Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Mudah Upload File /Data ke Website melalui Filezilla

Untuk mengupload file maupun folder dari komputer ke website kita bisa menggunakan program filezilla. seperti yang kita ketahui bersama untuk mengupload file ke website kita bisa dengan berbagai cara seperti langsung dari cpanel web/blog, maupun dari program lain. Trus mungkin sobat penasaran mengapa harus pake filezilla ? yups, karena dengan filezilla kita bisa upload beberapa file/folder secara bersamaan tanpa harus nunggu satu persatu, sehingga proses upload lebih cepat. Untuk menggunakan filezilla silahkan di download dulu disini.

Jika sudah di download, selanjutnya instalasi program seperti program biasanya. kemudian kita buka/jalankan FTP FileZilla seperti tampilan berikut ;

Agar bisa terkoneksi dengan Control Panel Hosting web /blog, isikan beberapa opsi berikut ;

Host /Mesin : isikan dengan ftp.namadomain.com ex : ftp.ilmuonline.net

Username : isikan dengan username CPANEL sobat

Password : isikan dengan Password CPANEL sobat

Port : isikan 21 “standart”

Kemudian click Quickconnect /Koneksi Cepat, jika berhasil koneksi maka akan muncul pesan teks hijau bahwa koneksi succesfully.

Untuk mengupload file /folder yang ingin kita upload, click and drag file /folder dari sisi kiri ke kanan atau bisa juga dengan klik kanan >> Upload, maka beberapa saat samapi selesai (jika berhasil di upload biasanya di status Successful tranfers di tab menu bawah ada report/keterangannya)

dan jika ada file yang gagal di upload biasanya akan ada di tab menu Failed Tranfer.

Catatan : untuk mengetahui Host, Username dan Pasword sobat bisa mengeceknya di FTP Account Cpanel website sobat.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

46 Replies to “Cara Mudah Upload File /Data ke Website melalui Filezilla”

    1. @KMKP Sipil Unhas : di pahami gan, File Zilla mrupakan salah satu aplikasi yg fungsinya buat memudahkan upload data ke dlm web..

    1. @damkha : utk uploadnya sama aja gan, agan silahkan pake username dan password nya cpanel… klo success biasanyaada pemberitahuan koneksi success…
      tapi klo misal agan mau nginstall joomla, bisa langsung dr cpanel trus pake fantastico/softacolous yg lebih mudah dlm menginstall CMS sperti joomla, Wp, OPencart, dll..

  1. waw,,senang rasanya telah bisa mentransfer data ,ke webhosting,,berkat baca artikel dari ilmuOnline.net,,,,Sukses selalu,,

  2. gimana ini,, aku udah upload tapi yg berhubungan dengan koneksi database’ku kok g bisa di buka ini gmn lanjutannya…
    aku bingung nichhhhhhhhh

    1. @artah : klo databasesnya belum isa di buka berarti koneksinya belum berhasil bro, coba di cek username & Paswordnya serta FTP nya

    1. @arulo28 : utk manggil langsung pake direktory setau sy ndak isa gan, klo mau manggil file .rar yg udah kita upload bisa mll cpanel atau bisa pake filezilla, yg pasti harus bisa koneksi ke data web kita, caranya pastiin ftp username, passwordnya..
      klo udah berhasil connect, selanjutnya di bagian menu bagian kanan tersebut tinggal kita cari file yg udah di upload…

  3. gan, balasnya ke email ya tolong banget ni.
    saya mau tanya ni, itu host username ama paswordnya kan dari cpanel.
    nah cpanel disetiap webhost apakah ada ? seperti sharebeast dari kemaren saya cari” ga ada dapat cpanelnya jadi saya bingung maksudnya username dan pasword cpanelnya itu apa dan dimana mendapatkannya ?
    thx sebelumnya tolong dibalas ke email saya ya, stevlimteddy@yahoo.com thx ^^

    1. @ stevlimteddy : whehe ndak sah via email ya gan, ribett… gini username dan pasword cpanel biasanya di dapet ketika pas pertama kali mendaftar (register) webhost jadi di dapet dari hostingnya..

  4. gan, ane pake wordpress di localhost..
    total file nya ada 3ribu.an, tapi pas di upload koq gak ke upload semua yaa ?
    keterangan nya emang udah beres, tapi queued file nya masih nyisa.. knpa ya gan ?

    1. @sena : banyak mas, tergantung konteksnya…
      berdasarkan pengalaman saya, memang klo upload file yg bejibun bnyak emang biasanya seperti itu.. ada yg file yg gagal upload, ntah itu krn server ato krn koneksi internetnya yg lemot…. solusinya mungkin uploadnya bertahap..jgan file 3ribuan di upload bareng2…klo emang sdah terlanjur, ya file yg gagal bisa di upload ulang.

      Saran : mending kalau mau install wordpress, langsung sj dari Softaculous ato Fantastico De Luxe lebih simple dan mudah banget. ndak perlu nyetting2.

      1. @inot : klo ndak ketemu ftp. biasanya bisa juga pake nama domainnya jadi formatnya kayak gini “ftp.namadomain.com” tanpa “”.
        jadi misal nama domainnya jual.com brarti bisa pake ftp “ftp.jual.com” tanpa petik “”.
        smoga bisa di mengerti.

  5. mau tanya cara ngeliat username dan password Cpanelnya dmn y sama ngisi hostnya gmn gan klo nama blog q .blogspot.com hostnya gmn?..q ngak ngerti..mohon pencerahannya..

    1. @ryuna : utk blog gratisan ndak ada yg namanya username & password cpanel. krn semua file qta udah di setting ke blogger /blogspot.
      jdi cpanel un & password bisa kita dpatkan bila sobat mempunyai hosting & domain berbayar.
      seperti itu.

      1. oh jadi ngak bisa ya…
        boleh minta bantuan ngak? gmn caranya biar bisa upload cepat ke blog soalnya pas upload gagal trus? =.= mohon bantuannya ga..trims ^^

        1. @ryuna : 5af bantuan apa sist ?
          klo emang ndak bisa ngupload, coba pake cara lain dri cPanel hosting, pilih fantastico/softacolous naah di situ ada bnyak pilihan CMS buat website nantinya “caranya lebih simple” klo emang mau mbikin website lho ya 😀
          tapi klo cumak mw sekedar upload data bisa pake indowebster yg free unlimited itu “bukan mksud promosi lho y :D”

  6. gan ane mau tanya nih misalnya kita mau upload ke hosting :
    1. link-link dlm file php seperti yg ada di tag <a href=… itu diganti jg pake alamat domain kita ga gan ??
    2. cara upload databsenya gmn gan ??
    3. di dlm file php yg fungsinya untuk menghubungkan ke database (misalnya koneksi.php) .. nahh di file koneksi itu ane sisipin password. yg jd pertanyaan apakah password dlm koneksi.php itu tidak berpengaruh saat di hosting ?

    pliss gan mohon pencerahannnya..makasih

    1. @ayot : Coba sy jawab ya..
      1. yups bener utk URL domainnya di sesuaikan dgn URL baru (alamat domain)
      2. utk upload database bisa mll PHPMyAdmin ato database yg dr cPanel website (biasanya otomatis akan dapet username + password cpanel setelah registrasi hosting)
      3. Maaf sebelumnya Sobat mau upload CMS apa ? setahu utk koneksi ke database ndak perlu password klo online, jadi klo misal di password misal “root” di hilangkan dulu passwordnya. kecuali utk masuk dasboard web baru emang di password.

      Saran saya utk install website lebih mudah memakai fasilitas Fantastico /Softacolous dgn begitu sobat ndak perlu mensetting ulang databasenya (Utk detail caranya bisa dilihat pd artikel web ini yg membahas ttg Fantastico/Softacolous).

      Semoga bisa dimengerti.

  7. Kalo kita sudah bisa upload file, terus cara sharingnya bagaimana?
    Misal saya sudah create dengan user A, kemudian A upload ke Host, kemudian saya juga create user B, si B ingin download file yang diupload oleh si A. gimn caranya gan?

    tq

    1. @rusnadi : berarti tinggal anda taruh link file yg udah di upload ke websitenya sampean sob, jadi orang laen bisa mendownloadnya.
      Klo sob pake wordpress dr dasboardnya langsung jga bisa.

      1. Saya login menggunakan login A kemudian create folder TEST, kemudian saya juga login dengan user B, tapi koq folder TEST tidak ter-sharing ya, gimana caranya agar B juga bisa lihat folder tsb?

        tq

    2. @rusnanndi : Maaf Mas klo biasanya msih dlm 1 account sih bisa, cumak sy ni kok radak bingung ya..
      yg anda maksud ini di hosting atau di websitenya ? Beda soale 😀

  8. pagi,,,upload ke web yg di tuju…ap tidak mengurangi space web trsebut?? / lemot webny??

    trims

    1. @jhoe : klo mengurangi space udah pasti iya, tapi klo membuat web lemot jawabnya belum tentu, tergantung dari berapa besarnya file/data yg di upload & kekuatan dr hostingnya anda itu sendiri. misal ; klo cumak sekedar upload gambar, ato dokument ms office saya kira ndak pengaruh ke laoding web.tapi klo yg sob upload adalah file video yg mempunyai ukuran yg besar mungkin itu akan berpengaruh. jadi klo mau upload file2 besar mending di arahkan aja ke indowebster, 4sahred ato layanan sejenis.

  9. gan aku mw tanya nih kan aku buat game private server trus aku mw nge Online in trus cara nya masang game nya itu di web gimana ya ??

    1. @Didil : maaf sob saya kurang begitu paham maksudnya, klo mau ngeonline nin game “agar bisa di maininin di website langsung sy kurang begitu tau”, tapi klo yg dimaksud upload file game ke web (ndk bisa di mainkan langsung), berarti tinggal upload ke hostingnya file master gamenya kemudian copykan link game tersbut ke website.

  10. mas, sy dah berhasil connect server, tapi stlah saya buka di remote sitenya ga ada folder public_html, jd saya klik kanan folder di local site dan upload. pertanyaan saya apa cara upload saya dah benar? soalnya website saya ga bisa tampil. sy juga sudah buat database dan import data diphpmyadmin. kira2 salahnya di mana ya? mohon pencerahannya trims..

    1. @mia : seharusnya klo udah berhasil konect pasti ada pulic_html nya sob itu ibaratnya directory dr cpanel hosting sobat, lha nanti didalamnya adalah data bisa file / folder mengenai website/blog yg kita buat.

      jika blm tampil berarti masih ada yg salah sob, bisa direktory uploadnya yg krg tepat, atau pengaturan databasenya yg kurang tepat.

      saran saya, jika sobat menggunakan CMS (ntah joomla, WordPress, Opencart) mending langsung install melalui fantastico dr cPanel.
      itu lebih mudah dan simple, detailnya bisa lihat https://ilmuonline.net/instalasi-wordpress-secara-online-melalui-softtacolous/

    1. @azdyana : untuk cpanel ndak usah dibikin, setiap order hosting otomatis dapet access cPanel.

    2. @azdyana : untuk cpanel ndak usah dibikin 😀
      setiap order hosting otomatis dapet hak akses cPanel (control panel) untuk mengelola blog / website.

  11. gan saya mau nanya nih, kalo misalnya kita sudah masuk ke file zila dan kita suda mengupload file html kita, terus gimana gan cara upload file yg baru apa yg lama kita hapus dulu baru kita upload lagi, tolong pencerahannya yah

    1. @taufiq : klo isi dan nama filenya sama, cumak ada perbaikan bisa langsung di tumpuk “upload” maka biasanya akan otomatis minta di overwrite/replace.

  12. gan klo dr apache2triad.. folder htdoc & folder mysql sama aja ya cara’a .. script” ga da yg harus diubah kan

  13. saya pernah upload file lewat filezilla dan tidak ada kendala, semua berjalan lancar. sampai beberapa hari saya dapat mengakses web saya. namun
    setelah saya meng update salah satu plug in , terjadi error pada web saya. blum berani otak-atik karna masih pemula langsung aja saya hapus semua file yang saya upload kemarin dari folder public_html yg ada filezilla. setelah semua saya pastikan terhapus, saya iupload kembali file2 saya ke dalam folder public_html.

    nah, kendalanya sekarang web saya ng blank . ga ada muncul apa2 gan. ga seperti kemrin web saya lancar dan intinya bisa di buka

    mohon pencerahannya gan.?
    semoga ilmunya berkah
    thanks before

    1. @anime : maaf anda pake plugin apa ? bisa jadi itu karena ndak support atau bisa jadi settingan hostingnya yg msih belum sesuai dgn web yg kamu upload.
      satu lagi, anda menggunakan CMS atau pure coding sendiri ?
      klo pake CMS cobak di update CMSnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *