Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Menghapus Tabel dan Database di phpMyAdmin

cara menghapus tabel di phpmyadmin

Bicara cara menghapus tabel, isi tabel maupun menghapus database di phpMyAdmin tentu sudah tidak asing di telinga para web developer, namun buat temen-temen yang masih awam atau lagi belajar phpMyAdmin mungkin merupakan hal yang baru. Maka dari itu kali ini penulis akan berbagi hal yang simpel mengenai cara menghapus tabel di phpMyAdmin, dan juga cara delete database di phpMyAdmin.

phpMyAdmin merupakan salah satu database yang masih sangat banyak digunakan, terlebih buat para pelaku yang masih menggunakan internet dalam sistemnya.

I. Cara Menghapus Isi Tabel di phpMyAdmin

  • Ketika kita ingin menghapus isi tabel di phpmyadmin jika anda masih menyimpan database di localhost, maka anda tinggal mengisi localhost/phpmyadmin/ Namun, jika anda ingin menghapus isi tabel di phpmyadmin dari cPanel, maka silahkan masuk ke cPanel, kemudian klik menu phpMyAdmin, seperti ini

cara menghapus tabel di phpmyadmin

  • Kemudian, centang tabel yang akan dikosongkan isinya. Dan kemudian pada opsi with selected, pilihlah Empty. Disarankan untuk berhati-hati pada step ini, jangan sampai memilih opsi drop karena opsi drop akan menghapus seluruh record beserta tabelnya. Pastikan memilih opsi “Empty”.

cara menghapus isi tabel di phpmyadmin

  • Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk konfirmasi apakah benar ingin truncate ‘tabel’, pilih Yes jika sudah yakin akan mengosongkan isi tabel yang dimaksud. Sebagai contoh dibawah ini merupakan kotak dialog untuk konfirmasi truncate tabel mdlmj_post.

  • Setelah step ini, setelah memilih tombol yes maka semua record yang ada di dalam tabel tersebut akan kembali kosong.

II. Cara Menghapus Tabel di phpMyAdmin

Untuk menghapus tabel di phpMyAdmin, berikut langkah-langkahnya :

  • Cara menghapus tabel di phpmyadmin, hampir sama dengan cara sebelumnya, yakni buat anda yang menginstall phpmyadmin di lokal, anda tinggal mengakses localhost/phpmyadmin, sedangkan untuk yang menggunakan cPanel, silahkan masuk ke cPanel >> phpMyAdmin.

cara menghapus database di phpmyadmin

  • Pada database yang akan anda hapus, silahkan centang tabel yang ingin dihapus, kemudian klik Drop.

cara delete tabel di phpmyadmin

  • Setelah itu akan ada dialog box, klik Yes untuk melanjutkan proses hapus tabel database.

Lihat juga :

  1. Pengertian Database Beserta Contohnya
  2. Cara Membuat Database Baru di PHPMyAdmin

III. Cara Menghapus Database di phpMyAdmin

Berikut ini adalah step by step cara delete database di phpMyAdmin, yang bisa kami bagikan.

  • Pada contoh kali ini, menghapus database di phpMyAdmin dari cPanel. Silahkan masuk ke cPanel, kemudian pada menu MySQL Databases, maka akan tampil halaman MySQL Databases, dan cari nama database yang akan dihapus, kemudian klik tombol Delete.

cara menghapus database di phpmyadmin

  • Maka akan ada pilihan untuk delete database, jika anda yakin akan menghapus database di phpmyadmin silahkan pilih Delete Database, yang perlu di perhatikan adalah database yang sudah di delete tidak bisa dikembalikan / restore, maka pikirkan matang-matang ya sebelum mendelete database di phpmyadmin cPanel.

delete database di phpmyadmin

 

Demikian informasi yang bisa admin ilmuonline bagikan, meskipun cara delete tabel di phpmyadmin dan cara delete database di phpmyadmin ini adalah sangat dasar, namun mudah-mudahan berguna buat temen-temen yang lagi belajar.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Mengedit Tabel MySQL

Jika kita sering menggunakan database mysql, tentunya pada saat-saat tertentu perlu merubah / mengedit tabel mysql ataupun field mysql yang ada. Jika sobat ingin...
Hasanaji
1 min read

Perintah Menghapus Data MySQL

Perintah yang ada di dalam aplikasi MySQL bervariasi, salah satunya perintah menghapus data di MySQL. dimana biasanya menggunakan perintah DELETE untuk menghapus atau membuang...
Hasanaji
56 sec read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *