Tempatnya Ilmu Internet

Cara Gampang Mengetahui DR (Domain Rating) dan Backlink Blog

Dari masa ke masa perkembangan website selalu mengalami perubahan, termasuk dalam hal mengukur kualitas sebuah blog ataupun websitepun selalu berubah. Hal ini tak lepas dari berbagai faktor yang mempengaruhinnya. Di tahun 2021 salah satu parameter untuk mengukur sebuah kualitas blog atau website bisa di ukur dari Domain Rating atau DR blog. Adapun cara mengetahui DR blog ataupun website sebenarnya ndak susah lho! karena kalian tinggal mengunjungi website – website penyedia cek DR blog yang ada.

Dulu sebelum kita mengenal DR, DA, PA, Alexa rank ada istilah Pagerank atau biasa di singkat PR untuk menjadi parameter domain blog ataupun website tersebut bagus atau tidak. Namun seiring perkembangan zaman keberadaan PR tidak terakui / dihilangkan, tergantikan dengan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA), Alexa rank, ataupun Moz rank, dan sejenisnya.

Pada tahun 2021 kita bisa menggunakan Domain Rating (DR) yang menjadi pelengkap untuk menjadi salah satu poin penting untuk mengukur kualitas dari sebuah domain blog.

Pengertian DR Blog

Pengertian dari Domain Rating atau DR sendiri mengacu dari Ahrefs adalah ukuran otoritas situs web berdasarkan profil backlink-nya. Dimana skala untuk mengukur DR mulai dari 0 hingga 100.

Dengan begitu secara umum, semakin tinggi angkanya, maka semakin kuat dan otoritatif situs tersebut. Semisal ada website A mempunyai DR 1, dan website B mempunyai DR 20 maka website B memiliki DR yang lebih tinggi/lebih bagus.

Bagaimana Cara Menghitung DR?

Mengutip dari aharefs, cara menghitung Domain Rating (DR) blog dilihat dari kualitas dan kuantitas backlink eksternal / backlink dari pihak luar ke situs website / blog kalian. Itu tidak memperhitungkan variabel lain seperti spam tautan, lalu lintas, usia domain, dll.

Cara Mengetahui DR Blog atau Website

Untuk mengetahui atau mengecek DR blog, saat ini kalian bisa menggunakan Ahrefs.

  • Silahkan buka browser kalian, lalu kunjungi laman https://ahrefs.com/website-authority-checker
  • Pada kotak form yang tersedia, silahkan ketikkan alamat lengkap dari blog ataupun website yang akan kalian cek DR blognya.
  • Lalu klik tombol Check website authority dan tunggu beberapa saat hingga muncul detail Domain Rating atau DR dari blog / website kalian.

cara cek DR blog

Baca Juga: Cara Membuat Push Notifikasi di Blog

Cara Mengecek DA PA Blog atau Website

Sedangkan untuk mengecek DA PA Blog sekarang ini banyak tool yang bisa kalian pergunakan, namun berikut salah satunya yang bisa kalian pergunakan.

  • Silahkan buka browser, lalu kunjungi laman https://websiteseochecker.com/domain-authority-checker/
  • Pada form Domain Authority Checker – DA checker – Check domain authority, silahkan isikan alamat blog/website kalian, kalian bisa mengecek beberapa blog sekaligus dengan cara mengisi alamat blog pertama lalu enter dan isikan alamat blog kedua, dan seterusnya.
  • Pada pilihan I’am not a robot, cheklist pada pilihan petunjuk gambar yang ada.
  • Klik tombol Check dan tunggu prosesnya beberapa saat hingga muncul detail DA, PA, MOZ total backlink, alexa rank, dan usia domain blog.

Demikian penjelasan singkat mengenai Domain Rating atau DR, serta cara cek DR blog yang bisa kalian lakukan sendiri, untuk mengetahui seberapa bagus DR dari blog kalian.

Leave A Reply

Your email address will not be published.