Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tutorial Menghilangkan Lock Screen / Password di Windows 10

cara menghilangkan lock screen password di Windows 10

Lock Screen dan Password pada Windows, terutama Windows 10 adalah sebuah fitur yang menjanjikan keamanan bagi pengguna yang akan masuk ke Windows, tujuannya adalah agar tidak sembarang orang dapat mengakses komputer anda tanpa izin. Namun ada nyatanya banyak juga yang malah ngerasa ribet dalam penggunaanya. Maka dari itu penulis kali ini akan share cara menghilangkan lock screen di windows 10. Biasanya lock screen diberi gambar dan ketika dibuka akan muncul menu login Windows dan pengguna memasukkan password komputer yang dimiliki, entah itu password biasa maupun login dengan Windows Account (email).

Meskipun lock screen dan password adalah hal yang bermanfaat bagi anda dari segi keamanan, namun kadang anda juga merasa terganggu dengan adanya lock screen dan fitur login ini. Bisa jadi anda menginginkan akses cepat ke komputer tanpa harus login terlebih dahulu. Anda bisa saja membuat komputer tanpa password agar langsung bisa login ke sistem, akan tetapi lock screen secara default tetap ada dalam Windows 10 untuk membuat akses ke Windows sendiri.

Kelebihan Lock Screen / Password di Windows 10

cara menghilangkan lock screen password di Windows 10

Alasan keamanan adalah yang paling utama mengapa lock screen dan password di Windows 10, bahkan sebelumnya sudah dipelopori sejak Windows 8 muncul. Apabila kompuer anda dicuri atau ada orang yang tidak berizin berusaha masuk ke komputer anda, tentu password dan lock screen menjadi langkah pencegahan paling awal dalam mengatasi hal ini.

Selain pertimbangan keamanan, adanya lock screen/password di Windows 10 juga memberi kesan baik pada komputer mengikuti perkembangan teknologi saat ini, dimana android juga sudah dilakukan sejak pertama diluncurkan. Selain itu adanya lock screen juga memberi pertanda bagi komputer apakah komputer itu bisa diakses oleh semua pihak atau harus memiliki izin khusus untuk mengaksesnya.

Baca juga :

Akan tetapi ada kondisi yang memang lock screen/password di Windows 10 ini memang tidak perlu ada. Misalnya jika anda di rumah dan ada keluarga yang ingin mengakses tentu tanpa password jaminan keamanan terjamin karena keluarga adalah orang dengan izin atau orang kepercayaan anda yang bisa mengakses komputer tersebut. Namun pada dasarnya adanya fitur ini bertujuan untuk keamanan komputer anda masing – masing.

Langkah Menghilangkan Lock Screen / Password di Windows 10

Jika anda memang ingin menghilangkan lock screen atau password di Windows 10 anda harus mengikuti langkah – langkah sebagai berikut.

  1. Buka jendela Windows anda, kemudian buka program run dengan mengetikkan Windows dan R di desktop
  2. Jika sudah terbuka, ketikkan “netplwiz” (tanpa petik), untuk menjalankan program pengaturan user accounts Windows
  3. Jika sudah terbuka, pada tab users ada beberapa daftar user yang terdapat pada sistem operasi Windows. Pilih salah satu user yang ingin anda hilangkan lock screen /passwordnya
  4. Hilangkan centang pada bagian atas daftar user bertuliskan “User must enter a username and password to this computer”
  5. Klik tombol apply untuk menghilangkan lock screen serta password di Windows 10
  6. Apabila ada dialog untuk melakukan verifikasi password anda, masukkan password komputer anda sekarang. Pada kolom input password and password confirm kemudian klik ok.
  7. Lakukan restart komputer anda untuk dapat mengaktifkan fitur ini. Kemudian setelah proses dilakukan anda dapat langsung login ke Windows tanpa lock screen / password.

Demikian tulisan kami mengenai bagaimana cara menghilangkan lock screen atau password di Windows 10. Namun, saran dari kami bahwa lock screen / password harus tetap ada dalam komputer. Agar keamanan komputer anda tetap terjamin dan menghindari akses dari orang yang tidak bertanggung jawab. Namun jika anda tetap ingin menghilangkan lock screen/password Windows 10 tidak menjadi masalah bagi kami. Windows 10 memberi fasilitas ini juga demi keamanan dan kenyamanan anda selaku pengguna.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *