Tempatnya Ilmu Internet

Cara Pindah Faskes BPJS ke Luar Kota dan Dalam Kota Paling Mudah

Seperti yang kita ketahui, BPJS Kesehatan merupakan salah satu jaminan kesehatan yang dikelola oleh BPJS untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia. Dalam penggunaanya BPJS kesehatan selalu melakukan perbaikan-perbaikan dan memangkas birokrasi yang dulu seakan-akan sulit, sekarang lebih mudah. Hal ini patut di apresiasi, layanan jika ada yang ingin pindah faskes misalnya. Cara pindah faskes BPJS ke luar kota maupun dalam kota kini bisa dilakukan dengan mudah via online maupun offline/datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan.

Syarat Cara Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Syarat utama agar kamu bisa pindah faskes caranya cukup simpel, namun begitu, ada dua hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti faskes. Dua hal ini jadi ketentuan wajib yang harus dipenuhi peserta BPJS kesehatan sebelum bisa pindah faskes yang di inginkan.

  1. Pertama, kalian harus menjadi peserta BPJS selama minimal 3 bulan. Dengan kata lain bila kalian baru saja mendaftar jadi peserta BPJS dan belum sampai 3 bulan, maka kalian tidak bisa berganti Faskes.
  2. Kedua, kalian harus tertib administrasi pembayaran, karena syarat lain untuk bisa pindah faskes adalah kalian tidak mempunyai tunggakan pembayaran BPJS Kesehatan.

Peryaratan Dokumen untuk Pindah Faskes BPJS Kesehatan

Selain persyaratan diatas, ada beberapa dokumen yang harus kalian siapkan untuk bisa pindah faskes dalam kota maupun luar kota. Berikut ini adalah dokumen-dokumen yang perlu kalian persiapkan ya untuk cara pindah faskes BPJS dalam kota maupun luar kota.

  1. KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  2. KK (Kartu Keluarga).
  3. Kartu peserta BPJS Kesehatan.

Ketentuan spesifik dalam kondisi tertentu.

  1. Surat keterangan domisili, kuliah, atau kerja khusus bagi peserta dari luar wilayah DIY.
  2. Daftar kolektif gaji, khusus bagi PNS, TNI, Polri dan PPNPN.
  3. Bukti bayar sampai bulan pelaporan, khusu bagi peserta BPJS yang ingin pindah kelas.
  4. Fotokopi buku rekening, khusus bagi perubahan kelas 3 menjadi kelas 2 atau kelas 1.

Baca Juga :: Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Online, SMS, Bank, Aplikasi Terbaru!

Cara Pindah Faskes BPJS online

Adapun cara pindah faskes BPJS secara online, bisa dilakukan hanya melalui aplikasi Mobile JKN yang langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Pertama silahkan download aplikasi mobile JKN BPJS Kesehatan di Google Play Store atau App Store.
  2. Jika sudah selesai mendownload dan install mobile JKN selanjutnya silahkan lakukan pendaftaran dengan cara memasukkan beberapa informasi yang tertera, seperti nomor kartu BPJS, KTP, email dan lainnya.
  3. Login menggunakan nomor kartu BPJS Kesehatan yang sudah terdaftar.
  4. Pilih menu “Ubah Data Peserta” yang terdapat di tampilan utama aplikasi JKN.
  5. Data peserta yang tertera bisa diubah secara online, salah satunya adalah pilihan Faskes 1.
  6. Saat mengganti Faskes, maka akan muncul popup yang meminta kamu untuk memilih provinsi, kabupaten dan juga Faskes.
  7. Jika sudah dipilih, maka kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan via email atau nomor handphone.
  8. Setelah proses verifikasi Faskes selesai, maka akan muncul konfirmasi perubahan data Faskes dari yang sebelumnya jadi yang baru, lengkap dengan kapan waktu mulai berlakunya.

Perlu diketahui, umumnya pindah Faskes BPJS kesehatan itu baru akan berlaku di tanggal 1 pada bulan berikutnya. Jadi, sebelum Faskes yang baru aktif, maka untuk sementara kamu bisa menggunakan Faskes yang lama.

Baca Juga : Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Sudah Aktif Atau Belum

Cara Pindah Faskes BPJS offline

Sedangkan bagi kalian yang tidak cakap soal teknologi, maka untuk pindah Faskes BPJS Kesehatan secara offline sebenarnya sangatlah mudah karena dilakukan dengan cara manual. Dengan langkah seperti berikut ini:

  1. Datang ke kantor BPJS kesehatan terdekat.
  2. Kemudian silahkan ambil formulir penggantian Faskes di loket perubahan data.
  3. Kemudian isi dan lengkapi formulir sesuai data kepesertaan BPJS kesehatan kalian.
  4. Serahkan ke petugas BPJS beserta kelengkapan dokumen yang sudah dijelaskan diatas.
  5. Selesai.

Perlu diperhatikan ya, jangan sampai data yang kamu masukkan keliru atau salah karena jika salah maka akan membuat proses perubahan Faskes menjadi lama.

Jika ingin lebih cepat kamu bisa mengunduh formulir penggantian Faskes di website resmi BPJS Kesehatan. Cetak dan isi formulir tersebut di rumah dan kemudian baru dibawa ke kantor BPJS. Jadi, gak akan memakan waktu lama.

Bagaimana dari uraian diatas tentu kalian sudah punya gambaran kan? perihal cara pindah faskes BPJS luar kota maupun dalam kota, dua duanya mempunyai cara yang tidak susah kok. Apalagi untuk pengajuan pindah faskes secara online kalian bisa melakukan kapan saja dan dimana saja.

Leave A Reply

Your email address will not be published.