Tempatnya Ilmu Internet

Cara Membuat Kopi Dalgona di Rumah dengan Mixer

Siapa yang tidak tahu kopi dalgona? Resep kopi ini sempat meraih popularitas yang tinggi karena bentuknya yang unik dan rasanya yang enak. Munculnya dalgona dalam salah satu permainan di drama Squid Game, kopi dalgona juga kembali menjadi perbincangan. Ppopgi atau permen dalgona adalah sebuah makanan populer di Korea yang dapat dibuat dengan dua bahan saja, yaitu gula dan baking soda.

Makanan ini umumnya disukai oleh anak-anak karena rasanya yang manis dan gambar-gambar lucu yang tercetak di atasnya. Dengan menggunakan bahan dasar yang sama, yaitu gula, muncullah resep kopi dalgona yang akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

Secara singkat, kopi dalgona sering disebut whipped coffee. Resep ini muncul pada awal-awal masa pandemi dan menjadi hits dengan begitu banyak yang mencoba resep ini di rumah. Kopi ini sangat mudah untuk dibuat dan sering menjadi aktivitas yang seru untuk dilakukan bersama keluarga atau kerabat-kerabat terdekat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan ada 3, kopi instan, gula, dan air panas. Rasa yang dihasilkan juga manis sehingga orang tua sampai anak-anak akan senang dengan minuman ini.

Cara Membuat Kopi Dalgona di Rumah dengan Mixer
Foto: Shutterstock

Begitu banyak cara yang dilakukan orang-orang. Ada yang menggunakan sendok, garpu, mixer, whisker, dan bahkan ada yang memakai botol plastik untuk mengaduknya. Tujuannya adalah untuk mencari cara tercepat dan terefisien dalam menghasilkan kopi dalgona dengan tekstuf foamy dan mengembang. Apakah Anda sudah pernah membuat kopi ini sebelumnya?

Jika belum, simak cara membuat kopi dalgona berikut ini!

Resep Kopi Dalgona

Bahan-bahan

  1. 1 sendok makan kopi instan
  2. 1 sendok makan gula
  3. 1 sendok makan air panas
  4. Susu
  5. Es batu

Langkah-langkah

  1. Campur kopi instan, gula, dan air panas dalam satu wadah. Jika Anda ingin membuat lebih, takar seluruh bahan yang digunakan dengan perbandingan 1:1:1).
  2. Aduk ketiga bahan tersebut. Disarankan untuk menggunakan mixer tangan untuk hasil yang lebih cepat. Mulai dari kecepatan pelan dan perlahan dinaikkan, lalu biarkan dengan kecepatan tinggi sekitar 2-5 menit.
  3. Kopi dalgona sudah dikatakan selesai jika tekstur kopi sudah terlihat mengembang dan warnanya berubah menjadi warna cokelat muda. Balik wadah Anda dan pastikan bahwa kopi tidak tumpah. Jika kopi masih terlihat akan tumpah atau tumpah, aduk kembali sampai kopi dalgona padat.
  4. Dalam gelas lain, tambahkan es batu dan susu.
  5. Pakai sendok untuk menyekop kopi dalgona di atas susu.
  6. Anda bisa menambahkan topping lain untuk dekorasi atau rasa tambahan, seperti bubuk kayu manis, serpihan cokelat batangan, atau susu bubuk cokelat untuk rasa manis.
  7. Aduk sampai rata dan kopi dalgona siap diminum.

Cara Menyimpan

Jika Anda membuat kopi dalgona dalam jumlah banyak sekaligus, kopi tersebut bisa Anda disimpan di kulkas dalam wadah kedap udara. Pastikan kopi yang akan disimpan belum dicampur dengan susu. Namun, apabila Anda melihat kopi dalgona yang Anda simpan sudah mulai berair, akan lebih baik untuk membuat kopi dalgona yang baru.

Cara Mudah Membuat Kopi Dalgona di Rumah dengan Mixer
Foto: Shutterstock

Penyajian Lain

Tidak hanya sebagai kopi saja, Anda bisa menikmati racikan dalgona ini untuk:

  • Topping atau filling untuk kue,
  • Saus dipping untuk menyantap kukis,
  • Membekukan campuran dalgona dan memakannya sebagai es krim,
  • Isian untuk dimakan bersama dengan roti.

Pertanyaan Seputar Kopi Dalgona

  • Bagaimana membuat kopi dalgona kalau tidak ada mixer?
    • Anda masih tetap bisa membuat resep kopi ini menggunakan sendok. Kuncinya adalah untuk mengaduk kopi dan gula dengan pola zigzag.
  • Apakah boleh menggunakan susu hangat?
    • Tentu saja, boleh. Anda bisa menggunakan susu dingin untuk iced dalgona coffee dan susu hangat untuk warm dalgona coffee.
  • Haruskah menggunakan kopi instan?
    • Harus! Kopi instan dapat larut dalam air, sedangkan bubuk kopi asli akan menghasilkan bubuk ampas yang dapat menggagalkan tekstur kopi dalgona yang diinginkan.
  • Bisakah resep ini saya gunakan untuk bubuk minuman instan lainnya?
    • Bisa, dengan catatan bahwa bubuk minuman yang Anda pakai akan larut dalam air, ya. Sudah banyak yang membuat kopi matcha dalgona dengan bubuk matcha instan, jadi, silakan bereksperimen.
  • Apakah bisa mengurangi jumlah gula yang dipakai?

Menggunakan gula yang lebih sedikit akan menghasilkan warna yang lebih gelap dan pengadukan yang lebih lama, tetapi tetap bisa menghasilkan kopi dalgona yang sesuai dengan selera Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.