Tempatnya Ilmu Internet

Besaran Satuan Berat, Satuan Luas, Satuan Panjang, Satuan Isi

Dalam ilmu matematik kita banyak mengenal besaran satuan – satuan yang ada seperti satuan berat, satuan luas, satuan panjang, satuan isi, dll. Namun saking begitu banyaknya satuan yang di pergunakan sehari-hari kadang kita sampai lupa akan persamaan persatuan yang digunakan.

satuan besaran

Naah buat temen-temen yang mungkin lupa mengenai konversi satuan, berikut beberapa satuan yang mungkin bisa membantu.

SATUAN UKURAN BERAT:

1 ton = 1000 kg

1 ton = 10 kwintal

1 kwintal = 100 kg

1 kg = 2,2 ponds

1 pon = 5 ons

1 hg = 1 ons

1 kg = 10 ons

1 ons = 100 gram

1 gram = 1000 miligram

SATUAN UKURAN PANJANG :

1 inci = 2,54 cm

1 meter = 100 cm

1 foot = 12 inci = 0,3048 m

1 yard = 3 feet = 0,9144 m

1 mile = 1.760 yards

1 mile = 1,6093 km

1 cm = 10 mm (milimeter)

1 dm = 10 cm (centimeter)

1 m = 10 dm (desimeter)

1 dam = 10 m (meter)

1 hm = 10 dam (dekameter)

1 km = 10 hm (hektometer)

SATUAN UKURAN LUAS:
1 hektar = 10.000 m²
1 are = 1 dam² = 100 m²

1 m2 = 10.000 cm2 “2=pangkat”

1 km2 = 1.000.000 m2 “2=pangkat”

SATUAN ISI:
1 m³ = 1000 liter
1 dm³ = 1 liter
1 liter = 1000 cm³
1 cm³ = 1 cc
1 barrel = 158,99 liter
1 gallon = 4,5461 liter

SATUAN LAIN :
1 rim = 500 lembar
1 gross = 144 buah
1 gross = 12 lusin
1 lusin = 12 buah
1 kodi = 20 helai

Dikutip : wikipedia

21 Comments
  1. ananda ghefira says

    ada yg lebih lengkap lg?///

  2. rose says

    correction gan

    1 kg = 2,2 ponds…
    pengaruh banget loh 0,2

    1. IlmuOnline says

      @rose : ok sob, thanks atas masukannya.
      kontent sdh sy update, emang bener meskipun selisih 0,2 tetep berpengaruh klo ngitungnya banyak.

  3. Haryo Wiradito says

    1 pon berapa kg?

    yang tau tolong jawab ya :}

  4. silvia agatha says

    kalau satuan untuk tinggi apa ????? 😀

    1. IlmuOnline says

      @silvia a : memang ada ya satuan tinggi ?

  5. SEWA PANGGUNG JAKARTA says

    thx yaa gan buat info nya

  6. Dicky says

    bos kl merubah satuan besi ,,contoh 14,37 buah
    kl drubah jdi kg gmn bos ???

  7. Syakira bilqis says

    Yang lebih lengkap ada gk???….:);)

  8. yohan adi says

    terimakasih atas infonya mas, law bisa tolong dibuat seperti anak tangga, dari satuan satuan tersebut.

  9. ipung says

    Sob hitungan air dong, dari Oz ke Liter, Oz ke mililiter atau sebaliknya.. Thanks

  10. Crystal says

    Kak, Ons sama Hg itukan sama aja ?

  11. maharani says

    Kalo 1 kuwintal brapa gram

  12. betasifana says

    Klau pons jadi dag jadi brpa????

    1. Gifta says

      2 pon = 100 dag

  13. Zmari says

    1 tan bersamaan berapa ela?

  14. Nur aisyah says

    Ton ke ons berapa????? Udah pusing kepala

  15. Clairine Majorie says

    Saya suka banget

  16. izra putri says

    Trimakasih atas infonya sangat bermanfaat

  17. July karinda. K. says

    Gimana tulisannya milimeter hektogram jika disingkat. Bisa nggak?!

  18. sukarana says

    1m3 Brapa Kg?

Leave A Reply

Your email address will not be published.