Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Menambahkan Produk Baru pada Opencart

Menambahkan produk baru pada opencart – Saya yakin mungkin sebagian temen-temen udah ada yang tau tentang cara menambahkan produk baru pada webstore berbasis opencart, tapi tidak ada salahnya 😀 sharing pengetahuan dasar ini bisa bermanfaat buat temen-temen yang baru belajar opencart. jika anda sudah terbiasa blogging dengan blogspot ataupun wordpress saya rasa cara menambahkan produk baru pada opencart hampir sama dengan menambahkan posting /artikel blog, karena pada prinsipnya hampir sama dengan menambahkan posting /artikel dalam blog.

Oke, dari pada basa – basi melulu 😀 mending langsung di praktekin aja ya..! untuk menambahkan produk baru pada opencart berikut caranya :

  • Seperti biasa ya, masuk ke halaman administrator opencart web kamu. trus pilih menu Catalog >> Products. maka akan muncul halaman produk yang berisi produk2 yang ada pada website. untuk menambahkan produk baru, klik tombol Insert yang ada di kanan atas.
  • Pada pilihan menu General ; silahkan isikan product name = judul /nama produk,  Meta Tag Description = isikan dengan deskripsi singkat mengenai produk, Meta Tag Keyword = keyword yang kamu inginkan dari produk, dan Descriptions = penjelasan mengenai produk yang akan tampil di website.
  • di Menu Data  isikan beberapa hal yang penting saja seperti ; Model, Price = Harga, Quantity = jumlah stok produk, Requires Shipping = Yes, Image = Gambar produk, Weight = berat, Weight Class = satuan berat bisa KG atau Ons, Status = Enabled.
  • pada menu Link ; silahkan pilih manufacture dan category yang sesuai dengan produk. buat anda yang belum tau caranya menambahkan category produk bisa membacanya terlebih dulu di sini.
  • pada menu Options ; jika kamu ingin menambahkan keterangan untuk memilih Size /ukuran, warna produk, dll.
  • Sedangkan di menu Spesial ; jika ingin menambahkan harga spesial. menu Image ; jika ingin menambahkan gambar ke-2,3, atau lebih. selain gambar dari produk utama.
  • kalau semuanya sudah, tinggal pilih tombol Save yang ada di kanan atas.
Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

4 Replies to “Menambahkan Produk Baru pada Opencart”

  1. Pada tab Option di bagian penambahan product kok tidak bereaksi apa2 ketika saya klik ya? Sy menggunakan opencart versi 1.5.1.3
    Terima kasih

    1. @Radis : Maaf maksudnya ndak bereaksi gmananya sob ?
      memang pd saat membuat produk baru optionnya masih kosong, trus agar tersisi gimana caranya ?
      klo mau terisi misal mau di isi ukuran baju/size atau warna ya tinggal di klik sebelah kiri ada tombol plus (+). tapi sebelumnya harus membuat optionnya tadi di menu Product >> Options.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *