Tempatnya Ilmu Internet

Cara Menambahkan Gambar Gif di WordPress

Kadangkalanya mungkin kamu akan merasa perlu menyisipkan gambar dengan format gif atau gambar bergerak di dalam postingan artikel wordpress, ataupun dalam widget wordpress. Bagi yang belum pernah mungkin akan kepikiran gimana cara menambahkan gambar gif di wordpress yang bisa di sisipkan di artikel atau postingan wordpress, maupun pada widget wordpress.

Gambar berformat gif kamu bisa menyisipkan gambar bergerak, bisa kamu buat melalui aplikasi photoshop seperti artikel yang pernah di bahas ilmuonline mengenai cara membuat gambar gif di photoshop, ataupun bisa dengan aplikasi gif generator, ataupun aplikasi lainya yang saya kira semakin banyak aplikasi pilihan yang bisa kamu gunakan.

Cara Menambahkan Gambar Gif di WordPress

Secara umum ada 2 pilihan yang bisa kamu pergunakan untuk menyisipkan gambar format gif di wordpress, yakni dengan menambahkan atau menyisipkannya di artikel ataupun di widget wordpress pada blog maupun website kalian.

Cara Menambahkan Gambar Gif di Posting WordPress

  • Untuk menambahkan gambar gif di dalam artikel atau posting blog wordpress, silahkan siapkan file gif atau gambar gerak/animasi sederhana. Jika sudah siap, silahkan masuk ke dasboard blog wordpress kamu.
  • Kemudian klik Tambahkan Media / Add Media, untuk menambahkan media gambar gif
  • Lalu klik Unggah Berkas,  pilih gambar gifnya. Pada pengaturan gambar inilah yang terpenting, biasanya mode ukurannya ialah ukuran sedang, maka pastikan pada bagian Ukuran yang ada pada pengaturan tampilan lampiran dalam mode Ukuran Penuh, sebab jika tidak dalam mode ukuran penuh maka gambar gif yang sudah kamu siapkan tidak akan berjalan seperti mestinya.

menyisipkan gambar gif di postingan wordpress

  • Jika gambar gif sudah berjalan seperti mestinya, silahkan publish/terbitkan artikel. Maka jika prosesnya benar, seharunya gambar gif kamu sudah bisa tampil. Seperti yang terlihat pada contoh gambar gif dibawah ini.

Baca Juga : Cara Memasang Plugin di WordPress

Cara Menambahkan Gambar Gif di Widget WordPress

Sedangkan untuk menyisipkan gambar gif di widget wordpress, pastikan gambar gif mempunyai dimensi yang sudah sesuai dengan ukuran widget yang akan disisipkan/tambahkan. Jika sudah sesuai, silahkan perhatikan step by stepnya berikut ini.

  • Silahkan masuk ke dasboard pada website wordpress kalian. Lalu pilih menu Tampilan >> Widget.
  • Kemudian pada bagian widget, pilih Gambar/Image, lalu checklist/centang dimana widget gambar gif ini kamu pasang, semisal pada contoh kali ini akan dipasang pada widget Primary Sidebar, lalu klik tombol Tambahkan Widget. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.

menambahkan gambar di widget wordpress

  • Maka widget gambar akan tampil pada bagian primar sidebar, dari sini kamu pilih tombol Tambah Gambar / Add Image
  • Silahkan pilih Unggah Berkas dan cari lokasi gambar gif yang tadi kamu sudah siapkan, lalu silahkan tambahkan, pada pengaturan gambar inilah yang terpenting, pastikan pada bagian Ukuran yang ada pada pengaturan tampilan lampiran dalam mode Ukuran Penuh, sebab jika tidak dalam mode ukuran penuh maka gambar gif yang sudah kamu siapkan tidak akan berjalan seperti mestinya.

cara menambahkan gambar gerak di widget wordpress

  • Setelah itu kamu bisa juga menambahkan link keluar pada gambar gif, dengan mengisi pada kolo Taurkan ke: serta kamu juga bisa melengkapi judulnya sesuai keinginan kamu.
  • Terakhir silahkan klik Simpan/save.

Demikian tadi penjelasan ringkas mengenai cara yang bisa kalian lakukan untuk menambahkan gambar bergerak, dalam format gif pada website wordpress. Dengan cara diatas, kamu tidak perlu menambahkan plugin kedalam wordpress jika hanya untuk menampilkan gambar gerak / gif di wordpress.

Leave A Reply

Your email address will not be published.