BerandaTips & TutorialMikrotikCara Masuk Mikrotik Tanpa Login (Bypass)

Cara Masuk Mikrotik Tanpa Login (Bypass)

Bagi temen-temen yang lagi belajar mikrotik, mungkin perlu belajar cara masuk mikrotik tanpa login atau biasa juga disebut bypass, dengan begitu komputer, laptop, android yang sudah di bypass bisa masuk mikrotik dan bisa menggunakan akses internet secara full, tanpa ada batasan-batasan yang sudah ditetapkan. Dengan kata lain, temen-temen bisa melewati login hotspot mikrotik, namun sebelum membahas lebih lanjut, kami harap cara bypass hostpost mikrotik ini temen-temen bisa manfaatkan untuk hal-hal yang positif ya.

Sekarang ini, layanan internet via hostpot gratis di fasilitas-fasilitas umum sudah sering kali kita jumpai. tempat seperti mall, sekolah, universitas, rumah sakit, hotel hampir semuanya rata-rata memberikan fasilitas hotspot gratis. Namun selain itu biasanya untuk karyawan/pegawai di instansi tersebut akan disediakan jaringan hotspot internet khusus, yang untuk bisa menggunakan internet dengan hotspot di batasi dengan halaman login, dan harus memasukkan username dan password untuk bisa menikmati internet.

Perlu diketahui sekarang ini, semua routerOS Mikrotik jenis apapun sudah dilengkapi fitur untuk membuat hotspot. Pada fitur Hotspot yang telah disediakan pada Mikrotik terdapat diantaranya adalah Management user/pengguna, Management bandwidth setiap user, Management waktu lama pengguna akses Hotspot, Bypass user login Hotspot, Monitoring menggunaan bandwidth setiap user, dan kontroling hotspot internet lainnya yang sangat lengkap.

Cara Masuk Mikrotik Tanpa Login (Bypass)

Pada kesempatan ini, admin ingin share seputar cara masuk mikrotik tanpa login atau istiliah kerennya bypass login hotspot internet. Dengan cara ini kita untuk akses ke hotspot tidak perlu lagi memasukkan username dan password pada login hotspot.

Cara Masuk Mikrotik Tanpa Login (Bypass)

Untuk bisa cara bypass login mikrotik, pastikan bisa masuk ke routerOS Mikrotik melalui WINBOX. Setelah bisa masuk ke routerOS Mikrotik, pilih menu IP >> Hotspot. Pada layar hotspot ada banyak sekali menu. Untuk mem-bypass login hotspot, kita bisa menggunakan IP Bindings, Walled Garden atau bisa juga menggunakan IP-Walled Garden.

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bypass Login Mikrotik dengan IP Bindings

cara masuk mikrotik tanpa login pertama, Bagaimana jika ada user yang diistimewakan sehingga untuk terkoneksi tidak melewati proses autentikasi dari hotspot login, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan fitur IP bindings. Cara menggunakannya adalah kita harus tahu Mac Address dari perangkat yang akan terkoneksi sehingga kita bisa tambahkan rule di IP bindings tersebut.
Misalkan “Mac Address 8C:BE:BE:18:F6:BB akan di-bypass, sehingga user yang memiliki mac address tersebut jika ingin terkoneksi ke internet tidak akan melewati proses autentikasi dari hotspot login.Pilih IP >> Hotspot >> IP Bindings. Kemudian tambahkan Mac Address dari user yang akan di-bypass.

Pada opsi type terdapat 3 macam parameter yaitu :

  • Blocked = Mac address yang didaftarkan dengan type ini otomatis tidak akan mendapatkan layanan hotspot.
  • Bypassed = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan dibypass sehingga tidak perlu melewati proses autentikasi.
  • Regular = Mac address yang didaftarkan dengan type ini akan melewati proses autentikasi seperti user biasa, misalkan digunakan hanya untuk mengalokasikan ip address khusus ke host tertentu.

Kita juga bisa melakukan IP-Bindings terhadap host yang aktif. Caranya cukup mudah yaitu pilih host yang akan dilakukan IP-bindings, kemudian klik dua kali dan pilih “Make Binding

Cara Bypass Login Hotspot Mikrotik

Selanjutnya akan muncul Hotspot IP Bindings, pada parameter type pilih bypassed.

Tips Bypass Login Hotspot Mikrotik dengan Walled Garden 

User yang belum melewati proses autentikasi tapi bisa mengakses website tertentu, dalam hal ini bisa mengunakan walled garden. Misal, user yang belum terautentikasi bisa membuka website “ilmuonline.net”.

Pilih IP >> Hotspot >> Wallaed Garden. Kemudian pada parameter Dst.Host isikan misal; ilmuonline.net dan pada Action, pilih allow.

Bypass Login Hotspot Mikrotik dengan IP-Walled Garden

Fungsinya hampir sama seperti Walled Garden tetapi dapat melakukan bypass terhadap resource yang lebih spesifik pada protocol dan port tertentu. Biasanya digunakan untuk melakukan bypass terhadap server local yang tidak memerlukan autentikasi.

Misalnya kita akan melakukan bypass terhadap trafik dengan protokol tcp dan tujuan port 20-21 (FTP)

Itu tadi tutorial mikrotik mengenai, cara masuk mikrotik tanpa login (bypass) di laptop, komputer, ataupun hp android. semoga bermanfaat buat temen-temen semua yang lagi belajar mikrotik.
Referensi : Mikrotik.co.id

Hasanaji
Hasanajihttps://ilmuonline.net
Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.
RELATED ARTICLES

4 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Most Popular