Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Pengertian Flowchart dan Contoh Penerapannya

simbol flowchart

Bagi anda yang mengenal dunia pemrograman, sebelum melakukan pemrograman terlebih dahulu membuat algoritma atau langkah apa saja yang akan dilakukan pada program tersebut, intinya adalah bagaimana memecahkan permasalahan/kasus yang ada dengan membuat algoritma yang benar agar kasus tersebut selesai. Terkadang tidak semua orang paham dengan algoritma sehingga perlu cara lain untuk menjelaskan cara anda dalam menyelesaikan masalah tersebut, salah satunya adalah dengan menggunakan flowchart atau diagram alir.

Pengertian Flowchart

Pengertian flowchart ialah sebuah diagram atau bagan yang terdiri atas simbol – simbol yang menggambarkan urutan proses/algoritma secara runtut dan detail beserta hubungan antara satu proses dengan proses lainnnya. Selain itu flowchart juga menggambarkan proses yang ada dalam satu program secara jelas dari awal hingga proses selesai. Dalam flowchart terdapat beberapa macam simbol dan jenis flowchart itu sendiri serta contoh penerapannya pada beberapa kasus yang ada.

Beberapa Simbol Flowchart

Sesuai dengan pengertian flowchart sebelumnya dan karena flowchart menggambarkan proses yang berjalan, maka dalam flowchart terdapat simbol yang mewakili proses tersebut, dalam flowchart dikenal beberapa simbol berikut :

simbol flowchart

Simbol – simbol di atas adalah simbol utama yang biasanya digunakan untuk membuat program biasa, ada beberapa simbol lain yang terdapat dalam flowchart namun menggunakan simbol di atas sudah dapat menggambarkan alur proses dalam sebuah program yang dibuat.

 Baca juga artikel menarik lainnya

Jenis Flowchart

Selain flowchart memiliki beberapa simbol, terdapat pula jenis – jenis flowchart yang tergantung dari beberapa kasus dan penerapan yang berlaku. Flowchart memiliki beberapa jenis sebagai berikut :

  1. Flowchart System

Merupakan jenis flowchart yang menggambarkan aliran / alur kerja dari suatu sistem yang berlaku dan menjelaskan apa saja urutan prosedur yang terdapat dalam sistem tersebut.

  1. Flowchart Dokumen

Flowchart jenis ini menggambarkan alur laporan, formulir, dan dokumen yang ada.

  1. Flowchart Skematik

Flowchart jenis skematik hampir sama dengan flowchart sistem, namun terdapat sedikit perbedaan pada simbol yang digunakan. Flowchart skematik menambahkan simbol komputer dan perangkat lainnya. Untuk memudahkan membaca bagan alir yang agak sulit dimengerti hanya dengan simbol flowchart umum.

  1. Flowchart Program

Flowchart program menggambarkan aliran proses dalam sebuah program. Flowohart ini berada di bawah / bagian dari flowchart sistem

Contoh Penerapan Flowchart

Kami memberi contoh penerapan flowchart program berikut yang secara sederhana berfungsi untuk menentukan keliling suatu bangun datar biasa, seperti pada gambar berikut :

contoh flowchart

Penjelasan :

  1. Mula – mula flowchart diawali dengan simbol terminator mulai
  2. Kemudian pada flowchart terdapat simbol input untuk menginputkan panjang dan lebar (disimbolkan dengan p dan l)
  3. Proses utama perhitungan keliling dilanjutkan dengan rumus K : 2 x (p+l) / 2 kali jumlah panjang dan lebar, nilai keliling dimasukkan kedalam satu variabel huruf K
  4. Setelah proses selesai hasil akhir keliling akan ditampilkan (output) pada program
  5. Proses perhitungan keliling sukses

Masih banyak contoh lainnya mengenai flowchart yang anda bisa mencari referensi sendiri di buku atau internet. Dari penjelasan di atas bahwa pengertian flowchart ialah diagram yang menggambarkan alur proses dari program yang ada agar masalah yang dihadapi dapat terselesaikan. Semoga tulisan kami mengenai pengertian flowchart dan contoh penerapannya bermanfaat bagi anda.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *