Senin, Juli 4, 2022
BerandaUmumLain-lainCatat, Berikut Kesalahan Investasi Properti yang Perlu Dihindari

Catat, Berikut Kesalahan Investasi Properti yang Perlu Dihindari

Investasi merupakan sesuatu hal yang menarik untuk dipelajari, termasuk jika kalian tertarik untuk investasi properti. Tapi nyatanya untuk berinvestasi tidak semudah yang dibayangkan, sebab sama seperti bidang lainnya investasi juga ada ilmunya yang harus dipelajari. Supaya bisa sukses kalian harus juga mempelajari kesalahan investasi properti yang perlu dihindari dan ketahui.

Investasi tidak melulu mengandalkan modal yang banyak dan kuat, sebab modal yang yang banyak tidak menjamin keberlangsungan yang kalian investasikan bisa provit (untung).

Pun dengan investasi properti, resiko rugi itu pasti ada. Namun untuk menhindari supaya tidak merugi, maka kalian perlu pelajari dulu faktor – faktor yang perlu dihindari ketika investasi di bidang properti.

Kesalahan Investasi Properti yang Perlu Dihindari

Berikut adalah beberapa hal yang perlu di hindari buat kalian yang ingin berinvestasi di bidang properti.

Abai Soal Legalitas Properti

Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum berinvestasi dibidang properti ialah legalitas dari properti itu sendiri, hak kepemilikannya apakah HM, HGB, atau masih dalam sengketa atau bermasalah? kalian harus memastikannya dengan mengeceknya terlebih dulu.

Jangan sampai ketika sudah melakukan proses akad jual beli, baru tau kalau ternyata sertifikat dari properti yang kalian beli bermasalah, atau tidak sesuai dengan yang dijanjikan.

investasi properti rumah

Apalagi jika properti seperti; rumah, tanah yang kalian beli dipakai untuk usaha komersiil yang membutuhkan perizinan, aspek ini sangat diperlukan untuk itu.

Pemilihan Lokasi

Memilih lokasi dalam bidang properti sangatlah menentukan, maka dari itu jika kalian ingin terjun dibidang ini maka harus jeli dalam pemilihan lokasi.

Dalam memilih lokasi, faktor harga juga berpengaruh, artinya jika kalian ingin membeli properti dilokasi yang strategis pastinya mempunyai nilai harga yang relatif tinggi.

Lokasi bisa menentukan usaha kalian akan menguntungkan atau tidaknya nantinya, dengan memilih lokasi yang tepat peluang besar usaha kalian nantinya untuk sukses semakin terbuka lebar.

Ingin Hasil yang Instan

Berbeda dengan investasi-investasi kekinian yang hasilnya bisa dilihat dalam jangka yang relatif pendek, investasi properti berbeda domainnya.

Meskipun bisa saja kalian bisa untung cepat dibidang ini, karena membeli dan menjual dimomen yang tepat, akan tetapi prosesnya tidak secepat dan semudah yang kalian bayangkan. Karena proses jual beli di bidang properti melibatkan banyak pihak, sehingga prosesnya juga ndak bisa cepat.

Jadi bila kalian ingin hasil ataupun balik modal secara instan dibidang ini, kayaknya perlu dipikir-pikir dulu deh kalian, karena bisnis ini tidak menjanjikan hasil yang instan.

Kurangnya Perencanaan yang Matang

Perlu analisis yang tepat untuk berinvestasi dibidang properti, sebab dalam bisnis ini tidak bisa dilakukan tergesa-gesa, karena kalau itu kalian lakukan resiko kegagalan akan menghantui kalian.

Maka dari itu, supaya bisnis dibidang properti kalian sukses perlu adanya perencanaan yang matang. Perencanaan seperti ; biaya pembangunan, lingkungan sekitar, dan faktor lainnya yang bisa saja muncul biaya nantinya. Untuk itu dalam perencanaan perlu melibatkan orang yang memang paham akan hal itu.

Abai Terhadap Biaya Operasional dan Perawatan

Namanya properti pasti akan ada masanya, nah inilah yang kebanyak orang abai terhadap biaya operasional dan perawatan dari properti itu sendiri. Terlebih untuk menghitung biaya operasional dan perawatan properti tidaklah mudah, maka kalian perlu ahlinya untuk bisa menghitung biaya ini dengan tepat. Terlebih buat pemula, resiko resiko yang tak tampak dimuka akan sangat banyak dan beresiko.

Baca Juga: Cara Membuat Denah Rumah di Photoshop

Harga

Faktor lain yang perlu kalian perhatikan ialah penilaian harga jual, harga beli dari properti. Menentukan harga terlalu tinggi juga akan membuat properti yang kalian miliki sepi peminat, tidak laku.

Oleh karena itu kalian perlu riset pasar terlebih dulu, sebelum melepas harga dipasaran, semisal dengan memperhatikan pasaran harga jual maupun sewa disekitar lokasi properti, dan pertimbangan lainnya.

Itu tadi penjelasan ringkas yang bisa admin jelaskan pada artikel kali ini, dan dari uraian diatas perlu kalian pahami untuk memulai investasi properti tidak hanya membutuhkan modal yang lumayan, akan tetapi juga perlu; pengetahuan, kejelian, dan kerjasama dengan pihak lain dalam prosesnya.

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular