Tempatnya Ilmu Internet

Langkah Membangun Human Capital Management

Dalam mengatur sebuah perusahaan, pemimpin perusahaan sebaiknya tidak hanya terpaku pada kuantitas pekerjanya, melainkan juga harus memandang kualitas dari pekerjanya. Disitulah Human Capital Management berperan dalam meningkatkan kualitas kerja termasuk juga mutu pekerjanya. Hal ini juga turut menjamin akan keberlangsungan dan berkembangnya perusahaan di masa depan.

Dengan manfaat utama untuk semakin meningkatkan mutu perusahaan, perlu adanya langkah yang diambil dalam membangun Human Capital Management. Pasalnya strategi yang diterapkan nantinya berlaku untuk jangka panjang perkembangan perusahaan. Oleh karena itulah, perlu adanya beberapa langkah penting yang bisa dijadikan acuan.

  1. Menetapkan Visi Kedepan

Langkah pertama dalam membangun Human Capital Management yang terarah tentu saja dalam menetapkan visi ke depan. Hal ini penting untuk ditentukan bersama dengan melibatkan stakeholder perusahaan untuk mencapai pemahaman lengkap tentang sebuah perusahaan yang mana akan dicapai di masa depan.

Dalam diskusi membangun Human Capital Management System, penting untuk perusahaan memahami kendala anggaran, visi perusahaan, persyaratan dan harapan dari para stakeholder. Yang tidak kalah penting adalah mendiskusikan mengenai kebutuhan tenaga kerja saat ini untuk mencapai arah strategis perusahaan yang jelas dan terukur.

  1. Menentukan Tujuan Strategi Human Capital

Setelah mencoba memahami visi kedepan yang hendak dicapai dengan membangun Human Capital Management System, maka akan muncul kesenjangan antara keadaan saat ini dengan visi yang akan dicapai. Kesenjangan ini akan memunculkan ide dalam mengembangkan tujuan SDM, tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi seluruh karyawan, tapi juga membuat keterikatan pada perusahaan.

Berikut beberapa contoh tujuan strategi untuk mencapai visi perusahaan:

  • Mengutamakan pelatihan dan pengembangan karyawan berpotensi
  • Mengembangkan program terintegrasi untuk karyawan baru
  • Secara terencana mengembangkan keterampilan tenaga kerja yang sesuai dengan spesifikasi dan standar perusahaan
  • Mempertahankan karyawan yang bekerja keras dan berdedikasi dengan berbagai program prestasi
  1. Menetapkan Strategi dan Kebijakan

Untuk mencapai target dan tak terkecuali dalam mencapai visi perusahaan, langkah selanjutnya dalam pembangunan Human Capital Management adalah dengan merancang strategi dan kebijakan yang mendukung. Para praktisi perusahaan nantinya perlu merancang rencana jangka panjang untuk memastikan karyawan puas dengan pekerjaan mereka dan memberikan hasil terbaik mereka.

Yang tidak kalah penting adalah memberikan tanggung jawab kepada karyawan sesuai keterampilan, kualifikasi pendidikan, keahlian, dan bidang minat mereka. Kemudian, perlu dibentuk pemimpin tim yang akan membantu ketercapaian target. Sedangkan tugas manajer tim nantinya harus dapat memberi umpan balik yang tepat dari anggota tim untuk memantau kinerja mereka.

Kunci dari langkah ini adalah pada interaksi antara manajer dengan anggota tim sehingga dapat melacak pertumbuhan timnya, apakah sudah sesuai dengan harapan dan strategi yang telah ditetapkan atau belum.

  1. Rencana implementasi yang sempurna

Dalam merencanakan membangun Human Capital Management System perusahaan, perlu juga dibangun Rencana Implementasi yang mencakup tindakan dan langkah yang diperlukan untuk mengimplementasikan human capital plan perusahan. Rencana implementasi tersebut haruslah meliputi:

  • Alokasi sumber daya yang dapat dipertanggungjawabkan
  • Penetapan tenggat waktu guna implementasi rencana human capital
  • Alokasi anggaran
  1. Membangun Akuntabilitas Sistem

Langkah terakhir dalam membangun Human Capital Management yang sempurna bagi perusahaan adalah dengan membangun akuntabilitas sistemnya. Rencana atau sistem yang berhasil adalah yang dapat dikelola dengan baik. Oleh karena itu, penting adanya tracking terhadap rencana-rencana diatas.

Akuntabilitas sistem melibatkan pengukuran baik dari keberhasilan maupun juga kegagalan rencana yang sudah diimplementasikan. Hal ini nantinya juga akan membantu untuk menganalisis apabila ada celah dalam rencana serta cara-cara untuk memperbaikinya.

Itulah beberapa langkah dalam membangun Human Capital Management bagi perusahaan. Human Capital Management System ini sangat dibutuhkan guna mencapai tujuan perusahaan dan tak kalah penting lainnya guna dapat mempertahankan efektivitas kerja  serta dapat mengembangkannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.