Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Biaya Hidup di Jerman dengan Standar Gaji Rata-Rata

Biaya Hidup di Jerman dengan Standar Gaji Rata-Rata

Jerman merupakan salah satu negara terbesar di Eropa yang memiliki ekonomi terkuat. Negara ini terkenal dengan masyarakat menengah dengan sistem kesehatan dan pendidikan terbaik. Jerman merupakan negara yang bersih dan adil makmur. Biaya hidup yang dibutuhkan juga tidak terlalu mahal.

Rata-rata pendapatan yang didapatkan oleh seorang karyawan di tahun 2017 adalah sekitar 3.770 euro setiap bulannya. Sekitar 45.000 euro per tahunnya didapatkan dan minimal gaji adalah 1.500 euro yaitu 18.000 euro per tahunnya.

Perbedaan yang sangat besar dari pendapatan adalah di wilayah Timur dan Barat. Bagian barat memiliki gaji lebih sedikit 25% yaitu sekitar 800 euro. Sedangkan untuk rata-rata di bagian timur adalah sekitar 3.000 euro.

Karyawan pria mendapatkan gaji lebih tinggi 21% dibandingkan karyawan wanita. Ada beberapa perbedaan pendapatan di setiap daerah sesuai dengan pengembangan bisnis yang ada. Sejauh ini angka terbesar yang berbeda adalah di wilayah Bavaria yaitu lebih kecil 7% dibandingkan wilayah Munich dan kota besar lainnya.

Jumlah biaya hidup yang dikeluarkan oleh seorang karyawan Jerman sama dengan angka rata-rata di seluruh Eropa. Estimasi biaya hidup satu bulannya berkisar 850 euro untuk siswa dan 725 euro untuk mahasiswa internasional. Biaya ini juga dibutuhkan bagi Anda yang berencana mencari kerja di Jerman.

Beberapa biaya ini dibagi menjadi beberapa bagian sesuai kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Berikut ini pembagian macam-macam kebutuhan hidup yang harus diperhatikan.

Biaya Hidup di Jerman dengan Standar Gaji Rata-Rata

Sewa Tempat Tinggal

Biaya sewa adalah jumlah yang sangat besar dibandingkan biaya lainnya. Biaya bisa saja berubah tergantung kondisi perekonomian Jerman. Biaya ini juga tergantung dengan kota dimana tempat Anda tinggal. Sebuah studio kecil bisa membutuhkan biaya 400 euro per bulannya termasuk biaya listrik dan lainnya.

Namun biaya tersebut bisa menjadi 1.000 euro jika Anda tinggal di kota besar seperti Munich. Jika ingin menyewa apartemen dengan dua kamar tidur maka biayanya bisa 650 euro sedangkan di kota besar mencapai 2.000 euro.

Anda perlu mempersiapkan biaya 700 euro per bulannya untuk menyewa studio berukuran sedang sekitar 85 meter2. Biaya tersebut bisa digunakan untuk seluruh wilayah di Jerman.

Transportasi

Transportasi umum di Jerman memiliki sistem untuk bisa mengakses seluruh kota dengan mudah dan efisien. Pemerintah juga memasang harga yang lebih murah jika Anda membeli kartu atau biaya transport bulanan. Menggunakan kereta bawah tanah lebih murah dibandingkan Anda menyewa mobil.

Jika menggunakan kereta api seperti commuter Anda bisa lebih hemat 30 cent per kilometer dimana biasanya harga bahan bakar mobil adalah 1.40 dan 1.25 euro per liternya. Namun jika menggunakan transportasi umum Anda harus mengenali arah dan juga tingkat kepadatan yang sangat tinggi.

Makanan, Pakaian dan Biaya Tambahan

Kebutuhan bulanan untuk makan tergantung gaya hidup. Apakah Anda lebih menyukai makan di luar atau justru membuatnya sendiri di rumah. Harga bahan pokok makanan di supermarket lebih murah dan masih masuk akal. Jika bekerja di kantor, Anda juga bisa makan di kantin untuk menghemat biaya.

Sedangkan pakaian bisa dibeli dengan harga murah di seluruh Jerman. Biaya jasa lain seperti laundry, salon, dan parkir lebih mahal dibandingkan di negara lainnya.

Membandingkan Biaya Hidup dan Gaji yang Diperoleh

Setiap profesi tentu memiliki gaji dan biaya hidup yang berbeda. Gaja selalu diikuti dengan gaya hidup namun jangan pernah lupa untuk menabung selama Anda tinggal di negara asing. Berikut ini gambaran dari berbagai profesi dengan biaya hidup yang harus dipenuhi.

  • Seorang karyawan biasa yang tinggal sendiri biasanya memiliki gaji 1.100 euro dimana biaya hidup yang perlu dikeluarkan lebih dari 250 euro.
  • Seorang karyawan yang tinggal sendiri dengan gaji 3.770 euro bisa menghabiskan biaya hidup sebesar 2.300 dimana tiga kali lipat lebih besar dari biasanya.
  • Seorang perawat dengan gaji 2.900 euro biasanya membutuhkan biaya hidup sebesar 1.000 hingga 1.850 euro.
Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *