Tempatnya Ilmu Internet

Pengertian, Perbedaan Data dan Informasi Secara Lengkap

Di zaman teknologi saat ini, terdapat beberapa komponen penting yang menjadi dasar dari perkembangannya.  Meski zaman dan teknologi berkembang, dasar teknologi informasi sendiri tidak pernah hilang. Dalam teknologi informasi, keberadaan data dan informasi adalah yang paling utama  menjadi komponen dasar dari teknologi tersebut.

Data dan informasi merupakan dua hal yang sekarang sudah lazim digunakan dan disebutkan oleh banyak orang. Namun sebagian besar orang masih belum paham mengenai definisi dan penggunaan dari data dan juga informasi. Hal ini juga sering menimbulkan salah kaprah, karena menganggap data sebagai informasi begitu juga sebaliknya.

Dalam kenyataanya data dan informasi merupakan hal yang saling melengkapi. Secara sederhana, seseorang akan memperoleh informasi jika berasal dari data. Meski begitu, kedua hal ini merupakan dua hal yang berbeda, baik dari segi pengertian dan juga contohnya. Maka dari itu melalui tulisan ini kami akan membahas lebih dalam mengenai perbedaan dari data dan juga informasi.

Pengertian Data Dan Informasi

pengertian data dan informasi

Sebelum membahas mengenai perbedaan data dan informasi, ada baiknya anda mengetahui pengertian dari masihg – masing hal ini. Mengenai pengertian data dan informasi ,kami sudah merangkumnya dalam poin berikut :

Pengertian Data

Data merupakan salah satu dasar dari terciptanya informasi dan juga hal lainnya. Data merupakan kumpulan fakta-fakta atau peristiwa yang kondisinya masih mentah atau belum diolah. Data biasanya didapat dari hasil pengambilan data di lapangan, namun belum diolah menjadi apapun. Data sering dipakai untuk menunjang penelitian dan ilmu pengetahuan, contohnya ilmu eksak, komputer, atau ilmu statistik.

Data memiliki bentuk beragam (angka, karakter, gabungan) yang dapat atau harus diolah untuk menjadi informasi. Data yang diolah dengan metode tertentu menghasilkan informasi yang bisa digunakan untuk kebutuhan informasi lainnya. Data pada komputer sendiri memiliki pengertian suatu fakta yang disimpan dalam bentuk tertentu dan disimpan di memori komputer.

Pengertian Informasi

Setelah mengetahui pengertian data, maka anda dapat mengetahui apa itu informasi, karena memang berhubungan. Informasi adalah kumpulan data yang sudah diolah dengan metode tertentu yang digunakan untuk kebutuhan informasi seseorang atau sebagai pedoman dalam mengambil sebuah keputusan.

Lihat juga : Pengertian Database Beserta Contohnya

Secara sederhana, informasi diolah sedemikian rupa dengan tujuan memberikan manfaat bagi orang yang menerimanya. Informasi dapat berupa hasil analisa, gabungan, atau penyimpulan dari data – data yang sudah diambil sebelumya. Dalam dunia komputer, informasi sangat penting karena berkaitan dengan sistem atau program yang dijalankan, biasanya berbentuk sebuah laporan dari sebuah sistem.

Contoh Dari Data Dan Informasi

Agar anda lebih memahami perbedaan diantara data dan informasi, maka kami akan jelaskan mengenai contoh implementasi dari data dan Informasi, antara lain sebagai berikut :

Contoh dari Data

  • Data Kuesioner ketika akan melakukan penelitian. Kuesioner memberikan data berupa hasil kuesioner, jumlah pertanyaan, dan berapa jumlah responden yang melakukannya. Meski hasil dari kuesioner sudah ada, namun jika tidak diolah maka bentuknya masih berupa data.
  • Riwayat transaksi perusahaan yang akan dijadikan bahan laporan keuangan. Riwayat transaksi perusahaan yang belum diolah ini termasuk ke dalam data biasa.
  • Data karyawan yang absen bekerja selama satu bulan. Hal seperti ini juga disebut data, akan tetapi orang melihatnya sebagai sebuah informasi, padahal ini salah karena data karyawan tersebut belum diolah.
  • Jumlah Keelakaan di jalan raya selama bulan februari. Hal ini termasuk ke dalam data karena belum diolah dan bersumber langsung dari kejadian di lapangan.

Berdasarkan contoh di atas, data dapat diartikan sebagai suatu fakta atau kejadian yang sama sekali belum diolah sehingga berbeda dengan informasi.

Contoh dari Informasi

  • Data Kueseioner yang sudah ada diolah menggunakan metode tertentu, kemudian dihitung hasilnya, ditarik kesimpulan dan hipotesis, masuk kedalam informasi. Hal ini karena informasi tersebut dapat dipahami dan bermanfaat untuk untuk orang lain yang menerimanya.
  • Data transaksi kantor satu tahun yang diolah menjadi laporan keuangan, merupakan satu informasi. Informasi dari transaksi kantor meliputi untung, rugi, jumlah transaksi, dan hal lainnya akan menjadi bermanfaat jika sudah diolah menjadi laporan keuangan.
  • Dalam laporan kepolisian mengenai tindakan kriminal, data dan juga fakta yang ditemukan di lapangan, akan diolah dan diproses menjadi informasi yang berguna untuk mengungkap kejadian kriminal beserta detailnya. Informasi seperti tersangka pelaku, informasi korban, detail kejadian, dapat dipahami oleh orang lain.
  • Informasi kecelakaan seperti kecelakaan bus dan mobil di Jalan A Yani tadi malam pukul 00:00, kecelakaan terjadi karena rem blong, korban berjumlah 1 orang tewas dan 3 luka – luka. Informasi seperti di atas merupakan hasil olah data TKP di kejadian kecelakaan.

Dari contoh di atas, anda sudah tahu bahwa informasi merupakan data – data yang sudah diolah dan berubah bentuknya sebagai sebuah informasi yang dapat berguna bagi orang lain.

Lihat juga : Pengertian HTTPS, Fungsi dan Kelebihannya

Perbedaan antara data dan informasi

perbedaan data dan informasi

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, dari penjelasan mengenai pengertian data dan juga informasi serta contohnya. Maka kita dapat menentukan perbedaan antara data dan informasi dalam beberapa poin berikut ini.

  • Data belum memiliki makna yang jelas karena bersifat mentah. Sedangkan informasi Informasi sudah memiliki suatu makna tertentu.
  • Data merupakan bentuk dari fakta, rincian, dan juga segala jenis kejadian dari hasil pengamatan, observasi, atau kegiatan sejenis terhadap suatu peristiwa yang terjadi. Sedangkan informasi merupakan data yang telah diolah dengan menggunakan beragam teknik tertentu.
  • Bagi sebagian besar orang data belum dipahami maksudnya, karena bentuknya yang belum diolah. Namun jika itu adalah informasi, maka orang biasa pun akan dapat memahami arti dari hal tersebut, karena sudah diolah dari data dengan
  • Data karena berasal dari pengamatan di lapangan dan bersifat mentah, maka tidak dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan. Sedangkan informasi sudah dapat digunakan untuk mengambil keputusan karena data yang sudah diolah menjadi informasi mudah dipahami.
  • Data memiiki tingkat detail dan teknis lebih baik, sedangkan informasi meskipun tidak se detail data tetap bisa digunakan untuk memberi pemahaman dan mengambil keputusan.

Contoh pada data penjualan biasa belum bisa digunakan untuk mengambil kebijakan bisnis kedepan, namun jika diolah menjadi informasi penjualan rata – rata per bulan maka dapat dilakukan tindakan lain.

Demikian tulisan kami mengenai perbedaan data dan informasi, semoga tulisan kami menambah wawasan anda mengenai data dan informasi serta perkembangan teknologi saat ini.

Leave A Reply

Your email address will not be published.