Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Panduan Lengkap Opencart

Opencart merupakan salah satu CMS untuk online store atau toko online yang cukup bagus digunakan, kelebihan dari opencart itu sendiri seperti tampilan desain yang simple dan elegant, mudah di pahami dan tidak terlalu membutuhkan space yang begitu besar. tapi meskipun begitu banyak juga kekurangan-kekurangan yang ada, namun saya kira semua CMS memang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Dalam website ini nantinya akan saya jelaskan tutorial opencart dari dasar sampai bisa membangun toko online berbasis opencart. berikut beberapa tutorial yang mungkin bisa di pelajari :

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

26 Replies to “Panduan Lengkap Opencart”

  1. Hai admin. Terima kasih atas perkongsian mengenai open cart.
    Boleh admin kongsikan tak cara nak tambah ruangan phone number pada shipping address checkout.

    1. @din : di default opencart udah ada opsi phone number sob, jadi sy rasa ndak perlu nambahin lagi…

    1. @Ika Ratri : yups opencart emang bagus dr segi tampilan n fitur2 yg dimilik utk online store, tpi meskpun gitu saya sendiri sering mengalami bug error pd opencart. so harapnya kedepan bisa lebih oke lagi.. 😀

  2. mohon bantuannya Kang…
    saya pake OP versi 1.5. kenapa ya jika meninggalkan komentar di web cooment luv judul post entry web ane tidak bisa tampil?

    padahal web ini sebelumnya pake blogspot dan wp dan judul post entry bisa tampil jika meningalkan komentar di web comment luv
    terima kasih

    1. @Budi Majid : bnyak faktornya sob, mungkin bsa jadi karena beda type, misal OP anda pake 1.5.3 tapi modul comment x buat type 1.5.2 “jadi meskipun sama2 support type 1.5 tidak menjamin akan berhasil”
      atau kalau sudah yakin sesuai dgn type yg kita download, mungkin ada settingan yg blm 100% sob.
      klo saya pribadi lbih suka pake FB comment buat OP, krn selain free jga settingnya ndak ribet.

  3. Selamat siang..

    Saya pake OC 1.5.5.1, saya cobain jg transaksi pembelian.. itu smua berhasil n laporan pada dashboard juga balance.. tp pas ada Transaksi yang dibatalkan/ Void dilaporan dashboard jd gak balance (yang trx void dijumlahkan juga ke total penjualan).. Apa ada solusi ya? Thanks

    1. @Irman : coba saya jelaskan sepengetahuan saya ya..
      opencart memang mereport semua data transaksi (baik itu transaksi yg cancel order, maupun yg beneran order) semua akan tereport di dasboard. pokoknya asal si calon buyer “customer” melakukan check out maka otomotis masuk ke report dasboard. dan jika seandainya ada yg cancel order padahal udah checkout biasanya saya kasih status cancel order. (utk menggantinya dr lap statusnya di ganti cancel)
      seperti itu mungkin, mudah2an ada gambarannya ya..:D

    1. @kiki : bisa saja, utk sekarang memang blm sy jelaskan di blog ini, mungkin lain waktu klo ada kesempatan+inget akan sy sharekan disini scara lebih detail.

    1. @nzr : karena pada dasarnya tidak semua tema opencart support dengan semua seri/tipe OP, namun jika ternyta tema sudah sesuai dgn tipe OP yg support berarti masih ada error/bug pada settingan temanya.

  4. assalam bro,

    saya guna quickstart yang hadir bersama sample category & product. saya delete semua sample itu dan add new category & add new product.
    masalahnya di sini, new category id dan new product id auto increment. bagaimana untuk reset semula menjadikan new category/product id bermula dari 1. tkasih.

    salam dari malaysia.

  5. hy admin cara mengatasi eror saat konsumen melakukan proses pembayaran gimanaya minta solusi admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *