Tempatnya Ilmu Internet

Menambahkan Produk Baru pada Opencart

Menambahkan produk baru pada opencart – Saya yakin mungkin sebagian temen-temen udah ada yang tau tentang cara menambahkan produk baru pada webstore berbasis opencart, tapi tidak ada salahnya 😀 sharing pengetahuan dasar ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang baru belajar opencart. jika anda sudah terbiasa blogging dengan blogspot ataupun wordpress saya rasa cara menambahkan produk baru pada opencart hampir sama dengan menambahkan posting /artikel blog, karena pada prinsipnya hampir sama dengan menambahkan posting /artikel dalam blog.

Oke, dari pada basa – basi melulu 😀 mending langsung di praktekin aja ya..! untuk menambahkan produk baru pada opencart berikut caranya :

  • Seperti biasa ya, masuk ke halaman administrator opencart web kamu. trus pilih menu Catalog >> Products. maka akan muncul halaman produk yang berisi produk2 yang ada pada website. untuk menambahkan produk baru, klik tombol Insert yang ada di kanan atas.
  • Pada pilihan menu General ; silahkan isikan product name = judul /nama produk,  Meta Tag Description = isikan dengan deskripsi singkat mengenai produk, Meta Tag Keyword = keyword yang kamu inginkan dari produk, dan Descriptions = penjelasan mengenai produk yang akan tampil di website.
  • di Menu Data  isikan beberapa hal yang penting saja seperti ; Model, Price = Harga, Quantity = jumlah stok produk, Requires Shipping = Yes, Image = Gambar produk, Weight = berat, Weight Class = satuan berat bisa KG atau Ons, Status = Enabled.
  • pada menu Link ; silahkan pilih manufacture dan category yang sesuai dengan produk. buat anda yang belum tau caranya menambahkan category produk bisa membacanya terlebih dulu di sini.
  • pada menu Options ; jika kamu ingin menambahkan keterangan untuk memilih Size /ukuran, warna produk, dll.
  • Sedangkan di menu Spesial ; jika ingin menambahkan harga spesial. menu Image ; jika ingin menambahkan gambar ke-2,3, atau lebih. selain gambar dari produk utama.
  • kalau semuanya sudah, tinggal pilih tombol Save yang ada di kanan atas.
4 Comments
  1. Radis says

    Pada tab Option di bagian penambahan product kok tidak bereaksi apa2 ketika saya klik ya? Sy menggunakan opencart versi 1.5.1.3
    Terima kasih

    1. IlmuOnline says

      @Radis : Maaf maksudnya ndak bereaksi gmananya sob ?
      memang pd saat membuat produk baru optionnya masih kosong, trus agar tersisi gimana caranya ?
      klo mau terisi misal mau di isi ukuran baju/size atau warna ya tinggal di klik sebelah kiri ada tombol plus (+). tapi sebelumnya harus membuat optionnya tadi di menu Product >> Options.

  2. Toko Online Batik says

    makasih banyak atas ilmunya 😀

  3. jual sextoys murah says

    ada teman yang beli website toko online berbasis opencart tapi dia ga tahu caranya menambah produk, oke dicoba, thanks ya..

Leave A Reply

Your email address will not be published.