BerandaBloggingWordpressCara Menampilkan PDF di WordPress tanpa Plugin Termudah!

Cara Menampilkan PDF di WordPress tanpa Plugin Termudah!

Bagi kalian yang ingin menyisipkan file pdf supaya isi dari file pdf yang kalian upload bisa terbaca di wordpress, maka kalian perlu tau cara menampilkan PDF di WordPress tanpa plugin ini. Cara Embed PDF Google Drive ini adalah solusinya, sebab jika tidak kalian juga masih bisa menyisipkan file pdf di situs yang kalian miliki dengan plugin embed pdf.

Dengan menyisipkan file pdf di situs, maka isi dari file pdf tersebut akan langsung bisa terbaca oleh pembaca situs kalian, tanpa harus mendownloadnya terlebih dulu. Namun meskipun begitu kalian masih juga bisa mendownloadnya langsung.

Cara Menampilkan PDF di WordPress tanpa Plugin Tambahan

Pada kesempatan kali ini admin mencontohkan menggunakan google drive dan untuk bisa menyisipkan file pdf ke dalam blog wordpress kita, ada beberapa langkah yang perlu kalian lakukan. Yuk simak penjelasan step by stepnya dibawah ini.

1. Upload File PDF di Google Drive

  • Pertama yang pasti kalian sudah mempunyai file pdf yang ingin di upload di halaman wordpress blog ya.
  • Selanjutnya silahkan buka google drive melalui gmail kalian, melalui tanda titik-titik 9 yang ada di sisi kanan atas akun google kalian dan pilih Drive untuk masuk ke akun google drive.
  • Pada google drive, klik New (Baru) lalu upload file pdf yang di inginkan. Seperti ini contohnya

upload file pdf di google drive

  • Pilih file pdf di komputer / laptop kalian, lalu klik Upload dan tunggu beberapa saat hingga proses upload file berhasil.
  • Kemudian klik file pdf yang sudah terupload di google drive tadi, lalu klik filenya maka file tersebut akan terbuka di google drive, klik gerigi tiga yang ada di pojok kanan atas dan klik Bagikan / Share. Contohnya bisa dilihat seperti ini.

cara upload file pdf di google drive

  • Kemudian pada pengaturannya klik Public (Akses Umum) Siapa saja yang memiliki link bisa Pelihat (view).

cara sharelink pdf di google drive

  • Kemudian klik Selesai.

Baca juga artikel lainnya: Cara Memasang Plugin di WordPress

2. Copy Embeded Code (Kode Tempel)

Proses upload file pdf di google sudah selesai, selanjutnya supaya file pdf yang sudah terupload tadi bisa dipasang / sisipkan di laman wordpress blog maka harus di copy embeded codenya terlebih dahulu. Adapun caranya seperti berikut ini.

  • Buka mode pratinjau (preview) dengan cara klik kanan >> pratinjau (preview) pada file pdf yang tadi di upload.
  • Klik gerigi 3 yang ada di sisi pojok kanan atas, lalu klik Buka dijendela baru (open link new tab), seperti contoh dibawah ini.

  • Maka akan terbuka jendela baru, kemudian klik gerigi 3 masih dipojok kanan atas dan pilih sematkan item…

  • Jika benar langkahnya maka akan muncul script / kode link pdf yang bisa kalian sematkan
  • Blok script codenya, lalu click tombol Ctrl+C atau klik kanan >> copy untuk mencopy kodenya. Contoh seperti ini

3. Pastekan di Mode HTML WordPress

  • Tahap akhir setelah mencopy embeded code file pdf dari google drive, kalian bisa masuk ke dasboard wordpress blog kalian lalu buat artkel atau post baru.
  • Kemudian pada halaman default Visual, rubah ke mode Teks (HTML) dan pastekan pada baris yang di inginkan dengan cara klik tombol Ctrl+V atau Paste.

cara menyisipkan file pdf di halaman wordpress

  • Hasilnya bisa dilihat seperti tampilan dibawah ini.


Bagaimana, cara menampilkan PDF di WordPress tanpa plugin mudah bukan? pastinya mudah ya, terlebih kalau kalian nanti sudah terbiasa melakukannya. Demikian penjelasan singkat yang bisa admin sampaikan mudah-mudahan berguna buat pembaca semua.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular