Tempatnya Ilmu Internet

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Sudah Aktif Atau Belum

Dalam meningkatkan pelayanan kesehatan, pemerintah mengadakan asuransi kesehatan yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Asuransi ini dikenal dengan BPJS Kesehatan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. BPJS sendiri terdiri dari beberapa jenis kepesertaan, yaitu  PBI, Non-PBI, PBPU, PPU and BP. Premi yang ditawarkan juga ada beberapa kelas, dengan begitu asuransi ini bisa dinikmati dari kalangan rendah hingga kalangan menengah keatas. Bagi kamu yang baru mendaftarkan kartu BPJS Kesehatan, dan ingin tahu cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum, maka caranya cukup mudah. Kamu bisa mengeceknya melalui SMS, Internet, dan juga melalui call center bpjs.

Masyarakat Indonesia pun kini sudah mulai sadar dengan pentingnya asuransi. Bahkan kini hampir semua masyarakat dari berbagai kalangan yang rela antri untuk mendaftar BPJS dan ada juga pendaftaran online BPJS secara online yang lebih praktis. Kelebihan yang ditawarkan BPJS antara lain mudah, murah, wajib, tanpa medical check up, dijamin semumur hidup dan tidak ada pengecualian.

Agar memperoleh  layanan BPJS,  kartu yang kita gunakan harus dalam keadaan aktif. Jika kartu belum aktif, maka kita tidak mendapatkan layanan kesehatan dimanapun dan sampai kapanpun. Karena bersifat seumur hidup, peserta BPJS tidak dapat memutuskan untuk berhenti menjadi anggota BPJS, melainkan tetap memiliki kewajiban membayar iuran selama hidupnya.

BPJS sendiri menggolongkan pesertanya menjadi dua jenis, yaitu anggota aktif dan non-aktif atau belum aktif. Nah cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum bisa dilakukan beberapa cara berikut yang bisa kamu ikuti langkah-langkahnya.

Cara Cek Keanggotaan BPJS Kesehatan Sudah Aktif Atau Belum

Untuk detailnya, kamu bisa ikuti ulasannya berikut ini, check it out!

  1. Melalui SMS Gateway

Cara yang pertama adalah dengan sms gateway. BPJS memiliki layanan berupa SMS gateway dimana layanan ini merupakan pesan SMS dalam format tertentu yang dikirim ke nomor HP yang telah ditentukan oleh BPJS dan bisa menggunakan NIP, nomor kartu BPJS Kesehatan atau Nomor KTP. Berikut  caranya

NOKA<spasi>NOMOR KARTU BPJS KESEHATAN

Contoh       : NOKA  0001299908709

Kirim ke      : 087775500400

 

NIP<spasi>NOMOR INDUK PEGAWAI

Contoh       : NIP 1969061119920001007

Kirim ke     : 087775500400

 

NIK<spasi>NOMOR INDUK KEPENDUDUKAN (No KTP)

Contoh       : NIK 357303070687

Kirim ke      : 087775500400

  1. Melalui Call Center BPJS

Untuk cara cek keangotaan BPJS yang kedua adalah dengan menghbungi call center BPJS. Caranya cukup melakukan panggilan ke nomor 1500400, kemudian langsung saja utarakan maksud kamu untuk mengecek keanggotaan BPJS dengan menyebutkan nomor BPJS dan nama pemilik, setelah menunggu sebentar kamu akan diberikan informasi seputar status keanggotaan. Selain bisa untuk mengecek kepesertaan. Di call center ini kamu juga bisa menanyakan seputar keluhan atau informasi lainnya mengenai BPJS.

  1. Melalui Fasilitas BPJS Online

Cara cek keanggotaan BPJS kesehatan yang terakhir adalah dengan mengecek secara online. Di jaman teknologi internet seperti sekarang tentu sudah banyak kegiatan yang dilakukan secara online salah satunya adalah cara mengecek keanggotaan BPJS. Selain praktis, cara ini dianggap paling efisien karena hanya bermodalkan internet dan PC saja. Namun sayangnya cara ini diperuntutkan bagi peserta BPJS Kesehatan Mandiri (Non Penerima Upah) saja ya.

Pertama-tama buka link https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.

Kemudian akan muncul halaman seperti pada gambar berikut.

Selanjutnya isi No kartu, tanggal lahir dan angka validasi, lalu klik “Cek”. Kemudian akan muncul semua informasi tentang keluarga yang mendaftar, tagihan, denda dan status peserta.

Sayangnya terkadang cara yang terakhir ini mengalami error saat diakses. Itu bisa saja disebabkan  karena banyaknya orang yang mengakses situs BPJS dan menyebabkan server menjadi down, atau bisa juga karena situs BPJS sedang mengalami perbaikan secara berkala. Jika tidak bisa cek secara online, masih ada dua cara diatas yang bisa kamu coba sob, so jangan khawatir.

Baca Juga : Cara Mencairkan BPJS JHT Hingga 100% dan Persyaratannya

Cara Mengecek Status Iuran Kartu BPJS Kesehatan Terbaru

Jika sudah mengetahui kartu peserta BPJS kesehatan sudah aktif, kamu bisa mengecek besaran iuran yang harus dibayarkan per bulan. Adapun detail caranya bisa disimak pada penjelasan berikut ini.

1. Cek Melalui SMS

Adapun cara mengetahui iuran BPJS Kesehatan, Anda bisa mengirim SMS dengan format seperti ini: TAGIHAN<spasi>Nomor Kartu BPJS Kesehatan, lalu kirim ke 087775500400 (Contoh: TAGIHAN 0001260945809).

Sedangkan cara mengetahui format penulisan pesan pada layanan SMS gateway BPJS Kesehatan, Anda mengetik HELP dan kirim ke 087775500400.

2. Cek Melalui Website

Cara lain untuk mengecek jumlah iuran bpjs kesehatan ialah dengan melalui website resmi BPJS yang ada pada https://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/ dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Silahkan berkunjung website bpjs-kesehatan.go.id kemudian klik menu Cek Iuran.
  • Masukkan data yang diminta ke kotak yang tersedia, mulai dari nomor kartu, tanggal lahir, dan angka validasi. Kemudian klik Cek.
  • Rincian pembayaran akan muncul pada layar.

Baca Juga : Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Online, SMS, Bank, Aplikasi Terbaru!

3. Cek Melalui Aplikasi

Cara ketiga untuk cek iuran bpjs kesehatan ialah melalui aplikasi Mobile JKN, melalui Google Play. Adapun caranya sebagai berikut ini:

  • Seperti biasan, silahkan download dan instal aplikasi Mobile JKN bagi yang belum memiliki.
  • Buka aplikasi tersebut kemudian login.
  • Pada halaman selanjutnya, tap Tagihan.
  • Untuk melihat rincian informasi tagihan, tap Premi.

Demikian artikel mengenai cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum. Jangan lupa share artikel cara cek keanggotaan BPJS Kesehatan sudah aktif atau belum diatas melalui akun sosial media milikmu. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Leave A Reply

Your email address will not be published.