Tempatnya Ilmu Internet

Cara Daftar Jadi Dropship di Lazada Paling Mudah untuk Pemula

Cara daftar jadi dropship di Lazada sebenarnya mudah juga lho. Dropship merupakan peluang usaha baru yang mulai naik daun dalam satu tahun terakhir. Mengapa demikian? Karena dropship termasuk jenis usaha yang minim sekali risiko. Dikatakan minim risiko karena para pelaku dropship tidak perlu menyediakan stok barang, jadi barang hanya tersedia jika ada yang memesan. Selain itu, bisnis dropship juga tidak membutuhkan banyak keahlian khusus dan barang yang ditawarkan sudah pasti memiliki pasar tersendiri atau pasti laku. Jadi, para dropshipper tidak perlu khawatir karena tingkat kerugian sangat minim.

Dengan adanya bisnis dropship semacam ini, banyak sekali orang yang terbantu perekonomiannya apalagi disaat pandemi seperti ini, banyak orang kehilangan mata pencahariannya dan beralih menekuni bisnis dropship. Jika kamu juga berniat menjadi dropship, maka ini adalah waktu yang tepat. Karena cara mendaftar jadi dropship kini menjadi lebih praktis, bahkan sudah difasilitasi oleh berbagai jenis ecommerce salah satunya Lazada.

CARA DAFTAR JADI DROPSHIP DI LAZADA UNTUK PEMULA

Lazada juga termasuk ecommerce yang menyediakan layanan dropship. Caranya pun cukup mudah dan tidak perlu membutuhkan waktu yang lama. Berikut ini beberapa hal yang perlu kalian perhatikan, untuk bisa menjadi dropshiping di lazada.

  1. Buat Akun Lazada

cara daftar akun lazada

Pastikan kamu sudah memiliki akun di Lazada. Jika belum, cukup daftar akun dan ikuti instruksinya. Isi data diri dengan benar dan sertakan nomor HP yang bisa dihubungi. Kemudian akan muncul instruksi verifikasi akun melalui email. Ikuti saja instruksi yang dijelaskan oleh pihak Lazada.

  1. Menentukan barang

mencari produk di lazada

Kemudian langkah selanjutnya yaitu menentukan barang yang akan kamu jual sebagai dropship. Untuk meminimalisir risiko, pastikan barang yang akan kamu jual benar-benar laku dan merupakan barang mainstream yang dibutuhkan banyak orang. Jika belum memiliki gambaran, kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu dan mencatat barang-barang apa saja yang pasti laku. Kemudian tentukan salah satu jenis barang yang akan kamu jual.

  1. Mencari Seller

Setelah jenis barang didapat, langkah selanjutnya yaitu mencari seller yang tepat. Dalam memilih seller, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, pastikan seller memiliki performa yang baik di Lazada. Kedua, pastikan seller sudah pernah menjual beberapa item di tokonya. Ketiga, pastikan seller mendapat review bagus dari para pelanggannya. Dan yang terakhir, pastikan seller fast respond agar memudahkan kamu ketika ingin menanyakan sesuatu. Jika keempat hal tadi terpenuhi, maka dipastikan kualitas seller cukup bagus. Kemudian kamu bisa hubungi seller dan utarakan niatmu untuk menjadi dropshipper di tokonya. Tenang saja karena kebanyakan seller akan terbuka dengan hal ini.

  1. Upload Barang si Sosmed

Langkah selanjutnya yaitu tinggal mengambil gambar barang yang ada pada toko seller di Lazada, lalu upload di sosial media yang kamu punya. Mengapa harus sosial media? Karena 73,7% warga Indonesia adalah pengguna internet khususnya sosial media. Jadi bisa diartikan kalau berjualan di sosial media memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Untuk jenis sosial medianya kamu bisa memakai Facebook, Instagram atau upload di story Whatsapp juga bisa. Selanjutnya tinggal tunggu ada pembeli datang. Biasanya mereka akan langsung menghubungimu lewat chat.

  1. Memproses Pesanan

cara Memproses pesanan di lazada

Jika sudah ada pembeli yang masuk, pastikan kamu menguasai teknik closing agar calon pembeli jadi membeli barang yang kamu jual. Jika sudah, pembeli akan transfer sejumlah uang ke rekening milikmu, lalu tinggal hubungi seller di Lazada dan beli barang sesuai dengan pesanan pelanggan.

Isi nama, alamat dan nomor yang bisa dihubungi milik pelanggan untuk memudahkan pengiriman barang nantinya. Kemudian seller akan mengirimkan barang pesanan langsung ke alamat pelanggan

Baca Juga: Cara Memulai Bisnis Online yang Menguntungkan Untuk Pemula

  1. Cek Pengiriman

Langkah selanjutnya tentu kamu harus kawal proses pengiriman barang hingga sampai ke tangan pelanggan dengan rajin mengecek resi dan melihat status pengiriman. Dengan begitu, kamu tetap bertanggung jawab dalam pengiriman barang hingga diterima dengan baik oleh pelanggan. Jika pelayananmu oke, maka besar kemungkinan pelanggan tersebut akan order kembali.

Itulah tadi cara daftar jadi dropship di Lazada. Untuk menjadi dropship di Lazada sebenarnya tidak perlu membuka toko di Lazada. Cukup manfaatkan sosial media yang kamu miliki dan pelajari skill baru seperti digital marketing, custumer service, desain dan skill lainnya yang bisa menunjang performa usaha dropship milikmu.

Usaha dropship ini juga cocok untuk kamu yang masih mahasiswa dan ingin memiliki uang jajan tambahan, atau bisa juga untuk ibu rumah tangga yang sibuk mengurus rumah. Bahkan untuk pekerja yang ingin memiliki penghasilan sampingan juga bisa menekuni usaha ini. Intinya apapun pasti bisa kita lakukan jika ada kemauan.

Demikian artikel tentang cara daftar jadi dropship di Lazada. Semoga artikel tadi dapat membantu atau bahkan membuatmu memiliki gambaran untuk memiliki usaha sampingan yang minim risiko. Jangan lupa share artikel ini agar lebih bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.