Tempatnya Ilmu Internet

Syarat dan Cara Menjadi Agen E-warong BRI dengan Mudah

Zaman sekarang apa sih yang gak online, termasuk syarat dan cara menjadi agen E-warong BRI. Apa-apa serba online, belanja online, bayar listrik online sampai pesen makanan pun online. Selain masyarakat, pemerintah pun menggunakan sistem online.seperti penyiaran berita, bantuan, dan  masih banyak lagi program pemerintah yang menggunakan sistem online tersebut. Apalagi sekarang sedang ada pandemi covid yang mengharuskan  masyarakat untuk tidak bepergian.

Tidak sedikit dampak yang terjadi akibat dari pandemic ini dan banyak masyarakat yang di pecat dari pekerjaannya. Oleh karena itu, pemerintah memberikan subsidi bantuan kepada masyarakat untuk meringankan kebutuhan sehari-hari.

Salah satu program pemerintah untuk memberi bantuan kepada masyarakat ialah E-warong yang bekerja sama dengan bank BRI. Apa sih sebenarnya E-warong itu? bagi para nasabah bank mungkin mengetahui tentang E-warong ini. Masyarakat yang sudah pernah mendapatkan subsidi dari pemerintah pun tak asing dengan E-warong ini. Bisa pula bagi selain nasabah bank pernah mendengar tentang E-warung ini tapi gak tau pengertian sebenarnya tentang E-warung ini.

E-warong merupakan singkatan dari Elektronik Warung Gotong Royong yang merupakan suatu program yang di rancang pemerintah dan bekerjasama dengan bank BRI guna untuk membantu penyaluran dana subsidi dari pemerintah kepada masayarakat yang kurang mampu.

Manfaatnya ialah untuk mengurangi angka korupsi yang sering kita temui saat-saat ini oleh pejabat yang tidak bertanggung jawab. Dan juga untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh penyaluran bantuan dari pemerintah. Selain untuk menyalurkan bantuan, program ini juga bisa untuk membeli kebutuhan pokok melalui E-warong dilakukan dengan kartu multifungsi (single card).

Kamu sudah tau kan sekarang apa itu E-warong BRI kurang lebihnya seperti itu.Nah sekarang mari kita ketahui tentang syarat dan cara menjadi agen E-warong BRI. Gak mungkin kan kalo mau daftar gak tau sama syarat dan caranya. Maka dari itu, mari bahas tentang syarat dan caranya.

Syarat dan cara menjadi agen E-warong BRI

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai e-warong BRI, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dulu apa saja syarat dan caranya supaya bisa menjadi agen e-warong BRI.

Syarat Menjadi Agen E-warong BRI

Adapun syaratnya sebagai berikut:

  1. Surat permohonan

Syarat yang pertama yang harus kamu ketahui ialah membuat surat permohonan untuk menjadi agen E-warong BRI. Karena tanpa surat permohonan kamu gak akan bisa untuk menjadi agen.

  1. Foto copy kartu keluarga.

Selain membuat surat permohonan, kamu juga harus menyerahkan foto copy kartu keluarga.

  1. Foto copy KTP

Syarat yang selanjutnya kamu juga menyerahkan fotocopy KTP. Syarat ini selalu ada di manapun karena untuk mengurangi jumlah penipuan yang marak di temukan saat ini.

KTP Syarat Menjadi Agen E-warong BRI

  1. Surat keterangan usaha

Kamu juga minta surat keterangan usaha dari kelurahan atau desa dan juga harus sudah diketahui oleh kecamatan.

Surat Izin Usaha Syarat Menjadi Agen E-warong BRI

  1. Sudah menjadi agen BRI Link

Tentunya syarat ini juga harus ada. Yaitu kamu harus sudah menjadi agen BRI link dan dibuktikan dengan kartu anggota BRI link. Karena kalo kamu belum mendaftar menjadi anggota BRI link gak akan mungkin untuk bisa menjadi agen E-warong BRI.

Syarat Menjadi Agen E-warong BRI Agen BRILink

Baca Juga: Ini Syarat dan Cara Jadi Star Seller Shopee Terbaru

Cara Menjadi Agen E-warong BRI

Tadi kamu sudah mengetahui syarat-syaratnya kan, sekarang saya akan menunjukan cara untuk menjadi agen E-warong ;

  1. Datang ke dinas sosial kabupaten

Langkah yang pertama kamu harus datang ke dinas kabupaten.

  1. Pemohon menyerahkan berkas-berkas persyaratan

Setelah kamu sudah sampai di dinas kabupaten, yang selanjutnya kamu menyerahkan berkas-berkas yang sudah lengkap ke kepala seksi penanganan faqir miskin pada bidang pemberdayaan sosial dan penanganan faqir miskin (PS-PFM) dinas sosial kabupaten.

  1. Verifikasi dan validasi berkas persyaratan.

Setelah kamu sudah menyerahkan berkas-berkasnya, lalu kamu minta verifikasi dan validasi berkas-berkas persyaratan tadi.

  1. Berkas permohonan menjadi E-warong yang sudah di verifikasi dan di validasi akan diterima dan diproses lebih lanjut.

Itulah beberapa syarat dan cara menjadi agen E-warong BRI. Sekarang sudah tau kan syarat dan caranya, kalo sudah yuk ikut bergabung untuk menjadi mitra agen BRI dengan bertujuan membantu program pemerintah untuk menyalurkan bantuan tanpa adanya korupsi dan juga bantuan dapat disalurkan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Baca Juga: Pengertian, Perbedaan Wirausaha dan Wiraswasta Beserta Cirinya

Jangan sampai bantuan yang sudah di rencanakan untuk sampai masyarakat palah di makan sendiri oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Demikian syarat dan cara menjadi agen E-warong BRI. Dengan adanya artikel ini semoga dapat bermanfaat dan berfungsi untuk menambah wawasan kamu. Jangan lupa untuk share ke teman-teman kamu ya, agar dapat mengambil manfaat dan fungsinya juga.

Jangan lupa juga untuk memakai masker, mencuci tangan,menjauhi  kerumunan, menjaga jarak dan membatasi mobilitas karena menjaga kesehatan juga kewajiban bagi setiap manusia. Dengan adanya pandemic covid ini semoga kita menjadi pribadi yang lebih kreatif dan inovatif. Semoga bermanfaat yah, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.