Tempatnya Ilmu Internet

Kumpulan Cara Mempercepat Jaringan Wifi

Kebutuhan internet di era yang serba modern ini memang tidak terelakkan, jika anda pengguna jaringan wifi tentu ingin koneksi internet wifi anda berjalan lebih cepat. Cara mempercepat jaringan Wifi di windows 7 maupun windows 10, bisa anda lakukan untuk efisiensi kecepatan internet wifi anda.

Internet menjadi salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat di era seperti sekarang ini. Internet digunakan untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan koneksi jarak jauh, kebutuhan mendapatkan informasi, mengirim atau menerima file, bermain game, memutar multimedia, atau juga dalam menjalankan aplikasi tertentu, seperti trading, minning, dan lain sebagainya. Kebutuhan ini juga harus dilengkapi dengan kecepatan akses, sehingga pekerjaan atau apapun yang dilakukan bisa dikerjakan lebih cepat. Oleh karenanya berikut kami sajikan beberapa cara mempercepat jaringan wifi pada komputer. Mengingat beberapa device terutama komputer tidak sepenuhnya mengalokasikan koneksi internetnya untuk aplikasi web atau aplikasi yang sifatnya di luar sistem.

Apalagi biasanya dalam satu jaringan wifi penggunanya lebih dari seorang. Kondisi tersebut mengharuskan sebuah router membagi kapasitas kecepatan bandwithnya untuk beberapa device yang tersambung terhadap router tersebut. Dengan memaksimalkan jaringan wifi pada komputer, maka kecepatan yang didapatpun akan lebih besar.

Cara Mempercepat Jaringan Wifi dari DNS Server

Mengubah DNS Server pada Windows XP, 7, 8, dan 10 akan menstabilkan jaringan wifi yang diterima oleh komputer Anda. Berikut cara mempercepat jaringan wifi dengan mengubah DNS Server

  1. Klik Start, pilih Control Panel, kemudian Network & Internet Connection, dan pilih Network Connection
  2. Klik kanan pada Local Area Connection, kemudian pilih Properties
  3. Klik Internet Protocol (TCP/IP), kemudian pilih Properties
  4. Klik Use Following DNS Server
  5. Preferred DNS Server isi dengan angka : 208.67.222.222
  6. Alternate DNS Server isi dengan angka : 208.67.220.220
  7. Klik OK

Cara Mempercepat Wifi PC dengan QoS

Di dalam sistem Windows ternyata dibatasi kecepatan kita hanya 80%. Sisa 20% dari total bandwith yang didapatkan digunakan untuk update windows. Agar kecepatan bisa 100% dari bandwith yang didapatkan Anda bisa mengubah QoS. Berikut cara mempercepat jaringan wifi dengan mengubah QoS.

  1. Klik Start kemudian Run, ketikkan gpedit.msc
  2. Klik Local Computer Policy, kemudian Computer Configuration, dan pilih Administrative Templates
  3. Klik Network, kemudian QoS Packet Scheduler
  4. Double klik pada Limit Reservable Bandwith, kemudian klik Enable, setelah itu isikan angka “0“ pada Bandwith Limit
  5. Klik Apply dan kemudian restart komputer

Baca Juga : Cara Mengganti Password Wifi TP Link Paling Gampang

Dengan Tweak Registry

Cara yang satu ini digunakan untuk mengalokasikan seluruh bandwith terhadap user. Berikut cara mempercepat jaringan wifi dengan Tweak.

  1. Klik Start kemudian ketik Regedit dan Enter
  2. Plih HKEY Local Machine, kemudian Software, Policies, Microsoft, Windows
  3. Pada folder Windows klik kanan pilih New, kemudian klik Key namakan folder tersebut dengan nama psched
  4. Pada foleder psched tersebut klik kanan pilih New, DWORD (32bit)
  5. Ubah nama value tersebut dengan NonBestEffortLimit
  6. Klik kanan pada value tersebut pilih Modify
  7. Pilih Decimal dan isikan angka “0” pada Value Data, kemudian klik OK. Setelah itu restart komputer.

Tiga cara mempercepat jaringan wifi ini adalah cara untuk memaksimalkan kinerja device dalam menerima sinyal wifi. Dengan begitu komputer yang Anda gunakan bisa semakin cepat dalam mengakses internet. Selain itu, dalam jaringan router yang digunakan oleh banyak orang, sebagian besar bandwith yang dikeluarkan oleh router dialokasikan secara penuh terhadap komputer yang Anda miliki. Sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika Anda menggunakan jaringan wifi publik yang digunakan oleh banyak orang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.