Tempatnya Ilmu Internet

HRD Wajib Paham: Tips Manajemen Waktu Saat Bekerja

HRD adalah salah satu divisi krusial yang memegang peranan penting dalam pengelolaan karyawan. Banyaknya jumlah karyawan membuat HRD harus memahami bagaimana cara bekerja yang efektif dan efisien. Salah satu cara untuk meningkatkan efisiensi dan  efektifitas kinerja adalah dengan melakukan manajemen waktu.

Sederhananya, manajemen waktu adalah cara pengelolaan waktu agar seluruh tugas dapat diselesaikan dengan baik. Namun, tidak semua orang mampu melakukan manajemen waktu serta menyelesaikan semua tugasnya. Bayangkan jika hal itu terjadi kepada staf HRD yang memiliki banyak tugas, pasti akan kewalahan dan berpengaruh kepada pengelolaan karyawan, bukan?

Artikel ini akan membahas beberapa tips manajemen waktu yang bisa diterapkan oleh tim HRD. Apa saja tips tersebut? Check this out!

Rajin Mencatat

Setiap tugas dan pekerjaan terdapat beberapa poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Poin-poin ini bisa berupa informasi soal karyawan hingga soal pekerjaan. Alahkah baiknya jika Anda mulai membiasakan diri untuk rajin mencatat hal-hal tersebut. Anda bisa menggunakan buku catatan kecil atau aplikasi di smartphone, semua disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Di samping poin-poin penting, Anda juga dapat mencatat daftar pekerjaan atau to-do-list yang akan Anda kerjakan hari ini. Dengan mencatat segala hal tersebut, secara tidak langsung Anda juga ikut mengingatnya dalam pikiran Anda.

Jauhkan Distraksi

Berbagai macam distraksi seperti email dadakan, chat, dan media sosial adalah salah satu penghalang karyawan untuk dapat bekerja produktif. Bukan berarti Anda tidak boleh mengakses media sosial atau membalas chat dan email. Namun, mengakses media sosial dan chatting terus-terusan dapat mengurangi konsentrasi kerja dan akhirnya membuat Anda terdistraksi.

Anda dapat menjauhkan ponsel pintar serta hanya mengakses dan membalas e-mail di jam tertentu. Dengan begitu, perhatian Anda dapat terpusat dan fokus kepada pekerjaan saat ini. Sehingga pekerjaan pun selesai jauh lebih cepat.

Luangkan Waktu 30 Menit di Pagi Hari

Banyak karyawan yang memilih datang mepet dengan jam kerja atau bahkan terlambat datang ke kantor. Padahal, Anda dapat datang 30 menit lebih pagi untuk merencanakan apa saja yang akan dikerjakan di hari itu atau sekadar menyeduh kopi dan teh sejenak. Maka Anda bisa memulai hari dengan rileks serta berkonsentrasi penuh.

Hal ini berbeda dengan karyawan yang selalu datang mepet atau terlambat, biasanya karyawan yang sering terlambat dan datang mepet selalu memulai hari dengan terburu-buru.

Disiplin dan Berkomitmen

Sering kali karyawan di sebuah perusahaan terjebak dengan kebosanan dan akhirnya menjadikan rasa bosan tersebut sebagai pengecualian untuk menyepelekan pekerjaan. Bersantai tidaklah salah, tetapi jangan lakukan itu di jam kerja dan lakukanlah di jam istirahat!

Tidak ada sesuatu yang instan di dunia ini. Anda perlu berkomitmen dan berdisiplin agar semua pekerjaan dapat diselesaikan dengan baik. Jika Anda mampu menerapkan kedisiplinan dan berkomitmen dengan pekerjaan, maka Anda dapat mengelola karyawan lain secara maksimal.

Sehari-harinya, staf HRD menangani banyak dokumen dan data karyawan. Akan sangat melelahkan jika HRD masih mengandalkan sistem manual untuk mengelola karyawan. Selain manajemen waktu, HRD bisa memanfaatkan Aplikasi HRD. Contoh Aplikasi yang sudah banyak digunakan dan memiliki tampilan menarik adalah Aplikasi HRD dari LinovHR.

Demikian beberapa tips manajemen waktu yang HRD bisa terapkan dalam pengelolaan SDM. jika pengelolaan karyawan bisa dilakukan secara optimal, kualitas kinerja pun juga ikut berkembang pesat. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda!

Referensi: https://www.linovhr.com/tips-manajemen-waktu/

Leave A Reply

Your email address will not be published.