Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Instalasi Opencart di Localhost

Opencart merupakan CMS E-Commerce yang cukup bagus jika digunakan dalam merancang toko online, berbagai keunggulan yang dimiliki Opencart seperti tampilan desain yang elegan dan tidak membutuhkan size yang terlalu besar membuat CMS Opencart mampu bersaing dengan CMS E-Commerce lain seperti Oscommerce, Virtuemart, Prestahop dll. Pada artikel kali ini saya akan mencoba berbagi cara menginstall Opencart di Localhost atau PC kita.

Berikut cara menginstall Opencart di localhost :

  • Pastikan Anda sudah menginstall webserver lokal seperti Xampp, WAMPP, Apache dan sejenisnya. Jika belum tau silahkan baca dulu penjelasan saya sebelumnya tentang web server lokal disini.
  • Kemudian download Opencart mll http://opencart.com, jika sedah Anda extract Folder Opencartnya sehingga menjadi folder biasa. dan Copykan ke dalam wampp\www\ kemudian rename sesuai dengan keinginan Anda, disini saya contohkan saya taruh di E:\wampp\www\webop\ karena wampp nya saya install di drive E:
  • Jika sudah selesai, langkah selanjutnya adalah masuk ke browser Anda dan yang paling penting adalah pastikan Web Server lokal (XAMPP/WAMPP) anda dalam posisi hidup/run. ketikkan http://localhost/webop/ karena tadi namanya saya ganti menjadi webop, anda bisa menyesuaikan sesuai nama folder opencart anda. kemudian kasih centang pada pilihan I Agree to the license dan klik tombol  Continue.
  • Maka akan tampil seperti berikut, klik tombol Continue aja untuk proses selanjutnya
  • Kemudian setting konfigurasi sesuai dengan keinginan anda. database=localhost, user=root, pasword=kosong, database name=isi sesuai nama database yang telah anda buat dari localhost/phpmyadmin, database prefix= terserah anda. dan untuk pilihan username, pasword dan email pada Administration isikan sesuai keinginan anda, yang perlu diingat adalah username dan pasword pada Administration untuk masuk ke halaman admin web anda. kalau sedah sesuai klik tombol Continue
Membuat Database baru dari PHPMyadmin
  • Proses Instalalasi selesai, sekarang anda bisa melihat halaman admin atau front end web anda, namun sebelumnya anda harus menghapus folder Install yang ada di wampp/www/webanda/Install
Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

21 Replies to “Instalasi Opencart di Localhost”

  1. After reading your blog post I browsed your website a bit and noticed you aren’t ranking nearly as well in Google as you could be. I possess a handful of blogs myself and I think you should take a look here: http://seopressors.org You’ll find it’s a very nice tool that can bring you a lot more visitors. Keep up the quality posts

  2. opencart di step 2 pre-instalation setelah di continue

    ada tulisan
    Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!

    harus on semua..CURL extention bisa on. thx for help

    1. Ada yang bisa bantu untuk solusi yang sama?
      Saya instalasi versi 1.5.5.1

      Warning: CURL extension needs to be loaded for OpenCart to work!

  3. halo Admin,
    kalo instal baru opencart di cpanel pake softaculous op versi 1.5.4.1 dan yang dipake sekarang versi 1.5.4
    apa akan jadi masalah jika saya upload database op 1.5.4 yang ke cpanel dengan op 1.5.4.1?
    terima kasih jawaban anda.

  4. kalo melihat dari instalasinya cURL tidak bisa di aktifkan, sma seperti kasus pnya saya.. apakah pengaruhnya nanti jka cURL tersebut tidak aktif ?

    1. @itank : setahu saya ndak masalah sob..
      toh skrg google udah semakin canggih, yg terpenting skrg konten dr produknya yg menarik.
      “itu klo menurut pandangan saya pribadi”

  5. gan ini stlah instal open cart n copast folder ke wamp/www truz bka firefox ktik locslhost/nms folder kq tmpilan g bsa sama ma pny agan?

  6. saya tidak bisa menemukan file sejenis webop di open cart ? Saya pakai wampp weblocal server. Tolong lebih dipermudah ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *