Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Firewall dari Pengertian, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Karakteristik

pengertain Firewall, Fungsi, Jenis, Cara Kerja firewall

Dalam pembahasan mengenai perangkat komputer, firewall merupakan salah satu hal yang cukup penting. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai pengertian firewall adalah – pengertian, fungsi, jenis, cara kerja dan karakteristik untuk memberikan informasi yang lengkap untuk para pengguna. Firewall ini sangat penting karena dianggap sebagai pengontrol akses atas keluar masuknya informasi menuju ke jaringan private atau public. Dengan fungsinya ini, firewall merupakan sesuatu yang teramat esensial untuk data digital. Nah, lantas bagaimana dengan pembahasan mengenai firewall ini? Simak beberapa penjelasannya di bawah ini. Selamat membaca.

Pengertian Firewall

Dalam pembahasan mengenai pengertian, fungsi, jenis, cara kerja dan karakteristik dari firewall, kita akan membahas pengertian firewall terlebih dahulu. Firewall merupakan sistem yang dirancang dan ditujukan untuk mencegah akses yang tidak diinginkan dari atau ke suatu jaringan internet. Dengan kata lain, firewall adalah tembok pembatas dari perangkat yang akan mengendalikan serta memutuskan perintah jika terdapat indikasi bahaya. Dengan pengertian berikut, bisa disimpulkan bahwa firewall adalah salah satu perangkat keamanan perangkat selain antivirus dan keberadaannya harus ada dalam perangkat komputer.

pengertain Firewall, Fungsi, Jenis, Cara Kerja firewall

Fungsi Firewall

Secara singkat, fungsi firewall sudah disertakan pada pembahasan mengenai pengertian di atas. Namun, secara khusus, fungsi lebih detail dari firewall adalah sebagai berikut:

  • Melakukan kontrol terhadap lalu lintas paket data yang masuk ke jaringan private, seperti VPN
  • Melakukan authenticate pada paket data yang dikirim sesuai dengan sumber asal
  • Melakukan proteksi terhadap sumber daya dalam internet
  • Membuat catatan history pada semua hal yang dilakukan pada internet

Jenis dan Cara Kerja Firewall

Untuk pembahasan mengenai firewall adalah – pengertian, fungsi, jenis, cara kerja dan karakteristik selanjutnya, kita akan membahas mengenai jenis dari firewall dan juga cara kerjanya. Adapun beberapa jenis dari firewall adalah sebagai berikut:

  • Personal firewall. Ini adalah firewall yang digunakan untuk memproteksi komputer di mana terhubung dengan jaringan yang mencurigakan atau tidak dikehendaki. Jenis firewall ini memiliki beberapa proteksi untuk gangguan dari virus, spam, spyware dan lainnya.
  • Network Firewall. Firewall ini dibuat untuk memberikan keamanan pada jaringan secara keseluruhan dari beragam ancaman yang datang. Nah, firewall ini memiliki beberapa fitur menarik seperti personal firewall, circuit level firewall, application level gateway, dan lainnya.

Kedua poin tersebut menjelaskan jenis firewall yang ada. Dalam pembahasan mengenai pengertian, fungsi, jenis, cara kerja dan karakteristik selanjutnya, kita akan membahas cara kerja dari firewall tersebut. Cara kerja dari firewall secara umum adalah melakukan proteksi ketika jaringan masuk. Jadi, ketika ada data masuk ke jaringan, maka firewall akan melakukan identifikasi. Jika data tersebut berbahaya, secara otomatis firewall akan melakukan pemblokiran.

Karakteristik Firewall

Hal lain yang perlu dibahas mengenai pengertian firewall, fungsi, jenis, cara kerja dan karakteristik adalah karakteristik dari firewall tersebut. Nah, dalam hal ini, ada beberapa karakteristik dari firewall yang harus diketahui dengan baik. Dengan mengetahui karakteristik tersebut maka anda akan mengetahui bagaimana firewall tersebut dengan lebih jelas. Adapun beberapa karakteristik dari firewall tersebut adalah sebagai berikut:

  • Firewall harus kebal serta relatif kuat. Karakter pertama ini akan membuat firewall kebal dari berbagai serangan yang ada saat melakukan identifikasi terhadap data yang masuk ke dalam jaringan
  • Seluruh aktivitas serta lalu lintas masuk dan keluar data harus melalui firewall agar bisa dideteksi dengan baik
  • Firewall dapat dilewati oleh aktivitas atau oleh lalu lintas yang sudah dikenal sebelumnya atau didaftar dengan melakukan setting pada access policy keamanan lokal yang ada.

Dari beberapa penjelasan tersebut, kita bisa melihat secara lengkap pembahasan mengenai firewall adalah – pengertian, fungsi, jenis, cara kerja dan karakteristik untuk mengenal sistem keamanan yang ada di dalam perangkat komputer. Seiring dengan penjelasan tersebut, dapat kita lihat bahwa firewall memiliki fungsi yang sangat penting agar perangkat bebas dari kemungkinan terkena masalah pada jaringan. Nah, kesimpulan yang bisa kita ambil adalah pastikan firewall dalam perangkat senantiasa aktif untuk melakukan perlindungan. Semoga bermanfaat.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *