Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Mengganti Template di Opencart

Mengganti Template di Opencart merupakan hal dasar yang harus di pelajari buat sobat yang baru memulai usaha berjualan online menggunakan CMS Opencart, jujur saya dulu pas baru belajar opencart sedikit bingung tentang cara mengubah template di opencart, karena mengganti template di opencart sedikit beda dengan CMS lain seperti Joomla, Drupal, Prestashop, WP, dll. yang kebanyakan memang sudah di sediakan menu khusus untuk mengganti template /tampilan website.

Untuk meminimalisir terjadinya error pas nanti mengganti template di opencart, hal utama yang harus sobat perhatikan adalah seri template yang mendukung /support dengan seri opencartnya. misal kalau template opencart untuk opencart seri 1.4.9 tapi di install di opencart seri 1.5.3 jadinya ya error, maka dari itu penting untuk memperhatikan support template yang pas pada saat mendownload template .

Cara mengganti template di opencart, berikut ulasan penjasalanya ;

1. Pastinya siapin dulu ya template opencart yang support dengan seri opencart kita, untuk kali ini saya tidak sempet nunjukin situs2 penyedia template opencart free, silahkan searching ndiri di google 😀  atau kalau ndak tinggal di search di Extentions Opencart disini.

2. Kalau sudah di download, selanjutnya kita extract file template opencartnya tadi, dan upload sesuai dengan folder penempatannya masing-masing yang biasanya di directory Catalog\View\Theme\nama_template dan image\template\filegambar_template.png. dan biasanya untuk mengupload saya menggunakan FileZilla, untuk penjelasan mengenai Filezilla bisa membacanya disini. tapi kalau sobat mencobannya di Localhost, maka tinggal copy-pastekan sesuai folder penenmpatannya.

3. Setelah di Upload, selanjutnya kita masuk ke halaman Administrator Opencart, yang biasanya kalau di localhost ya http://localhost/namadomain/admin trus pilih menu System >> Setting. pada Store Name setting, klik Edit

4. Karena kita mau mengubah /mengganti template, pilih Tab menu Store dan pada bagian Template silahkan pilih nama template yang barusan sobat upload.

5. Terakhir klik tombol Save/Simpan. jika proses upload sobat benar maka template akan berubah.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

14 Replies to “Cara Mengganti Template di Opencart”

    1. @teebee : bisa, tinggal anda download yang sesuai dgn versi Opencartnya. kemudian copykan di folder seperti di atas. cumak bedanya klo di xampp sobat letakkan di C:\\xampp\\htdocs\namadomain\catalog\bla bla “sesuai ket di atas”

    1. @Emka tupang : sama seperti keterangan di atas mas, versi Opencartnya. kemudian copykan di folder seperti di atas. cumak bedanya klo di xampp sobat letakkan di C:\\xampp\\htdocs\namadomain\catalog\bla bla “sesuai ket di atas”

      tapi klo seandainya sudah bisa meuncul di settingan tapi pas di terapkan kok ndak bisa tampil /error berarti kemungkinan besar tidak support dgn versi Opencartnya.

      1. mas IO,
        saya penasaran banget dgn template opencart 1.5.3.1, pdhl sekarang opencart sudah versi 1.5.5.1 ya? gmn nih mengatasinya?
        apa ruginya kalo saya masih pake yg versi 1.5.3.1? ntr kalo sudah maju, bikin lagi yg versi terbaru. apakah pemikiran seperti ini merugikan? saya mikirnya, bahwa opencart rada beda dgn portal (misalnya, joomla) yang harus nyimpan data banyak. mohon solusinya ya. nuhun

        1. @Efka : iya bener mbak skrg udah versi 1.5.5.1, klo misal mbaknya masih pake yg seri lama (1.5.3.1) itu ndak masalah. toh intinya sama saja dalam hal pemakainnya, saya sendiri sampe sekarang yg saya pake masih yg seri lama 1.5.3 kita ndak perlu selalu mengupdate ke versi yg baru, krn nanti pengaruhnya di template yg digunakan. “jika beda biasanya akan error”.

          Salam.

  1. Mas,sy newbie,saya mau ganti template sudah saya lakukan semua langkah2 tpi kenapa gk bisa ya,pada kolom template hanya ada default saja padahal sudah saya masukkan templatenya melalui FileZilla dan berhasil,kesalahannya dimana ya mas,bisa tlg bantu saya,trims.

    1. @vany : klo di pilihan template blm tampil/ada berarti uploadnya ada yg salah tempat/kurang sist, krn utk upload theme OP memang berbeda dgn theme2 CMS lain.
      Jadi coba di koreksi ulang, utk file template yg di upload, sudah sesuaikan dgn cara yg saya jelasin diatas apa blm. n jika sudah maka akan tampil pilihan theme yg baru di upload.

  2. Mas, klo ngubah template itu gambar2 produk yang di upload mempengaruhi ngga ya ? maksudnya karena template berubah gambar jadi ilang ngga ? gambar produk maksud saya.
    terima kasih

  3. gan cara upload tamplate nya sudah saya letak di folder masing” kok saat ganti masih default aja gan minta solusi nya cara upload tamlate nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *