Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Menambahkan Option Size dan Warna di Produk pada Opencart

Menambahkan option keterangan size (ukuran) dan warna di product pada opencart toko online perlu dilakukan jika sobat jual produk semisal baju, kaos, dan sejenisnya yang membutuhkan keterangan tambahan ukuran, warna, dan keterangan lain yang membedakan satu sama yang lain dalam online store.

Maka dari itu untuk tutorial opencart kali ini saya akan coba share mengenai cara menambahkan option size dan warna di product pada CMS Opencart, ketika membuat / menambahkan produk baru di toko online kita.

Untuk detail cara menambahkan option size dan warna di product yang ada pada toko online menggunakana opencart, bisa sobat simak pada penjelasan berikut ini

  • Pertama seperti biasa masuk ke admin dasboard toko online
  • Pilih menu Catalog >> Options, maka akan muncul option pilihan yang sudah ada. disini sobat bisa membuat option baru Size dan warna dari tombol Insert yang ada di kanan atas.
menambahkan ukuran di produk
menambahkan ukuran di produk
  • Isikan ukuran yang ingin dimasukkan ke dalam option Size, semisal ukuran ; S, M, L, XL. Seperti yang terlihat seperti ini

membuat size di product

  • klik tombol Save untuk menyimpannya, untuk menambahkan option warna lakukan langkah yang sama seperti diatas.
  • Kemudian tambahkan product baru, di menu Catalog >> Products, pilih tombol Insert untuk menambahkan produk baru
  • Selanjutnya isi data yang diperlukan seperti biasanya, yakni di tab menu General untuk mengisi judul, keterangan produk. tab menu Data untuk harga normal, berat, gambar produk. tab menu Link untuk kategori link produk.
  • Disini point yang paling penting yakni di tab menu Options, pada form kiri sobat ketikkan nama option yang tadi sobat buat semisal Size dan Warna, selanjutnya masukkan ukuran dan warna yang tersedia untuk produk tersebut. misalnya seperti ini

ukuran produk

warna produk

  • Klik tombol Save, dan lihat hasilnya pada tampilan produk jika sudah ada pilihan untuk Size dan warna berarti sudah berhasil seperti gambar dibawah ini.

tampilan opsi size dan warna di produk

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

6 Replies to “Menambahkan Option Size dan Warna di Produk pada Opencart”

  1. Gan, mau tanya, saya udah ikutin caranya, tapi saat cek email order client tidak ada Option Size , gimana ya solusinya agar saat client order option sizenya terkirim ke email ? mohon bimbingannya ya. thanks gan

    1. @Rizal : pastiin ketika order di pilih size /ukurannya. kalau di produk belum muncul tampilan size di sisi kanan gambar produk berarti blm berhasil. atau sudah muncul tapi pas order ndak milih ukuran/size, jadinya pas report order ndak ada ukurannya di invoice order.
      Jadi pastiin dulu proses sebelumnya sudah bener tidak ?

      1. Prosesnya udah bener Gan, tapi di email yang muncul cuman seperti ini

        Products
        1x 90 Degree by Reflex Capri Sport Pant – Z-231 (Z-231) Rp. 65,000

        jadi saya ngk ukuran yang di pesan. mohon bimbingannya ya, thanks

    1. @Rafanet : seharusnya bisa sob, saya juga biasanya klo upload logo image selalu pake png.
      mungkin perlu di cek ulang pesan errornya sob, apa krn ukurannya yg ndak sesuai dgn themenya atau ada faktor lain.

  2. Gan..
    sy ucapkan terima kasih banyak atas tutorialnya. saya awam OC. belajar sendiri dari web agan. sekali lagi terima kasih… semoga pahala kebaikan senantiasa terlimpah utk agan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *