Tempatnya Ilmu Internet

Cara Riset Keyword untuk Youtube dan Blog (Gratis)

Youtube dan blog menjadi entitas baru, yang bukan hanya sebagai media untuk menyalurkan hobi belaka. Akan tetapi menjadi media baru untuk bisa menghasilkan pendapatan, bahkan bisa menciptakan jenis pekerjaan baru yang sebelumnya belum ada. Pekerjaan baru sebagai blogger untuk pencipta kontent di blog, maupun Vlogger sebutan bagi pencipta kontent video di youtube, biasanya sebelum menciptakan konten akan menganalisa keyword terlebih dulu, supaya konten yang dibuat bisa mendapatkan traffic. Adapun cara riset keyword untuk blog dan youtube, bisa dengan mudah anda lakukan dengan menggunakan tool-tool reset keyword.

Dulu mungkin lebih populer dulu istilah blogger, sebab kebiasaan ngeblog lebih dulu ada sebelum seperti sekarang ini Ngevlog di youtube. Di Indonesia sendiri kita sudah bisa melihat contoh blogger dan vlogger yang sudah sukses, sesuai dengan niche (kategori) masing-masing.

Seorang blogger maupun vlogger bisa menganalisa keyword terlebih dulu, supaya konten yang mereka buat bisa dinikmati banyak orang, sehingga konten yang mereka ciptakan bukan  konten yang sia-sia, tanpa peminat. Meskipun bagi sebagian blogger, vlogger tidak memperhatikan itu. Tapi bagi kalian yang mau akan terjun di bidang ini atau baru memulai, alangkah baiknya untuk mempertimbangkannya.

Cara Riset Keyword untuk Blog dan Youtube (Gratis)

Sekarang ini ada banyak sekali tool yang bisa kalian gunakan untuk riset keyword, ada yang 100% berbayar, ada yang semi berbayar, artinya ada versi free namun dibatasi dibanding versi berbayar yang dibuka semua aksesnya, adapula yang benar-benar free.

Tool riset keyword berbayar rekomendasi ilmuonline, seperti ; ahrefs, keywordfinder dan semrush. Merupakan contoh keyword tool berbayar yang mungkin bisa kalian coba jika mempunyai anggaran untuk riset keyword.

Adapun jika anda berminat menggunakan tool berbayar, anda bisa memesan paket berlangganan selama 7 hari, 14 hari, 1 bulan, dan seterusnya.

Wordtracer

Salah satu tool yang sekarang ini masih jadi andalan penulis untuk keperluan riset keyword youtube maupun untuk blog ialah wordtracer. Tool ini memang tidak sepenuhnya free, ada versi berbayarnya. Namun berbeda dengan tool lain yang memberi batasan terlampau jauh antara yang versi free dan versi berbayarnya. Di wordtacer sampai artikel ini diterbitkan, masih ada kelonggaran buat yang versi free ditampilkan data pencarian yang cukup lengkap dengan batasan 12x pencarian per harinya.

Jadi buat kalian yang masih ingin menggunakan keyword tool versi free mungkin bisa memanfaatkan tool wordtracer. Adapun cara menggunakannya cukup simpel, seperti penjelasan ringkas saya dibawah ini.

  • Silahkan buka browser kalian, lalu ketikkan https://www.wordtracker.com/search
  • Pada bagian Search With, pilih Google jika ingin riset keyword di blog, atau pilih Youtube jika ingin riset keyword youtube. Isikan keyword yang akan kalian cari pada kolom Enter keyword. Serta pada kolom Territory isikan wilayah yang anda cari, misalkan pilih Indonesia jika kalian ingin riset untuk blog indonesia.
  • Kemudian klik tombol Search, tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai
  • Jika sudah maka akan tampil daftar keyword dengan rata-rata jumlah pencarian terbanyak, sampai terendah. Bagi pengguna versi free akan dibatasi 25 keyword per percarian, dengan limit 12 pencarian per harinya. Anda bisa mencopy hasil pencarian keyword tadi ke excel, atau yang lainnya.

cara riset keyword di blog

Adapun cara riset keyword youtube caranya masih sama dengan cara diatas, kalian tinggal mengganti di kolom Search with dengan Youtube. Seperti gambar yang terlihat dibawah ini

cara riset keyword youtube

Baca Juga : Cara Memasang Plugin di WordPress

Keywordtool.io

Cara riset keyword youtube dan untuk blog lainnya ialah dengan menggunakan keywordtool.io, sesuai namanya ya tool ini bisa kalian gunakan untuk kegiatan mencari keyword ideal untuk kebutuhan video youtube, maupun konten blog. Adapun cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Silahkan kunjungi www.keywordtool.io
  • Lalu pada tab menu, pilih Youtube jika kalian ingin riset keyword untuk youtube, atau klik Google untuk mencari ide keyword untuk blog melalui mesin pencari google. Isikan keyword dikolom yang tersedia, termasuk bahasa yang digunakan.
  • Klik tombol Search untuk melihat hasilnya. Untuk bisa melihat jumlah pencarian bulanan terbanyak dengan fitur terbatas anda bisa mendaftar versi free terlebih dulu.

cara riset keyword untuk youtube

Google Keyword Planner

Adapun tool yang free lainnya yang bisa anda coba ialah google keyword planner, yang memang disediakan oleh google untuk bisa menganalisa keyword, dengan berbagai fitur yang menarik. Mengenai alamatnya dan cara penggunaanya kalian bisa mencarinya langsung di google dengan mengetikkan google keyword planner, dan silahkan login menggunakan akun google kalian ya.

cara mencari keyword di google planner

Itu tadi tool yang biasa digunakan untuk mencari ide keyword youtube maupun blog, dengan bantuan tool ini tentu akan memudahkan kalian dalam menentukan konten yang akan kalian buat. Kalian bisa menggunakan salah satu atau mengkombinasinya, untuk mendapatkan hasil yang sesuai.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.