Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Memperbesar Tampilan Image Produk pada Opencart

Memperbesar Tampilan Image Produk pada Opencart~ sekarang banyak sekali CMS – CMS yang bisa kita gunakan untuk membangun toko online kita, salah satu E-commerce yang saat ini menjadi tren adalah Opencart. dengan CMS opencart ini kita bisa membangun toko online dan mengaturnya sesuai dengan keinginan kita. salah satunya fasilitas untuk memperjelas gambar /image yang ada pada image produk sehingga calon pembeli bisa melihat lebih detail mengenai foto /image yang tertera pada image produk webstore.

Extentions yang di gunakan untuk memperbesar tampilan image produk dalam contoh kali ini adalah menggunakan vba image zoom untuk opencart 1.5.3.x dan berhasil (untuk seri opencart di bawah seri op 1.5.3 dan 15.2 saya belum tau), berikut prosedur untuk menginstall vba image zoom pada opencart ;

  • Pertama, pastikan kamu sudah menginstall VQMod, jika belum silahkan di baca artikel saya sebelumnya tentang Instalasi VQMod. download dulu vba cloud imagezoom di extention opencart disini
  • Jika udah di download kemudian upload file-file yang ada pada vba image zoom sesuai dengan direktorinya yakni ; catalog\view\javascript serta catalog\view\theme\default\stylesheet dan juga upload vba image zoom.xml di directory \vqmod\xml
  • Secara umum proses instalasi sudah selesai, yang perlu di ketahui di sini saya contohkan menggunakan template default dari opencart, jika anda sudah mengganti templatenya silahkan mengganti template “default” sesuai dengan nama template anda. pada  directory vqmod\vba image zoom.xml
Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

16 Replies to “Memperbesar Tampilan Image Produk pada Opencart”

  1. informasinya bermanfaat bgt..
    tp koQ gg bisa di perbesar ya??
    padahal vQmod-nya udah succes d install..
    bisa lebih detail lagi gg untuk vba image zoom-nya??
    jelasin pake cpanel atau filezilla-nya sekalian..
    hhe
    thanks y..

    1. @syafira : yg kurang paham bagian mana mbak ?
      utk yg blm berhasil, pastikan settingan vba zoomnya udah benar. biasanya klo templatenya beda dgn template default/bawaan ndak isa, nah agar bisa mbaknya ganti tuh di directory vqmod\vbaimagezoom.xml
      utk detailnya udah ada /udah di jelasin di dalam modul vba image zoom, di file Read Me.

    1. @ale : utk sekarang kayake blm sob, mungkin bisa pake tools lain yg sejenis. banyak kok.. “tapi kebanyakan mbayar :D”

  2. bro, udah sukses diinstall, cuma mau ngerubah hasil zoomnya biar lebih besar, itu setingannya dimana yah? trus kendala lainnya untuk additional image jadinya ga bisa diklik. kan 1 produk bisa ada 4 gambar, nah gambar yang dibawah itu yang 3 ga bisa diklik jadinya.
    thx

    1. @Sparepart hp : di dasboard sobat, pilih Menu System >> Settings. di bagian product image popup n thumb sobat ganti ukuran yg lebih besar..
      untuk detailnya, sobat bisa mbaca file readme nya “klo ndak salah” modul tersebut, disitu di jelasin cara settingnya.
      semoga berhasil.

  3. mantap..

    Saya mau tanya, itu kan Memperbesar Tampilan Image Produk pada Opencart, bagaimana kalo saya mau melakukan hal yang sama pada halaman kategori nya?
    Mohon bimbingannya…

    1. @newbie : setau saya skarang utk yg module gratisan blm ada yg support dgn category product. mungkin klo yg module berbayar ada.

    1. @agusgt : utk sekarang belum kayake sob, mungkin solusinya cari tool yg sejenis sob, ada di extentions opencartnya.
      and selamat buat jejaring sosialnya mas, smoga sukses.
      Salam blogger. 😀

  4. ane mau pkek vqmod ini bang, tapi ada yg bilang klo pkek vqmod database web kita bisa ancur…

    mhon di komen bang..

    1. @wepe17 : setahu saya ndak masalah kok sob, asal nginstall dan settingnya bener.
      krn setahu saya extension yg pling bermanfaat yg vqmod klo di opencart krn dgn begitu kita bisa menambah2kan ektension lain dgn mudah.
      Tapi semua balik dr diri masing2 sih, lbih mantep yg mana “krn setiap orang mempunyai pandangan yg beda2 itu wajar”.
      Tapi klo menrut sy pribadi, ndk ada masalah dgn vqmod krn manfaatnya lbh banyak “utk ukuran free”.

    1. Ya itu memang salah satu kelemahannya, tidak semua seri/type opencart support dgn extension.
      Naah dalam kasus ini kemungkinan besar fitur Zoomnya tidak support untuk tipe /seri opencart yang sobat gunakan, jadi nyari aja extension lain yg kegunaannya sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *