Tempatnya Ilmu Internet

Cara Mengganti Password Wifi TP Link Paling Gampang

Apabila anda ingin mengubah setting wifi maupun settingan lain di jaringan komputer dan internet anda, maka anda perlu tahu cara mengganti password Wifi TP Link. Karena kebanyakan router yang digunakan oleh jaringan komputer menggunakan merk TP link. Router wifi adalah alat yang bisa membagikan bandwith ke beberapa klien yang tersambung melalui jaringan wifi. Semakin banyak pengguna yang memakai jaringan wifi tersebut maka semakin kecil kapasitas bandwith yang didapatkan oleh klien atau device yang tersambung tersebut. Karena itulah semua jaringan wifi menggunakan password masuk agar bisa terhubung ke jaringan wifi tersebut. Untuk mengurangi kapasitas pengguna sehingga hanya orang yang memiliki password saja yang bisa masuk, Anda bisa mengubah password dari router tersebut. Router yang banyak digunakan adalah TP Link dengan berbagai macam jenis seri yang dimilikinya. Namun kebanyakan dalam melakukan operasi sistem di dalam berbagai seri tersebut hampir sama.

Berikut kami sajikan cara mengganti password Wifi TP Link, yang bisa membantu anda mengatasi jaringan internet yang sedang anda alami. namun sebelumnya, anda harus terlebih dulu mengecek IP gateway lokal pada jaringan router tersebut. Untuk mengetahui IP gateway tersebut Anda bisa melihat di dalam HP atau komputer yang Anda miliki.

Cara Mengetahui IP Gateway di HP Android

Sebelum mencari IP Gateway pada router, pastikan HP Anda sudah terkoneksi dengan baik. Berikut Cara Mengganti Password Wifi TP Link dengan mengetahui lebih dulu IP Gateway jaringan lokal router.

  1. Buka Setting, kemudian pilih Wifi
  2. Klik bagian kanan atas HP pilih Lanjutan
  3. Di bagian tersebut ada alamat IP HP Anda. Seperti 192.168.0.200
  4. Berarti IP Gateway untuk jaringan router Anda adalah 192.168.0.1
  5. Untuk gambar di bawah ini, IP gateway adalah 192.168.5.1

Setelah mendapatkan IP gateway jaringan lokal Anda, barulah bisa digunakan untuk memasuki sistem dari router yang Anda miliki. Dalam hal ini adalah router TP LINK.

Baca Juga : Cara Mengganti Password Wifi Indihome ZTE

Cara Mengganti Password Wifi TP Link

  1. Buka browser Anda, bisa google chrome, mozilla firefox, opera, dll.
  2. Kemudian ketikkan IP gateway jaringan lokal yang sudah Anda dapatkan sebelumnya. Namun biasanya untuk default IP gateway dari TP Link biasanya menggunakan dua kelas.

Pertama : 192.168.0.1

Kedua : 192.168.1.1

Jika IP yang pertama tidak bisa, Anda bisa menggunakan IP yang kedua. Jika memang tidak bisa kedua-duanya, Anda bisa mendapatkan IP gateway tadi dari cara yang sudah disebutkan sebelumnya.

  1. Anda akan masuk ke dalam sistem router. Ketikkan

User                 : admin

Password         : admin

  1. Setelah Anda akan masuk ke bagian setting dari router TP Link tersebut. Cara mengganti password wifi TP Link, yaitu dengan masuk ke bagian Wireless. Kemudian pilih Wireless Security.
  2. Di bagian tersebut ada password yang bisa Anda ubah sesuai dengan kehendak Anda. Ada satu syarat harus Anda penuhi yaitu, minimal karakter yang Anda gunakan dalam pembuatan password tersebut tidak kurang dari 8 karakter.

Penggunaan karakter dalam pembuatan password tersebut juga lebih baik menggunakan beberapa jenis karakter yang dipadukan. Seperti perpaduan antara angka, simbol, huruf kapital, dan huruf kecil. Dengan perpaduan dari beberapa karakter password wifi tersebut, router Anda akan relatif lebih aman. Karena perpaduan tersebut lebih sulit untuk dibobol oleh orang-orang yang iseng.

  1. Jangan lupa klik Save setelah Anda selesai mengganti password router Anda tersebut. Setelah itu, Anda akan terputus dengan jaringan router Anda. Hubungkan kembali dengan mengubah password yang sesuai dengan password terakhir yang Anda ganti tersebut.

Itulah Cara Mengganti Password Wifi TP Link yang bisa Anda lakukan secara mandiri. Catatan tambahan bagi Anda, bahwa setiap karakter dari password yang Anda masukkan harus sesuai. Huruf kapital dan huruf kecil harus Anda perhatikan. Karena meskipun salah dalam penggunaan huruf kapital, Anda tidak akan bisa masuk ke dalam jaringan router Anda tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.