Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Google Deindex, Mengantisipasi dan Cara Mengatasi Google Deindex

penyebab dan cara mengatasi google deindex

;,Google Deindex, Google Dance maupun Banned Google. saya perhatikan banyak menjadi bahan perbincangan di blog maupun forum-forum terutama kalangan blogger. Semenjak munculnya algoritma baru dari google seperti google panda dan google pinguin banyak trik-trik SEO yang di lakukan oleh sebagian blogger mengalami masalah, seperti google dance maupun google deindex. Maka dari itu meskipun saya bukan ahli SEO tapi saya akan mencoba sharing sedikit mengenai tips cara mengatasi google deindex pada blog /website yang saya peroleh dari membaca beberapa blog dan forum-forum.

Ada banyak faktor yang menyebabkan blog anda di tendang google. Untuk yang paling sering ditemui, blog terkena google deindex, atau bahasa mudahnya blog anda tidak ada dalam daftar google lagi. Bagi anda yang tidak terlalu mengandalkan google, sebagai sumber traffic munkin tidak terlalu mempermasalahkan. Namun bagaimana jika anda sangat mengandalkan google sebagai sumber traffic, tentu sangat terpukul bukan. Maka dari itu, bagi anda para blogger yang baru belajar ngeblog, penting untuk membaca artikel ini.

Cara Mengecek Blog Terkena Google Deindex atau Bukan

Lalu bagaimana cara mengetahui apakah blog Anda terkena Google Deindex atau tidak ? Mungkin itu pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda pada saat membaca artikel ini. Untuk mengecek apakah blog /website kita terkena Google Deindex berikut caranya ;

– Silahkan Masuk ke www.google.com, kemudian search seperti biasa dengan mengetikkan ‘site:alamatbloganda‘ tanpa tanda ‘ (petik). serta alamamatblog.com Anda ganti dengan URL alamat dari blog Anda

– Jika blog Anda masih terindex, baik homepage maupun artikel blog berarti blog /website Anda masih aman dan bebas dari Google Deindex, tapi jika sebaliknya google tidak mengindex sama sekali homepage blog /web Anda berarti blog Anda terkena Google Deindex.

Tip Agar Blog Tidak Terkena Google Deindex

Untuk mengatasi Google Deindex berikut beberapa tips yang mungkin bisa Anda terapkan di Blog /Website Anda ;

  • Fresh Content /Artikel yang Berkualitas
Google pinguin lebih menyukai fresh content yang berkualitas, jadi usahakan untuk mengupdate blog secara berkala dengan artikel yang berkualitas “kalau saya biasanya min 2 artikel per minggu”
  • Internal /External Duplicate Content
Naah kalau yang ini saya kira penyakit lama yang susah di ilangin 😀 karena biasanya duplicate content bisa faktor kesengajaan maupun tidak, duplicate content bisa terjadi karena artikel /content blog Anda banyak yang di copas (copy-paste) oleh blogger lain. untuk mengatasi masalah ini mungkin Anda bisa memakai tool anti copas yang sudah banyak di internet “dicari sendiri ya…!!!” 😀
  • Hindari Blog dari Content Otomatis

Sebelum kemunculan Google Panda dan Google Pinguin, banyak dari blogger memanfaatkan AGC untuk meraup keuntungan dari adsense maupun dari program affiliate seperti amazon. tapi sekarang cara tersebut sudah di expied mungkin ya. karena google tidak menyukai/ mengindex autoblog.

“dan masih banyak lagi tips2 yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari Google Deindex seperti memperhatikan struktur SEO On Page Blog, dll”

Cara Mengatasi Google Deindex pada Blog

Bagaimanapun juga tidak selalu semua blog yang mengalami deindex benar-benar mengalami masalah serius /pelanggaran serius, kadangkala perkara yang kita anggap sepele tapi malahan berakibat deindex google (blog tidak di deteksi google). Jika anda mengalami masalah dengan penyebab yg tidak terlalu serius anda bisa mengajukan banding melalui webmaster google.

  • Pertama ; yang perlu anda lakukan sebelum mengajukan banding ke google ialah ; mengoreksi blog anda terlebih dahulu, kira-kira point apa yang bisa melanggar TOS google, apakah konten kopi-paste, konten sponsor, konten SARA, penggunaan script berbahaya ? untuk point ini hanya anda sendirilah yang tahu, cobak dikoreksi sendiri.
  • Kedua ; Jika point pertama sudah diperbaiki, selanjutnya ajukan banding ke google (reindex google), caranya silahkan masuk ke google webmaster, dan pastikan blog anda sudah terverifikasi oleh google webmaster, kalau belum silahkan verifikasi terlebih dahulu.
  • Ketiga ; jika sudah terverifikasi, klik tijauan ulang atau dari link berikut  https://www.google.com/webmasters/tools/reconsideration. Kemudian isikan alasan secara singkat yang pada intinya, blog yang bersangkutan sudah kamu perbaiki, dan jika sudah tunggu balasan 1-3hari kerja, berdasarkan pengalaman penulis setelah 1hari kerja sudah dibalas dan jika blog anda tidak melanggar TOS google akan reindex lagi (terindex oleh google lagi).

Demikian tips singkat yang berkaitan dengan cara cek, penyebab google deindex, serta cara mengatasi google deindex dengan cara yang simpel. Jika sekarang anda mengalami masalah google deindex pada situs /blog, jangan panik. Cobalah cara diatas, dengan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar, semoga dengan begitu anda lepas dari kasus google deindex. Happy blogging 😀

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

43 Replies to “Google Deindex, Mengantisipasi dan Cara Mengatasi Google Deindex”

  1. Judulnya kurang tepat masbro. Bukan “mengatasi” deindex Google, tetapi “mencegah” deindex. Kalau mengatasi, berarti kiat atau tips kembali membuat web kita terindex google, kalau tips2 di atas adalah cara2 mengantisipasi supaya tidak deindex. tq

  2. @misterluit : ok masbro thanks tas sarannya, setlah sy pikir2 memang benar pendapat Anda.
    judulnya udah sy rubah…

  3. salah satu artikel saya juga kena deindex, padahal artikel yang saya buat ga copas. Apa bisa balik lagi artikel yang di deindex google itu?

    1. @afifah : kemungkinan artikel anda bnyak yg di copas ma blogger lain mbak, utk mengakalinya mbake bisa pake plugin anti copas…
      utk mengembalikannya mungkin bisa di edit kata2nya terutama di bagian paragraf pertama, trus di publish ulang..

  4. hmm wktu ane blogwalking ada yg bilang klo AGC itu untuk optimisi SEO juga, jadi mana yang bener nih bro

    1. @Nabil : dulu memang AGC msh bisa di Optimasi, tetapi semenjak google update algoritma terbaru udah berubah..
      itu sepengetahuan saya, krn saya sendiri juga mengalami nasib yg sama “beberapa blog AGC q pd deindex” 😀

  5. beberapa waktu lalu saya cek indek situs saya jumlah halaman indexnya berkurang di google ketimbang dulu, saya tahut bila kena deindex
    terima kasih atas tipsnya

  6. Thanks Buat sharing ilmunya.. sebagai orang yang kerja SEO otodidak dan cenderung coba coba kaya ane.. artikel ini bisa jadi rambu-rambu… mencerahkan !!!

  7. Gan saya lagi galau beneran gan, singkat cerita bulan kemarin blog bule saya deindex besar2an, sampai saya bulan ini tdk bisa PO. Terus saya rebuild lagi dengan artikel blog yang deindex. Saya posting 1 hari 3x. Belum sampai 1 bulan, pas hari ini blog saya deindex ada 3 biji. Apakah dengan menschedule 3artikel/hari bisa buat blog deindex? mohon pencerahannya gan.

    Kirim jawaban via email ya.

    Terimakasih

    1. @tekno : sudah dicoba cara diatas?
      Apakah blog agan semi wallpaper/wallpaper?
      krn utk sekrg ini emang blog wallpaper/semi wallpaper rawan banget deindex,jdi menurut sy bukan krn menschedule 3artikel/harinya.

  8. kemarin saya cek memakai site:alamatblog.com terdapat 5 URL blog saya di hasil pencarian. sekarang saya cek cuma tinggal dua. Apakah blog saya terkena deindex juga?

      1. Ngeceknya ketikkan aja di google site:urlblog, misal
        site:ilmuonline.net
        jika di google masih menampilkan banyak artikel berarti blog blm deindex, namun jika sebaliknya berarti deindex

  9. Saya sering submit URL ke GWT setelah update artikel. Harusnya setelah submit URL bisa langsung terindex. Namun terkadang tidak muncul dan bahkan URL lama menghilang. Apakah tindakan saya menyebabkan terkena sandbox dan beberapa URL deindex?

    1. @Ghufron : setahuku malah bagus mas klo di submit ke GWT, soal lamanya google mengindex artikel kita itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar klo blog anda terkena sandbox apalagi deindex, krn klo blog anda terkena deindex maka seharuse semua artikel yg ada di satu blog tersebut tidak bakalan terdeteksi oleh mesin pencari google.
      menurut sy sering2 update aja mas, jika blog anda di nilai bagus oleh google anda ndak perlu sering2 submit ke GWT, krn biasanya akan otomatis ngedeteksi

  10. Ane dh pernah ngalamin, domain fresh ane tiba2 deindex gan, padahl artikel cuma 1. Apakah alamat IP bisa dibacklist sma google, terus semua isinya deindex semua?

    kalau pake shared hosting kn kita ga tahu lainnya menggunakannya gmn, jadi semua yang ada dalam IP yang sama bisa kena semua.

  11. Makasih mas infonya,, blog ane de indeks google, tapi Alhamdulillah sudah kembali setelah ana mengajukan permohonan tapi kenapa tidak semua psotingan terindeks kembali ya,,, ada yang tau kenapa gan

  12. terimakasih gan infonya, pantesan aja salah satu web saya ketika mengetikan site:blogsaya.anu yang ke index cuma arcive nya saja sedangkan semua post dan home page gak tau ada d posisi mana 🙁 disitu terkadang saya merasa sedih

  13. Terima kasih mas infonya.
    Deindex itu apakah ada notifikasi dri google nya mas, via email gtu?? Atau emang tau” hilang di search engine? Thx

  14. Sebenarnya saya mengalami hal yg sama diatas, namun setelah ana cek “site://alamatnya”, alamat homepage blog saya muncul 😀

    Untuk rahasianya sendiri, saya cuma Submit alamat Blog saya pada “Fetch Google” di Google Webmaster Tools 🙂

    Alasan Mengapa Blog saya terkena Deindex = Jarang Posting Artikel(Mungkin) 😀

    1. @Ahmad Jazuli : Kemungkinan blog agan bkan termasuk kategori deindex mas 😀
      Itu bisa jadi krn pandangan google mengenai SEO yg anda terapkan di blog masnya atau efek update algoritma google, soalnya setahu saya google tidak maen tendang (deindex) buat blog yg jarang update artikel 😀

      1. Ternyata, saya salah dalam mengetikkan perintah yg seharusnya site:alamat_web malah pake site:// ????

        Jika boleh bertanya, adakah solusi buat SITEMAP yg indexnya menurun ? agar kembali normal, sesuai dgn yang kita submitkan, terima kasih ????

  15. Wah makasih mas infonya…
    Btw saya mau tanya nih, mungkin agak melenceng
    Kalau postingan saya sulit muncul dihalaman SE Google kenapa ya? padahal jika diketikan dengan domain baru akan muncul. Meskipun gak ada artikel lain yang judulnya sama, dan saya pakai judul yang berbeda banget tapi tetep aja susah muncul atau munculnya di halam akhir dari Google.

    Terima kasih

    1. @Fauzan : Jika kamu menggunakan blogspot, cobak cek thema sama struktur SEo di blogspot kamu, namun jika kamu menggunakan wordpress cobak optimasi melalui plugin2 SEO untuk optimasi.
      perlu dipertimbangkan juga poin2 berikut ini :
      * Seberapa unik artikel yg kamu buat ?
      * Seberapa banyak artikel yang ada diblog tersebut ? mengingat utk blog2 baru memang biasanya butuh waktu untuk bisa berada di page 1 google
      * Cobak dikasih backlink “berkualitas”, tidak perlu banyak2 yg penting “berkualitas”

  16. nice artikel min sangat bermanfaat, setahu saya min website deindex gara” suka man copast sama artikel orang, lalu kira” berapa lama website yg kena hukuman deindex bisa ke index lagi sama google?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *