Tempatnya Ilmu Internet

Resep Cara Membuat Seblak Jeletot Pasti Enak

Sebelum menjadi makanan yang banyak di gandrungi banyak masyarakat Indonesia, pada awalnya, seblak adalah makanan khas Bandung. Makanan ini terbuat dari kerupuk mentah yang direndam dengan air panas supaya bantat. Setelah itu, seblak disajikan dengan telur dan tambahan spesial lainnya. Banyaknya tambahan – tambahan spesial tersebut membuat membuat seblak berkembang menjadi banyak varian.

Salah satu varian yang saat ini kerap digandrungi oleh masyarakat adalah seblak jeletot. Nah, apakah kalian penasaran dengan langkah – langkah pembuatannya? Jika iya, maka sekarang anda berada di tempat yang tepat, karena kita akan membahas resep cara membuat seblak jeletot yang super lezat.

Anda bisa membuat seblak sendiri di rumah bisa menjadi kepuasan tersendiri, walaupun mungkin hasilnya tidak selezat jika anda beli di luar atau membeli seblak online. Nah, berikut ini adalah langkah – langkahnya

Bahan pembuatan seblak    

  1. Ceker ayam – 500 gram
  2. Bakso – 1 bungkus
  3. Sosis  – 1 bungkus
  4. Sawi – 1 ikat
  5. Kerupuk secukupnya
  6. Cabe setan, level menyesuaikan selera
  7. Kencur – 5 buah \
  8. Bawang putih – 3 siung
  9. Garam secukupnya
  10. Penyedap rasa
  11. Bon Cabe – 3 sachet
  12. Telur – 2 butir
  13. Minyak
  14. Air – 1 liter

Langkah – langkah Pembuatan seblak

  1. Rebus ceker hingga berasa empuk lalu tiriskan
  2. Iris – iris sawi hijau yang telah disiapkan, begitupun dengan bakso dan kubis yang telah disiapkan
  3. Siapkan cabe, kencur bawang putih serta garam dan ulek – ulek hingga halus
  4. Tumis bumbu – bumbu di atas ke dalam wajan hingga tercium bau yang harum. Setelah itu, masukan telur lalu aduk dengan cara diorak – arik.
  5. Masukan bakso dan ceker kedalam bumbu yang telah ditumis dan aduk hingga merata.
  6. Tambahkan air sebanyak 1 liter kedalam wajan serta makaroni atau kerupuk yang masih mentah. Aduk – aduk hingga kerupuk atau makaroninya empuk
  7. Setelah kerupuk atau makaroni empuk, masukan sawi hijau dan tambahkan penyedap rasa serta bon cabe supaya lebih menggugah selera.
  8. Seblak siap untuk disajikan dan dimakan bersama

Seperti itulah cara membuat seblak jeletot, mudah sekali bukan? Sangat cocok dimakan bersama keluarga atau sanak saudara yang sedang berkunjung ke rumah. Jika Anda tidak sempat untuk membuatnya, tak perlu khawatir. Meskipun  seblak bukan merupakan makanan yang sulit untuk ditemukan dan di zaman yang serba digital ini kita bisa juga memesan seblak online.

Jika anda sudah mencoba dan  merasa terlalu direpotkan dengan langkah – langkah pembuatan di atas karena ada banyak sekali bahan yang harus disiapkan dan biasanya dijual terpisah, ada cara lain yang bisa menjadi alternatif untuk anda, yaitu membeli seblak online dalam bentuk sachet lalu tinggal direbus ketika sampai di rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.