photoshop. Sebenarnya untuk membuatnya melingkar hanya dibutuhkan satu fitur saja yaitu Polar Cordinates. Hanya saja kita harus mengedit fotonya terlebih dahulu agar hasil akhirnya tampak menyatu.

Demikian artikel tentang cara membuat efek kota melingkar di photoshop. Semoga artikel diatas dapat meningkatkan kemampuan desainmu dan menjadi inspirasi saat mendesain nantinya. Jangan patah semangat dan terus berlatih desain!

Leave A Reply

Your email address will not be published.