Tempatnya Ilmu Internet

Cara Menambahkan Beberapa Domain di cPanel

Addon domain adalah salah satu fitur yang disediakan di cpanel, yang berfungsi untuk menambahkan beberapa domain sekaligus dalam satu akun hosting melalui cpanel. Artinya dengan fitur ini anda bisa menambahkan banyak domain, dalam satu akun hosting anda. Sehingga, anda bisa menghemat pengeluaran untuk menyewa hosting. Lalu mungkin dalam pikiran anda, bagaimana cara menambahkan domain di cpanel ? bisakah saya melakukannya di hosting saya ? mungkin itu pertanyaan awal yang muncul. Anda bisa memesan share hosting, cloud hosting, dedicated hosting, maupun vps untuk bisa menyimpan file-file penting dari domain anda.

Adakalanya untuk menghemat pengeluaran dari pembelian domain dan hosting kita harus memaksimalkan fasilitas yang disediakan oleh hosting kita, salah satunya adalah dalam 1 (satu) hosting bisa dimasukkan beberapa domain yang berbeda menggunakan satu hosting, atau istilahnya addon domain. Untuk cara menambah domain di cpanel hosting, anda tinggal menggunakan fitur addon domain di cpanel.

Cara Menambahkan Domain di cPanel

Bagi temen-temen pemula mungkin ada yang belum begitu paham, tentang cara menambahkan beberapa domain dalam satu hosting, bisa menyimak step by step penjelasan singkat saya berikut ini :

  • Silahkan masuk ke halaman CPanel punyak anda, kalau udah pilih Addon Domains pada menu Domains

  • Kemudian pada pilihan New Domain Name, isikan domain anda yg ke-2 dan seterusnya. Misalkan = ilmuonline.net maka pada pilihan FTP Username dan Document Root, biasanya secara otomatis terisi, selanjutnya Anda tinggal password dan klik tombol Add Domain untuk menambahkan domain.

  • Jika berhasil maka akan muncul di daftar domain contohnya seperti gambar dibawah ini.

Baca Juga : Cara Mengganti Password cPanel Hosting

Demikian informasi mengenai cara menambahkan domain di cpanel, yang terpenting sebelum anda menggunakan fitur addon domain, pastikan fitur hosting yang anda support akan fitur ini. Karena jika anda sewa hosting yang membatasi fitur addon domain, percuma langkah diatas tidak akan berhasil sesuai harapan. Maka dari itu penting anda ketahui, melihat fitur apa saja yang didapatkan ketika akan menyewa hosting.

4 Comments
  1. aagen propolis says

    maaf gaan mo tanya gimana klo seandainya website 1 kena masalah,akan berpengaruh gk untuk web yang lainya.trrimss infonya

    1. IlmuOnline says

      @aagen propolis : maaf masalah apa dulu niih gan ?
      klo masalahnya dgn search enggine “index, deindex” ndak pengaruh ke domain lainnya, meskipun 1 hosting.
      tapi jika yg agan maksud msalah hostingnya ya bisa kena jga, misal hostingnya yg bersangkutan lgi down ndk bisa di akses, jdi semua domain yg ada di hosting tsbt jga ndak isa di akses juga.

  2. hadziq mtqn says

    Misalkan gini mas. Domain asli saya pasang di blospot, dan domain tambahan (add domain) saya pasang di wordpress apakan domain yg di wordpress bisa diakses dgn lncar?(

    1. Hasanaji says

      @Hadziq : Ya masih lancar, gini perlu dipahami antara blogspot dan wordpress..
      klo blogspot itu hosting langsung dr blogger google, jdi jika domain utama ditaruh di blogspot otomatis hosting milik anda sendiri ndak kepakai itu domain yg di redirect dr blogspot. Beda lagi ceritanya klo misal domain anda sama2 pake wordpress/joomla/yg lainnya, maka data web tersebut akan tersimpan di hosting sehingga mempengaruhi kinerja dr hosting itu sendiri

Leave A Reply

Your email address will not be published.