Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Garis Putus Putus di Coreldraw

Tutorial cara membuat garis putus putus di Coreldraw ini ditujukan untuk kamu yang masih belajar desain terutama dengan software Coreldraw. Sebelum menjadi level pro (mahir), tentunya kamu harus mengerti semua teknik-teknik dasar desain menggunakan Coreldraw. Nantinya teknik dasar yang sudah kamu kuasai bisa kamu kembangkan lagi sehingga kamu bisa membuat segala jenis desain.

Nah, salah satu teknik dasar yang penting dan harus kamu kuasai adalah membuat garis. Garis sendiri ada bermacam-macam, ada garis lurus, melengkung, bahkan garis putus-putus. Seperti yang kita tahu bahwa bentuk bangun datar terdiri dari beberapa garis yang disusun. Maka dari itu keberadaan garis merupakan salah satu elemen penting di dunia desain. Di dalam Corel, garis bisa dimodifikasi seperti ketebalannya, bentuk ujung, warna, bahkan bentuk garisnya.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing tentang cara membuat garis putus putus di Coreldraw. Pasti kamu sering melihat garis putus putus di desain tertentu bukan? misalnya saja pada desain tiket. Biasanya garis putus-putus digunakan untuk menandai bagian yang harus di sobek pada tiket. Garis putus-putus juga biasanya ada pada karcis sebagai penanda untuk dipotong. Garis putus putus juga bisa diterapkan pada bangun datar, misalnya pada garis tepinya.

CARA MEMBUAT GARIS PUTUS PUTUS DI CORELDRAW

Cara membuat garis putus putus di Coreldraw

Yuk sekarang langsung saja simak penjelasan lengkap tentang cara membuat garis putus putus di coreldraw yang sudah saya susun beserta dengan gambar untuk mempermudah kamu dalam mempelajari. Check it out.

LANGKAH 1

Pertama-tama buka aplikasi coreldraw yang sudah terinstall di komputer milikmu. Untuk versi corel cukup menyesuaikan saja sesuai yang kamu punya. Kemudian buka lembar kerja baru seperti biasa dengan ukuran kertas A4 saja.

LANGKAH 2

Langkah berikutnya adalah langsung membuat garis. Sebenarnya ada banyak cara untuk membuat garis di Coreldraw. Namun kita bisa memilih salah satu tool sesuai dengan kebutuhan kita. Disini saya akan membuat garis menggunakan “Pen Tool”. Aktifkan pen tool pada tool box. Kemudian buat garis lurus dengan klik pada lembar kerja, kemudian tarik ke kanan sambil menekan tombol SHIFT, jika panjang garis dirasa cukup, klik kembali dan tekan enter.

Cara membuat garis putus putus dengan Coreldraw

LANGKAH 3

Agar garis terlihat lebih tebal, kita dapat menambah ketebalan garis yang sudah dibuat. Caranya cukup mengubah ketebalannya pada “Outline Width” pada bagian atas lembar kerja. Ketebalan yang saya pilih adalah 1 mm.

Cara membuat garis putus putus di Corel

LANGKAH 4

Jika sudah mengubah ketebalan, langkah selanjutnya adalah membuat garis lurus tersebut menjadi putus-putus. Caranya cukup klik pada “Line Style” yang ada diatas lembar kerja seperti pada gambar dibawah ini. Nah, disana akan muncul banyak pilihan tipe garis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Pilih garis putus putus yang kamu inginkan. Secara otomatis garis yang tadi kamu buat akan menjadi putus putus sesuai dengan jenis yang kamu pilih.

Baca juga :

Bagaimana? Mudah bukan? Teknik-teknik dasar dalam Coreldraw memang masih cukup mudah untuk diikuti oleh pemula, salah satunya cara membuat garis putus putus ini. Jika kamu sudah menguasai semua teknik dasar dalam Coreldraw, itu akan mempermudah kamu dalam mendesain di aplikasi Coreldraw.

Itulah tadi cara membuat garis putus putus di Coreldraw. Semoga tutorial coreldraw diatas dapat membantumu yang sedang belajar desain terutama menggunakan Coreldraw dan ilmu yang sudah saya share bisa bermanfaat bagi kamu dan orang sekitar. Terima kasih.

2 Comments
  1. Eka Bima Fajar says

    Terima kasih atas postingan anda yang telah saya baca karena sangat bermanfaat bagi saya.

  2. Krisna bakti says

    Terimakasih atas infonya

Leave A Reply

Your email address will not be published.