Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Kelebihan dan Kekurangan Jurusan Sistem Informasi

pengertian, kelebihan dan kekurangan Sistem Informasi

Bila anda hendak kuliah setelah lulus dari SMA/SMK dan ingin mengambil jurusan yang berkaitan dengan komputer, pasti akan ada banyak pilihan universitas beserta jurusan yang ada. Biasanya universitas menawarkan jurusan dengan spesifikasi dan akreditasinya masing – masing. dan jika anda kalian ingin melanjutkan kuliah yang menjurus ke dunia komputer, dan berminat untuk masuk ke jurusan sistem informasi, maka kalian perlu tahu juga kelebihan dan kekurangan jurusan sistem informasi terlebih dahulu, agar nantinya sudah tau konsekuensi dari pilihan yang kalian pilih.

Bila memang anda tertarik dengan dunia komputer, biasanya di Indonesia terdapat jurusan yang membuka diri terhadap calon mahasiswa yang suka dengan komputer. Contoh dari jurusan ini adalah Ilmu Komputer, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Bisa dibilang ketiga jurusan ini terlihat sama dan terkadang berada di satu fakultas yang sama. Dan pada kenyataannya mata kuliah yang dipelajari beberapa jurusan di atas hampir sama.

Namun satu yang menarik, jurusan Sistem Informasi merupakan salah satu yang paling favorit dipilih oleh para calon mahasiswa. Sistem informasi tentu berbeda dengan Teknik Informatika atau Ilmu komputer. Jurusan ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari jurusan sistem informasi. Pada tulisan kali ini akan membahas mengenai hal tersebut, dan bagaimana sebaiknya anda memilih jurusan yang sesuai dengan minat anda.

Pengertian Sistem Informasi dan Jurusan Sistem Informasi

Sebelum anda mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan sistem informasi, ada baiknya anda mengetahui beberapa pengertian dari sistem informasi dan jurusan ini, kami sudah rangkum dalam beberapa poin berikut ini.

  • Sistem informasi secara umum merupakan sebuah program / aplikasi komputer yang dapat mendukung  proses seperti operasi, instalasi, dan perawatan dari perangkat keras, perangkat lunak, & data.
  • Sistem Informasi juga bisa diartikan sebagai kumpulan dari perangkat lunak, pengguna, prosedur, aturan – aturan yang telah diorganisasikan sedemikian rupa untuk memecahkan masalah melalui cara mengubah data menjadi informasi.
  • Sistem Informasi merupakan satu kesatuan dari data yang telah terintegrasi dan diolah menjadi keluaran berupa informasi. Informasi dapat berupa bentuk gambar, suara, ataupun tulisan.
  • Sistem informasi adalah gabungan dari kumpulan komponen sistem yang mempunyai hubungan antar komponen yang memiliki tujuan untuk menghasilkan informasi dalam suatu bidang tertentu. Sistem informasi  memiliki karakteristik yaitu fleksibel, efektif, & efisien.

Berdasarkan pengertian sistem informasi di atas, kita dapat mengambil kesimpulan mengenai jurusan sistem informasi sebagai berikut.

  1. Jurusan Sistem Informasi merupakan jurusan yang menghasilkan lulusan yang bisa melakukan analisis, desain, dan merancang proses pengelolaan informasi berdasarkan tujuan dari organisasi. Lulusan sistem informasi memiliki kemampuan untuk menjembatani organisasi (klien) dengan orang teknis yang mengerjakan suatu sistem di perusahaan.
  2. Jurusan Sistem Informasi pada implementasi perkuliahan lebih menekankan materi kuliah yang mengarah ke bisnis dan perancangan sistem informasi. Untuk kegiatan teknis seperti programming atau engineering jurusan ini tidak menaruh materi yang dalam / spesifik.

Kelebihan Jurusan Sistem Informasi

pengertian, kelebihan dan kekurangan Sistem Informasi

Jurusan sistem informasi tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kelebihan dan kekurangan ini bisa menjadi pertimbangan anda untuk memilih jurusan ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Fokus Jurusan Sistem Informasi Adalah pada Pengembangan dan Juga Maintenance Sistem Informasi

Seperti jurusan manapun, pada jurusan Sistem Informasi akan membuat anda mempelajari sesuatu yang berbeda dengan jurusan lain atau yang mirip dengan ini. misalnya adalah kemampuan untuk menganalisa kebutuhan dari sistem informasi di suatu organisasi.

Pada Jurusan sistem informasi biasanya anda akan diajari untuk lebih mempelajari teori, metode, paradigma, dan juga merencanakan proyek pengembangan sistem informasi dari sebuah organisasi. Hal lain yang dipelajari adalah monitor proyek, maintenance sistem informasi, serta mengembangkan metode baru dalam pengembangan sistem informasi.

  1. Jurusan Sistem Informasi ‘Tidak Menyentuh Hardware’

Berdasarkan pengertian awal sistem informasi tidak berfokus dan juga terlibat pada perangkat keras dimana sistem informasi di jalankan. Meski begitu, mata kuliah sistem informasi juga mempelajari dasar – dasar mengenai perangkat keras agar bisa menentukan pengembangan sistem informasi kedepannya.

  1. Analisis Sistem atau Program Diutamakan

Pada jurusan Sistem informasi kegiatan dan materi mengenai analisis kebutuhan dari sistem informasi yang akan dibuat di perusahaan, serta merancang sistem informasi yang sesuai kebutuhan dan tujuan yang diinginkan. Sehingga pada jurusan ini analisis akan bussiness proccess suatu sistem informasi lebih sering diajarkan.

  1. Mata Kuliah Bisnis di Sistem Informasi

Pada mata kuliah di Sistem informasi kebanyakan lebih mengarah ke penerapan sistem (dalam hal ini program) untuk diterapkan di manajemen perusahaan. Hal ini karena pada dasarnya lulusan Sistem Informasi yang harus menjadi penengah diantara orang teknis (engineer) dan perusahaan atau pengguna yang tidak tahu akan komputer.

  1. Ilmu Engineering Masih Bisa Didapatkan

Faktanya meskipun jurusan sistem Informasi tidak mempelajari pemrograman secara langsung, mata kuliah bertema pemrogaman masih bisa didapatkan di jurusan ini. Caranya adalah dengan mengambil mata kuliah pilihan yang biasanya sudah tersedia di informasi akademik jurusan/fakultas.

  1. Terbuka Untuk SMA Jurusan IPS

Berbeda dengan teknik  informatika yang mengharuskan mahasiswa berasal dari IPA, di jurusan sistem informasi pada beberapa universitas masih diperkenankan lulusan SMA IPS untuk mendaftar ke jurusan tersebut. Hal ini tentu memudahkan peminat yang berasal dari siswa program  sosial untuk masuk dalam jurusan ini.

  1. Peluang Karir Yang Cukup Baik dan Luas

Lulusan Sistem Informasi dewasa ini memiliki peluang karir yang cukup baik dan cukup luas. Hal ini karena perkembangan teknologi dan internet berkembang sangat pesat sehingga semua sistem akan beralih menggunakan komputer. Lulusan sistem informasi dapat mengembangkan sistem informasi di perusahaan atau di masyarakat berkaitan dengan kasus dan pekerjaan yang diinginkan.

Lihat juga : Pengertian, Perbedaan Data dan Informasi Secara Lengkap

Kekurangan Jurusan Sistem Informasi

Meski kedengaran memiliki prospek yang baik, namun jurusan ini juga memiliki kelemahan tersendiri, kami sudah merangkumnya dalam poin berikut :

  1. Ilmu Teknik Yang Tidak Mendalam Dipelajari

Karena jurusan Sistem Informasi hanya fokus dalam pengembangan dan analisis sistem saja, maka mata kuliah teknik dan pemrograman hanya menjadi materi tambahan, sehingga soal urusan teknis komputer anda tidak akan di dapat banyak dari perkuliahan. Hal ini tentu tidak sesuai bagi anda yang lebih berminat pada implementasi pembuatan program pada umumnya.

  1. Tidak Direkomendasikan Bagi Calon Progammer

Bagi anda yang ingin menjadi programmer handal, tidak disarankan memilih jurusan ini. Hal ini jelas karena mata kuliah programming tidak spesifik dipelajari di jurusan ini. Sebaiknya pillih jurusan lain seperti teknik informatika yang memang lebih fokus ke pemprograman komputer dan teknis komputer.

Lihat juga : Pengertian, Perbedaan Hacker dan Cracker

Demikian tulisan kami mengenai kelebihan dan kekurangan Sistem Informasi. Semoga tulisan ini bisa membuka pikiran anda mengenai jurusan apa saja yang berkaitan dengan komputer dan mana yang sebaiknya dipilih. Semoga bermanfaat bagi anda.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *