Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Cara Membuat Gradasi Warna di Corel

cara membuat gradasi warna di Corel draw

Halo para pembaca, kembali lagi dengan artikel tentang cara membuat gradasi warna di corel draw, tutorial desain ini cocok terutama bagi kamu yang memiliki ketertarikan dengan aplikasi coreldraw. Jika kamu sering mengutak atik desain tentu familiar dengan istilah gradasi warna. Selain di bidang desain, istilah gradasi juga banyak digunakan dibidang lain. Jadi mungkin kamu sudah sering mendengar istilah gradasi ini.

Pada dunia desain grafis, gradasi warna bisa diartikan dengan penggabungan dua warna atau lebih sehingga menghasilkan perpaduan warna yang artistik tanpa menghilangkan warna yg digunakan. Jadi penggabungan disini bukan berarti dicampur seperti kuning dan biru dicampur akan menghasikan warna hijau. Akan tetapi dicampur dalam artian digabungkan tanpa mencampurnya. Jadi dua warna atau lebih yang digabung tidak berubah sama sekali.

Penggunaan gradasi warna ini biasanya bertujuan agar desain tidak terpaku pada satu warna saja. Misalnya pada sebuah desain hanya menggunakan background warna tertentu saja. Nah, untuk membuatnya lebih bagus, biasana desainer akan menggunakan gradasi warna untuk background agar desain tidak terlihat monoton. Gradasi warna ini tidak hanya diaplikasikan pada background saja loh sob, gradasi juga bisa diaplikasikan pada teks, bangun datar dan lain-lain.

Untuk membuat gradasi warna sebenarnya tidak begitu sulit. Namun untuk membuat gradasi yang bagus, kamu harus pintar dalam mengombinasikan warna agar terlihat pas dan tidak terlalu berlebihan. Berikut ini saya akan menjelaskan cara membuat gradasi warna di Corel. Yang akan saya buat gradasi disini adalah bentuk teks. Berikut penjelasan lengkapnya.

CARA MEMBUAT GRADASI WARNA DI COREL DRAW

Dibawah ini adalah penjelasan mengenai cara membuat gradasi warna di corel draw, yang biasanya digunakan untuk membuat gradasi teks / obyek lainnya.

  • Pertama-tama siapkan coreldraw terlebih dahulu dan buka lembar kerja seperti biasa.
  • Karena yang saya gunakan adalah bentuk teks, maka buatlah tulisan sesuai kebutuhan menggunakan Text Tool pada toolbox.

cara buat gradasi warna di Corel

  • Langkah berikutnya adalah membuat warna gradasi pada teks yang sudah dibuat tadi. Caranya, aktifkan teks yang sudah kita buat tadi. Kemudian pilih Interactive Fill Tool pada toolbox.

  • Kemudian drag kursor dari arah atas kebawah secara diagonal, atau dari arah mana saja sesuai kengininan. Kemudian hasilnya akan terlihat gradasinya seperti pada gambar dibawah ini. Secara otomatis gradasinya akan terdiri dari warna hitam dan putih.

  • Langkah berikutnya adalah mengubah warna gradasi sesuai dengan yang kamu inginkan. Caranya yaitu dengan klik pada ujung kursor tadi. Setelah di klik, akan muncul dialog warna. Untuk menggantinya cukup klik pada tanda panah kebawah dan kamu bisa langsung memilih warna yang kamu inginkan. Begitu juga untuk mengganti warna hitam, caranya cukup klik pada titik pertama saat menarik kursor tadi. Kemudian pilih warna sesukamu.

  • Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

cara membuat gradasi warna di Corel draw

Lihat juga :

Cara membuat gradasi tersebut bukan hanya bisa diaplikasikan pada teks saja, tapi juga bisa diaplikasikan pada bentuk bangun seperti kotak, lingkaran dan yang lainnya. Caranya pun sama dengan cara diatas, hanya saja objeknya yang berbeda.

Bagaimana? Ternyata untuk membuat gradasi warna teks di Corel tidak sesulit yang kamu bayangkan bukan? Dengan membaca artikel diatas, kini bertambah lagi ilmu tentang desain ya sob. Jangan lupa untuk terus dipraktikan agar kemampuanmu semakin berkembang.

Demikian artikel tentang cara membuat gradasi warna di Corel. Semoga bisa menambah wawasan dan berguna untuk kamu dan orang sekitarmu. Terima kasih sudah membaca dan semoga bermanfaat.

Annesha Merupakan konstributor yang kini sedang menempuh pendidikan S1 di Universitas Jendral Soedirman Purwokerto. Sangat Tertarik dengan dunia Komputer & Desain Grafis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *