Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Tekstur Kaca dengan Photoshop

Halo pembaca ilmuonline yang lagi suka nyari tutorial desain online. Tentunya kita perlu bersyukur karena dijaman yang modern ini, kita dapat mempelajari ilmu yang kita suka secara otodidak dengan bantuan internet. Coba bayangkan jaman dulu, untuk mencari tutorial desain kita harus membeli buku khusus desain atau menempuh pendidikan jurusan desain. Tapi sekarang, ilmu desain juga bisa dipelajari sendiri dirumah karena sudah banyak sekali artikel dan tutorial video yang menyediakan berbagai macam teknik desain yang bermanfaat, dan pada kesempatan kali ini saya akan membuat tutorial cara membuat tekstur kaca dengan photoshop.

Artikel berikut adalah salah satunya. Kali ini saya akan membagikan seputar ilmu desain khususnya photoshop. Seperti yang kita tahu bahwa photoshop memang dikenal sebagai aplikasi desain yang bisa memanipulasi foto atau bahkan membuat suatu objek yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya. Nah, tutorial kali ini kita akan belajar cara membuat tekstur kaca dengan photoshop. Sebelumnya tentu tak terpikirkan oleh kita bagaimana caranya membuat tekstur kaca bukan?. Yup, itulah salah satu keahlian photoshop guys.

Membuat tekstur kaca sebenarnya adalah teknik teksturing pada photohop dengan menggunakan beberapa fitur yang akhirnya membentuk tekstur menyerupai kaca. Tentunya kamu pernah melihatnya kan? Biasanya tekstur kaca ini bisa kita temukan pada poster, cover CD, majalah atau bahkan yang lainnya. Perlu diketahui bahwa tekstur kaca yang akan kita buat disini adalah kaca yang memiliki pattern atau kaca yang buram dan tidak terlalu transparan.

Cara Membuat Tekstur Kaca dengan Photoshop

Yuk langsung saja kita praktek bagaimana cara membuat tekstur kaca dengan photoshop berikut ini. Let’s check this out!

Langkah 1

Pertama-tama pastikan kamu sudah menginstall Adobe Photoshop pada komputer atau laptop kamu ya. Kamu bisa menggunakan versi photoshop manapun karena pada dasarnya semuanya memiliki fitur yang sama. Setelah itu, buka photoshop seperti biasa, kemudian buka lembar kerja baru dengan menekan CTRL + N. Buat lembar kerja dengan ukuran 1000 x 600 pixels, kemudian klik OK.

Langkah 2

Langkah selanjutnya yaitu membuat efek seperti awan gelap. Caranya Filter > Render > Clouds.

Kemudian tampilan lembar kerjanya akan tampak seperti gambar berikut.

Langkah 3

Langkah selanjutnya yaitu membuat efek noise. Caranya pada menu bar klik Filter > Noise > Add Noise.

Kemudian akan ada dialog yang muncul. Isi Amount dengan angka 10%, centang pada Gaussian dan Monochromatic, lalu OK.

Langkah 4

Langkah selanjutnya yaitu membuat efek seperti plastik. Caranya klik Filter > Artistic > Plastic Wrap.

Kemudian muncul dialog seperti berikut. Isi Highlight strength 7, Detail 8, Smoothness 9. Lalu OK.

Langkah 5

Setelah tadi menambahkan efek plastik, langkah berikutnya yaitu menambahkan efek kaca. Caranya klik Filter > Distort > Glass.

Kemudian akan muncul dialog lagi seperti ini. Pada dialog tersebut isi Distortion 16, Smoothness 3, Texture frosted dan scalling 100%. Kemudian klik OK.

Hasil akhirnya akan tampak seperti ini

cara buat tekstur kaca di photoshopBaca Juga : Cara Membuat Foto Setengah Sketsa di Photoshop

Nah, itulah tadi cara buat tekstur kaca di photoshop. Mudah bukan? Dengan membaca artikel diatas, diharapkan kamu juga memahami setiap fungsi dari tools yang dipakai. Karena dengan begitu, keahlian kamu dalam mengoperasikan photoshop akan semakin bertambah.

Demikian artikel tentang cara membuat tekstur kaca dengan photoshop. Semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kamu dalam belajar teknik desain lainnya. Selamat belajar desain!

Leave A Reply

Your email address will not be published.