Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

Cara Mengatur Tampilan Form Utama di VB 2010 Ketika di Run/Jalankan

Buat temen-temen yang mau belajar pemprogaman VB .Net, khususnya vb net (VB 2010) hal dasar yang harus diketahui ialah cara mengatur settingan form yang nantinya akan di tampilkan pertama ketika di program dijalankan. Sebelum saya masuk kemateri saya mau minta maaf sama temen-temen programmer yang lebih expert dari saya klo saya hanya bisa share hal-hal dasar yang penulis ketahui dan mengerti seputar pemprograman VB karena statusnya penulis juga masih belajar AKA Nuwbea 😀 dan blog ini setelah 2 bulan ndak kesentuh akhirnya kesentuh lagi, buat ngisi dan berbagi artikel buat sobat yang membutuhkan tutorial sederhana ini untuk mensetting /mengatur tampilan form utama di VB 2010 agar ketika di jalankan/run bisa tampil pertama.

Mudah-mudahan saja penjelasan diawal tadi bisa dimengerti ya, intinya pokoknya bagaimana caranya agar form yang kita buat di vb bisa tampil pertama ketika program di run/jalankan, kan kadang ketika membuat form kita serinya tidak berurutan, kadang-kadang isinya dulu baru form utamanya belakangan, naah agar form utamanya bisa tampil di depan padahal membuatnya belakangan anda perlu mensettingnya.

Cara Mengatur Tampilan Form Utama di VB 2010 Ketika di Run/Jalankan

  • Pertama tentunya siapkan beberapa form masih dalam satu project program di VB
  • Selanjutnya sobat harus tahu nama Form yang akan dijadikan form utama, untuk mengetahui anda bisa mengecek di properties form, seperti ini contohnya

form utama vb

  • Jika sudah mengetahuinya, pilih menu Project >> Nama_Project Properties, misal dalam contoh ini “Absensi Properties” karena project program saya kasih nama Absensi

form properties

  • Pada bagian Startup form pilih salah satu form yang ingin dijadikan form utama/ingin dijalankan pertama

form vb

  • Terakhir Save dan silahkan di Run/jalankan

Cara ini juga bisa berguna untuk mengetes satuan form yang barusan dibuat, apakah form tersebut sudah berjalan sesuai dengan yang kita harapkan atau tidak tanpa harus memanggil keseluruhan form yang ada.

Hasanaji Suka berbagi artikel seputar ; tips dan trik komputer, android, toko online, teknologi, gadget, internet, bisnis dan sesuatu hal yang penulis tahu untuk bisa dishare melalui blog ini.

7 Replies to “Cara Mengatur Tampilan Form Utama di VB 2010 Ketika…”

  1. mas saya mau tanya ,.program yag saya edit pas di run ga berubah kaya sebelum di edit,. baiknya bgy mana yah saya masih baru banget
    mksih mas

  2. Kita udh buat beberapa form , tp pas saya mau menjalankan salah satu form yg dipilih justru yg ke run malah form yg lain. Padahal di project properties sudah diatur. Itu gmana ya mas ? Mhn bantuannya. Trmakasih 🙂

    1. @Hana Dwi : Seharusnya jika anda sudah mengikuti prosedur diatas sudah pasti bisa..
      cobak anda cek ulang nama formnya sesuai endak dengan nama form yg anda maksud ?
      dan jangan lupa di save dulu sebelum dijalankan

  3. Mas, saya punya masalah dengan tampilan desain,
    Kronologisnya saya close semua properti2 tepat diatas tempat pembuatan vb. Tapi ketika cek di folder, desain masih ada dan begitu juga ketika di run. Namun saya coba buka malah dalam bentuk pengodingan “partial class………”
    Itu cara mengembalikan atau menampilkan kembali tampilan desain saya gimana mas? Tolong bantu mas. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *